Beda Nasib Pendidikan Kahiyang Ayu vs Gibran dan Kaesang, Jadi Satu-satunya Anak yang Tak Sekolah di Luar Negeri
Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka. (Instagram/@ayanggkahiyang)
19:33
13 September 2024

Beda Nasib Pendidikan Kahiyang Ayu vs Gibran dan Kaesang, Jadi Satu-satunya Anak yang Tak Sekolah di Luar Negeri

Sederet blunder dan manuver politik yang terjadi beberapa waktu belakangan membuat keluarga Presiden Joko Widodo tak henti menjadi sorotan.

Untuk pengingat, Kaesang Pangarep kini ramai diisukan terseret dalam masalah gratifikasi buntut diduga naik private jet ke Amerika Serikat. Lalu Gibran Rakabuming Raka juga diduga memiliki sejumlah akun media sosial yang mencemooh Prabowo Subianto.

Tak heran bila video unggahan akun TikTok @/ayko_channel berikut ini ikut kembali disorot dan berujung membuat nasib pendidikan anak-anak Jokowi ramai dibandingkan.

Hal ini bermula dari pengakuan Kahiyang Ayu yang sering ditegur ibunya, Iriana Jokowi. Selain karena kemiripan sifatnya dengan Iriana, Kahiyang juga menduga ibunya kerap menegurnya karena frekuensi pertemuan yang tinggi.

Baca Juga: Viral Lagi, Ekspresi Datar Gibran Rakabuming Diskakmat Babe Cabita Tuai Sorotan

"Soalnya kan Kaesang sama Mas Gibran sekolahnya di luar, saya kan yang tiap hari sama Ibu, jadi kalau ada apa-apa (jadi) sasaran," ungkap Kahiyang saat diwawancara Najwa Shihab, dikutip pada Jumat (13/9/2024).

Pendidikan Kahiyang Ayu vs Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep

Potret Memukau Kahiyang Ayu di Foto Terbaru (Instagram)Potret Memukau Kahiyang Ayu di Foto Terbaru (Instagram)

Memang kedua anak laki-laki Presiden Jokowi tercatat sebagai lulusan kampus di luar negeri. Hal ini berbeda dari Kahiyang Ayu yang diketahui sempat berkuliah S1 dan S2 di kampus dalam negeri.

Istri Bobby Nasution ini diriwayatkan pernah berkuliah di Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Dari studinya ini, Kahiyang mendapat gelar S.T.P.

Lalu pada 25 September 2019, Kahiyang diriwayatkan lulus dengan predikat cumlaude dari Magister Manajemen Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca Juga: Ingat Lagi Jokowi Minta Pejabat Rem Gaya Hidup Mewah, Malah Diterobos Private Jet Kaesang dan Erina Gudono

Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep di Mata Najwa (Tangkapan layar X)Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep di Mata Najwa (Tangkapan layar X)

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka sudah pindah ke Singapura sejak jenjang sekolah menengah. Gibran diriwayatkan pernah bersekolah di Orchid Park High School dan sempat mendaftar program Insearch di Universitas Teknologi Sydney (UTS) Australia.

Namun pada akhirnya Gibran berkuliah di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan mendapat gelar B.Sc. dari Universitas Bradford yang merupakan mitra perguruan tinggi tersebut.

Sedangkan Kaesang Pangarep menempuh studi di Anglo-Chinese International School di Singapura, dengan program studi International Baccaleureat. Setelahnya Kaesang berkuliah di Jurusan Komunikasi, Singapore University of Social Sciences dan mendapat gelar B.Sc.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #beda #nasib #pendidikan #kahiyang #gibran #kaesang #jadi #satu #satunya #anak #yang #sekolah #luar #negeri

KOMENTAR