Meski Pratama Arhan Naik Gaji Lima Kali Lipat di Suwon FC, Tapi Diduga Masih Kalah Jauh dari Azizah Salsha Sang Istri
Pratama Arhan dan Azizah Salsha. [Instagram]
22:08
20 Januari 2024

Meski Pratama Arhan Naik Gaji Lima Kali Lipat di Suwon FC, Tapi Diduga Masih Kalah Jauh dari Azizah Salsha Sang Istri

Pratama Arhan telah secara resmi bergabung dengan Klub Liga 1 Korea Selatan, Suwon FC. Dikutip dari Transfermarkt, suami Azizah Salsha ini angkat kaki dari Tokyo Verdy dengan nilai transfer Rp4,35 miliar.


Meskipun angka tersebut mengagumkan, rupanya terjadi penurunan nilai kontrak Arhan. Pasalnya Tokyo Verdy dahulu membelinya dari PSIS Semarang dengan nilai transfer hingga Rp5,65 miliar dan merupakan harga pasaran tertingginya.


Namun tetap saja penghasilan Arhan ini tak bisa dipandang sebelah mata, apalagi karena konon pemain sepak bola K-League 1 bisa mengantongi gaji hingga miliaran Rupiah dalam setahun.

Pratama Arhan Saat Membela Timnas Indonesia U-23 di Ajang Kualifikasi Piala Asia. (instagram.com/pratamaarhan8)Pratama Arhan Saat Membela Timnas Indonesia U-23 di Ajang Kualifikasi Piala Asia. (instagram.com/pratamaarhan8)


Dikutip dari Korean Times, gaji pemain K-League 1 seperti Suwon FC idealnya bisa mencapai 282,1 juta won dalam setahun. Jika angka ini dikonversikan ke mata uang Indonesia, maka setara dengan Rp3,2 miliar atau sekitar Rp266,7 juta setiap bulannya.


Bahkan Arhan digadang-gadang bisa mendapatkan gaji sampai Rp10 miliar per tahun apabila sanggup menunjukkan performa yang baik di K-League 1. Namun hingga kini belum diketahui apakah Arhan akan langsung mendapat kesempatan untuk bermain membela Suwon FC.


Gaji Pratama Arhan Kalah dari Azizah Salsha?


Jika dibandingkan dengan penghasilannya di Tokyo Verdy, maka gaji Pratama Arhan di Suwon FC digadang-gadang jauh lebih baik. Pasalnya Arhan diperkirakan mendapat upah sebesar Rp41 juta sebulan dari Klub Liga 2 Jepang tersebut.


Namun walaupun gaji Arhan diperkirakan meningkat lima kali lipat, pendapatannya diduga masih kalah dibandingkan dengan sang istri, Azizah Salsha. Pasalnya sebagai influencer dan content creator, sahabat Fuji itu bisa meraup ratusan juta Rupiah per bulan hanya dari salah satu media sosialnya.

5 Ide Gaya Foto Saat Liburan ala Azizah Salsha. (Dok. Instagram/AzizahSalsha)5 Ide Gaya Foto Saat Liburan ala Azizah Salsha. (Dok. Instagram/AzizahSalsha)


Diketahui Zize membuka layanan Exclusive di Instagram-nya. Dengan kata lain, penggemar harus membayar biaya berlangganan per bulan untuk mendapatkan konten-konten eksklusif darinya.


Zize biasanya mengunggah momen bucin bersama Arhan di fitur ini. Tak tanggung-tanggung, dara cantik yang baru berulang tahun ke-20 itu mematok tarif Exclusive sebesar Rp60 ribu sebulan.


Dilihat dari konten Exclusive-nya yang bocor di akun TikTok @zearhan, terlihat bila video siaran langsung itu disaksikan oleh 4.343 akun. Jika dikalikan dengan Rp60 ribu, maka estimasi penghasilan Zize dari Exclusive Instagram-nya adalah Rp260,6 juta sebulan.


Tentu saja ini belum termasuk penghasilan Zize lainnya, seperti dengan menerima endorsement atau menjadi brand ambassador. Dengan jumlah followers yang sampai 4,3 juta akun, wajar apabila Zize mematok tarif endorsement yang tinggi dan tentu semakin menambah pundi-pundi uangnya.

Editor: Dany Garjito

Tag:  #meski #pratama #arhan #naik #gaji #lima #kali #lipat #suwon #tapi #diduga #masih #kalah #jauh #dari #azizah #salsha #sang #istri

KOMENTAR