Takut Keluar dari Zona Nyaman, 6 Hal yang Anda Lakukan Ini dapat Merusak Peluang Kesuksesan Anda dalam Hidup
Suka menunda adalah salah satu kebiasaan yang bisa merusak peluang kesuksesan (freepik)
07:02
16 September 2024

Takut Keluar dari Zona Nyaman, 6 Hal yang Anda Lakukan Ini dapat Merusak Peluang Kesuksesan Anda dalam Hidup

 

 – Kesuksesan sering kali terasa seperti target yang sulit diraih hingga sesuatu yang tidak mungkin tercapai.

Kita mungkin bekerja tanpa kenal lelah, menetapkan tujuan yang ambisius dan melakukan segala sesuatu sesuai aturan namun entah bagaimana, kesuksesan sejati tetap sulit diraih.

Namun, bagaimana jika kebiasaan dan perilaku yang dianggap banyak orang tidak berbahaya bahkan bermanfaat sebenarnya justru menghambat kita?

Pada dasarnya kesuksesan bukan hanya tentang apa yang kita lakukan tetapi juga tentang kebiasaan yang kita hindari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa hal yang tanpa disadari kita lakukan yang justru bisa merusak peluang kesuksesan kita sebagaimana dilansir dari laman The Vessel, Senin (16/9) sebagai berikut:

  1. Suka menunda-nunda

Kebiasaan pertama yang bisa merusak peluang Anda untuk sukses adalah suka menunda-nunda. Kita semua tentu pernah melakukannya. Ketika kita mempunyai tugas tetapi alih-alih mengatasinya secara langsung namun kita malah menemukan sejuta hal lain untuk dilakukan.

Namun kita kerap menganggapnya bukan masalah besar. Padahal kenyataannya penundaan bisa menimbulkan stres, tenggat waktu terlewati dan akhirnya kehilangan kesempatan.

Bila kita menunda tugas maka kita akan kehilangan waktu yang dibutuhkan untuk perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. Sering kali hal ini menghasilkan hasil yang kurang memuaskan.

  1. Takut keluar dari zona nyaman

Pada dasarnya peluang kesuksesan terkadang muncul dari pengalaman yang hanya didapatkan ketika kita berani keluar dari zona nyaman. Namun banyak dari kita cenderung memilih bertahan di zona nyaman sehingga kurang mendapatkan wawasan dan ilmu baru.

Tidak bisa dipungkiri bahwa keluar dari zona nyaman memang menakutkan namun tetap berada di zona nyaman juga lebih menakutkan sebab berarti menerima hal-hal yang biasa saja. Intinya jangan biarkan rasa takut menghalangi Anda meraih peluang untuk sukses.

  1. Mengabaikan olahraga

Kita sering beranggapan bahwa kesuksesan hanya diukur dari jumlah jam kerja yang kita curahkan atau keputusan strategis yang kita buat. Namun, salah satu aspek yang paling diabaikan dalam mencapai keberhasilan adalah peran latihan fisik.

Mengabaikan olahraga tampak seperti masalah kecil tetapi sebenarnya dapat berdampak signifikan pada kemampuan Anda mencapai tujuan. Olahraga tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik Anda tetapi juga merupakan landasan untuk kesejahteraan mental dan produktivitas.

Menurut Help Guide, aktivitas fisik yang teratur dapat mengurangi stres, meningkatkan harga diri dan mendongkrak tingkat energi. Bahan inilah yang bisa membantu kita menjalani hari untuk sukses.

  1. Tidak menetapkan tujuan yang jelas

Pada dasarnya banyak orang gagal menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik. Mereka memiliki gagasan samar tentang apa yang ingin mereka capai tetapi tanpa rencana yang terperinci sehingga membuat mereka kesulitan membuat kemajuan.

Selain itu, dengan menetapkan tujuan yang jelas, kita memahami tentang peluang dan hambatan yang kemungkinan terjadi sehingga jalan menuju sukses lebih mudah tercapai.

  1. Berpegang pada kegagalan masa lalu

Kita semua tentu pernah mengalami kegagalan. Kegagalan adalah bagian tak terelakkan dari kehidupan dan bagian penting dari kesuksesan. Namun terkadang, kita membiarkan kegagalan masa lalu mendefinisikan kita.

Bila kita terpaku pada kegagalan maka kita menghalangi diri kita untuk melangkah maju. Kita terjebak di masa lalu sehingga tidak mampu melihat peluang yang ada di depan kita.

  1. Komitmen yang berlebihan

Komitmen yang berlebihan merupakan penyabotase halus terhadap kesuksesan. Anda mungkin merasa produktif dan suka menolong tetapi jika Anda terlalu sibuk maka Anda bisa kelelahan dan menghambat kemajuan Anda menuju sasaran Anda sendiri.

Penting untuk diingat bahwa tidak apa-apa untuk mengatakan tidak. Faktanya mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak sejalan dengan tujuan Anda sebenarnya berarti mengatakan ya pada hal-hal yang sejalan.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #takut #keluar #dari #zona #nyaman #yang #anda #lakukan #dapat #merusak #peluang #kesuksesan #anda #dalam #hidup

KOMENTAR