Ini Sumber Kekayaan Gus Kautsar, Nikahkan Anaknya yang Masih 18 Tahun dengan Gus Sunny
Profil Gus Kautsar - (Instagram/@muhibbin.guskautsar)
08:29
21 Januari 2024

Ini Sumber Kekayaan Gus Kautsar, Nikahkan Anaknya yang Masih 18 Tahun dengan Gus Sunny

Sosok Gus Kautsar tengah jadi perbincangan publik karena menikahkan putrinya, Ning Chasna yang masih berumur 18 tahun dengan Gus Sunnny. Padahal batas usia minimal pernikahan di Indonesia adalah 19 tahun. Pernikahan mewah Ning Chasna dan Gus Sunny pun tak henti-hentinya jadi pembahasan. 

Diketahui Gus Kautsar adalah salah satu petinggi Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur. Lantas dari mana saja sumber kekayaan Gus Kautsar bisa menggelar pernikahan mewah untuk anaknya yang berusia 18 tahun itu? Simak penjelasan berikut ini.

Sumber Kekayaan Gus Kautsar

Muhammad Abdurrahman Al Kautsar atau akrab disapa Gus Kautsar dikenal sebagai pendakwah yang selalu tampil dengan semangat membara. Dalam dakwahnya, Gus Kautsar menggunakan bahasa sederhana sehingga mudah dipahami oleh masyarakat awam. Maka heran jika jemaah yang dimiliki Gus Kautsar cukup besar hingga sekarang ini. 

Beberapa sumber kekayaan Gus Kautsar sebagai seorang pendakwah antara lain:

1. Petinggi Pondok Pesantren

Gus Kautsar saat ini mengemban amanah sebagai Kepala Sub Pondok di Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur. Pondok Pesantren Al Falah Ploso adalah salah satu sekolah agama terkenal di Jawa Timur yang mengamalkan ilmu salaf. Dikabarkan ada ratusan santri yang dititipkan di pondok pesantren itu,

Dikutip dari situs resminya, pondok pesantren yang diasuh oleh KH Nurul Huda Djazuli itu mematok sejumlah biaya untuk santri-santri yang akan dititipkan. Biaya pendaftaran santri baru sebesar Rp600 ribu. Selain itu, ada biaya administrasi pokok untuk setahun yang dapat dibayarkan secara mengangsur sebesar Rp1,6 juta.

Dengan demikian, untuk satu santri di Ponpes Al Falah Ploso dapat menghabiskan biaya sekitar Rp2,2 juta selama setahun. Sementara itu program pendidikan dan pengajaran di ponpes Al-Falah Ploso terdiri dari: Madrasah Ibtidaiyah (3 tahun), Madrasah Tsanawiyah (4 tahun), dan Majelis Musyawarah Riyadlotut Tholabah (5 tahun). Dengan adanya ratusan santri di Ponpes Al Falah Ploso, maka Gus Kautsar sebagai salah satu petinggi bisa punya harta kekayaan melimpah.

2.  Dakwah

Gus Kautsar tercatat sebagai salah seorang anggota PWNU Jawa Timur. Namanya dikenal luas sebagai seorang alim ulama yang menjadi panutan banyak orang, terutama di area Jawa Timur. 

Sebagai seorang pendakwah, Gus Kautsar sering diundang dalam acara pengajian dan tausiyah oleh para jemaahnya. Namun sayangnya hingga saat ini tidak ada informasi pasti berapa biaya mengundang Gus Kautsar.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #sumber #kekayaan #kautsar #nikahkan #anaknya #yang #masih #tahun #dengan #sunny

KOMENTAR