Asal-usul Lagu 'Tanah Airku' Jadi Tradisi di Akhir Pertandingan Timnas, Maknanya Mendalam
Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan bersama maskot sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 10 September 2024. BAY ISMOYO / AFP.
19:29
11 September 2024

Asal-usul Lagu 'Tanah Airku' Jadi Tradisi di Akhir Pertandingan Timnas, Maknanya Mendalam

Lagu kebangsaan Tanah Airku menggema di Stadion Utama Gelora Bung Karno usai pertandingan Timnas Indonesia vs Australia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11/9/2024). Lagu tersebut bak jadi tradisi untuk mengakhiri pertandingan saat Timnas menjadi tuan rumah pertandingan.

Berkumandangnya lagu Tanah Airku bahkan membuat salah satu pemain diaspora, Maarten Paes bekaca-kaca. Tradisi menyanyikan lagu Tanah Airku dengan para pemain yang melingkar menghadap penonton rupanya bermula sejak 2022.

Tradisi tersebut bemula saat pertandingan Timnas U-19 yang menang 5-1 dari Filipina pada 8 Juli 2022. Kala itu para pemian Timnas tak menyambangi suporter usai pertandingan seperti biasa, namun malah berkumpul melingkar di tengah lapangan.

Pemain keturunan milik Timnas Indonesia, Diego Michiels. [Dok. AFP]Pemain keturunan milik Timnas Indonesia, Diego Michiels. [Dok. AFP]

Tak hanya pemain, para pelatih juga ikut melingkar menghadap tribun penonton. Usai para pemaian dan pelatih melingkar di tengah, terdengar lau Tanah Airku yang dikumandangkan oleh penyanyi Rita Effendy.

Baca Juga: Saleh Husin Bergelantungan Naik MRT Menuju Stadion GBK Demi Dukung Timnas Indonesia Kontra Australia

Kala itu sejumlah penonton mulanya mulai meninggalkan tribun, namun kembali tak bergeming dan ikut bernyanyi Tanah Airku.

Menyanyikan lagi Tanah Airku di akhir pertandingan mulanya merupakan ide karyawan PSSI. Usia perandingan tersebut, lagu Tanah Airku di akhir pertandingan kandang sudah bak tradisi bagi Timnas.

Diketahui lagu Tanah Airku merupakan ciptaan Ibu Sud yang memiliki makna nasionalisme di setiap liriknya. Lagu ini juga menggambarkan keindahan alam Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #asal #usul #lagu #tanah #airku #jadi #tradisi #akhir #pertandingan #timnas #maknanya #mendalam

KOMENTAR