Beda Adab Kaesang-Erina vs Anak Presiden Xi Jinping: Bak Bumi Langit, Dibongkar Warga China Langsung
Kolase Kaesang Pangarep-Erina Gudono dan Presiden Xi Jinping (X)
14:51
22 Agustus 2024

Beda Adab Kaesang-Erina vs Anak Presiden Xi Jinping: Bak Bumi Langit, Dibongkar Warga China Langsung

Sosok Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, tengah panen kecaman dari masyarakat. Penyebabnya, anak dan menantu Presiden Jokowi itu terciduk pamer gaya hidup mewah saat berada di Amerika Serikat (AS). Mulai dari naik private jet, belanja sampai makan roti seharga Rp400 ribu.

Sikap Kaesang dan Erina itu dianggap tidak memiliki empati. Bahkan, adab Kaesang dan Erina turut dibanding-bandingkan dengan anak Presiden China Xi Jinping. Hal ini dibongkar langsung oleh seorang warga China di X.

Warganet asal China ini mengkritik anak Presiden RI sebagai amatir. Ia menyoroti bagaimana Kaesang dan Erina memamerkan kehidupannya di Amerika ke seluruh rakyat Indonesia.

Menurut warganet ini, tindakan tersebut jauh berbeda dengan anak Presiden Xi Jinping. Rakyat China bahkan diklaim hampir tidak pernah tahu seperti apa wajah putri Presiden Xi Jinping.

Baca Juga: Gelar Kehormatan dan Penghargaan Erina Gudono, Kini Dicibir Gegara Pamer Hidup Hedon

"Putra presiden Anda (rakyat Indonesia) amatir, berfoto selfie dengan istrinya yang sedang hamil di AS dan memamerkannya ke seluruh negeri. Kami orang Tiongkok bahkan tidak tahu seperti apa rupa putri Xi Jinping," tulis warganet China ini dalam media sosial X, Kamis (22/8/2024).

Warganet lain kemudian menimpali dengan hal serupa. Ada yang menganggumi putri Xi Jinping yang ternyata berkuliah di Universitas Harvard, Amerika Serikat, tanpa memamerkannya ke rakyat.

"Saya sangat mengagumi bagaimana putri Xi Jinping bisa kuliah di Harvard dan tetap menjaga anonimitasnya. Jika saya Xi Mingze, saya tidak akan begitu anonim. Astaga, hanya ada satu foto dirinya (putri Xi Jinping) yang dikonfirmasi," tambah warganet lainnya.

Hal itu berbeda dengan sikap Erina Gudono. Menantu Jokowi itu sudah mengumumkan ke masyarakat bahwa ia berhasil masuk S2 di Universitas Pennsylvania.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram/erinagudono)Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram/erinagudono)

"Jokowi 0 - 1 Xi Jinping," sahut warganet.

Baca Juga: Media Malaysia Soroti Revisi UU Pilkada Indonesia dan Kemarahan Publik, Nama Anies dan Kaesang Disebut

"Budaya Asia Timur (Confucian terutama) gak sih mau seleb atau pejabat buat ga terlalu pamerin anak, keluarga, atau harta (lokasi rumah)?" tulis warganet.

"Wah, itu benar-benar sesuatu yang patut dikagumi. Mungkin dia memilih untuk tetap anonim agar semua yang dilakukannya tidak dikaitkan dengan jabatan ayahnya dan mungkin ada alasan lain juga, seperti masalah keamanan," komentar warganet.

"Mantap, anaknya sekolah di salah satu kampus terbaik, gak kaya...," sindir warganet.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #adab #kaesang #erina #anak #presiden #jinping #bumi #langit #dibongkar #warga #china #langsung

KOMENTAR