Tertidur Saat Membaca? Berikut 5 Penyebabnya, Salah Satunya karena Lampu Terlalu Redup
Ilustrasi orang membaca buku. (Sumber foto: Goodnet)
21:44
12 September 2024

Tertidur Saat Membaca? Berikut 5 Penyebabnya, Salah Satunya karena Lampu Terlalu Redup

Setiap orang punya caranya sendiri untuk menghabiskan waktu luangnya. Salah satunya adalah dengan membaca buku.

Ada orang yang membaca buku di kafe, rumah, atau perpustakaan. Mereka juga melakukannya sembari meminum kopi, teh, dan biskuit.

Namun, membaca buku justru membuat orang tertidur. Dalam artikel ini akan memberikan alasan mengapa anda tidur saat membaca buku, sebagaimana dilansir Basmo.

1. Membaca itu menenangkan

Jika anda stres, membaca merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Salah satu penyebab kesulitan tidur adalah mengalami stres.

Saat membaca buku dan baru satu bab saja, hal tersebut sudah membuat anda rileks hingga akhirnya tertidur.

2. Membaca sangat berat bagi otak anda

Buat beberapa orang, membaca adalah sesuatu yang rumit untuk otaknya. Saat melakukan hal tersebut, otak bekerja keras untuk memproses sinyal visual dari mata, mengartikan kata-kata, dan menciptakan bayangan dalam pikiran.

Membaca juga perlu membutuhkan fokus dan konsentrasi tertentu. Akibatnya, otak menjadi lebih lelah dan membuat anda tidur.

3. Lampunya terlalu redup

Bisa saja anda menyukai kenyamanan untuk membaca di sofa dengan lampu yang redup. Namun, dengan pencahayaan yang buruk menjadi hambatan besar saat anda membaca.

Ketika pencahayaan di rumah mulai redup, otak anda mulai memproduksi hormon tidur. Hal tersebut yang menyebabkan anda menjadi tertidur ketika membaca.

4. Terhanyut dalam imajinasi

Membaca merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan imajinasi. Selain itu, berimajinasi juga merangsang otak untuk melamun.

Proses melamun saat membaca, hampir sama efeknya pada otak kita untuk tidur. Lalu, terhanyut dalam imajinasi juga sangat menenangkan dan membuat tertidur.

5. Bosan

Selama beberapa jam terakhir, anda sudah terlalu banyak membaca. Atau anda sebenarnya sedang tidak ingin membaca di hari itu.

Buku yang dibaca juga bisa menjadi faktor penyebab dari kebosanan. Beberapa hal tersebut yang membuat anda tidur saat membaca.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tertidur #saat #membaca #berikut #penyebabnya #salah #satunya #karena #lampu #terlalu #redup

KOMENTAR