Tak Sekadar Ganti Nama, Ternyata Ini Makna di Balik Rebranding Bisnis
Ilustrasi rebranding. (Freepik)
01:51
22 Agustus 2024

Tak Sekadar Ganti Nama, Ternyata Ini Makna di Balik Rebranding Bisnis

Rebranding, atau perubahan identitas merek, adalah sebuah strategi bisnis yang melibatkan perubahan logo, nama, desain, atau pesan merek yang sudah ada. Meski terkesan rumit, rebranding justru dapat membawa banyak manfaat bagi sebuah brand.

Lalu, mengapa rebranding itu penting? Berikut beberapa alasannya:

1. Relevansi

  • Ikut perkembangan zaman: Konsumen dan tren pasar terus berubah. Rebranding memungkinkan sebuah brand untuk tetap relevan dan sesuai dengan ekspektasi konsumen modern.
  • Menyesuaikan diri dengan target pasar baru: Jika target pasar sebuah brand berubah, rebranding dapat membantu merek tersebut untuk lebih menarik minat segmen pasar yang baru.

2. Persepsi yang Lebih Baik

Baca Juga: Menelusuri Jaringan Bisnis Tambang Bahlil Yang Kini Jadi Menteri ESDM

  • Citra merek yang lebih positif: Rebranding dapat mengubah persepsi negatif yang melekat pada sebuah merek menjadi lebih positif.
  • Membedakan diri dari pesaing: Dengan identitas merek yang baru dan segar, sebuah brand dapat lebih mudah menonjol di antara para kompetitor.

3. Pertumbuhan Bisnis

  • Meningkatkan penjualan: Rebranding yang sukses dapat meningkatkan daya tarik produk atau jasa, sehingga berpotensi meningkatkan penjualan.
  • Membuka pasar baru: Dengan citra merek yang baru, sebuah brand dapat memasuki pasar yang sebelumnya sulit dijangkau.

4. Loyalitas Pelanggan

  • Memperkuat hubungan dengan pelanggan: Rebranding yang dilakukan dengan baik dapat membuat pelanggan merasa lebih terhubung dengan merek dan meningkatkan loyalitas mereka.
  • Menarik pelanggan baru: Identitas merek yang baru dan menarik dapat menarik pelanggan baru yang sebelumnya tidak tertarik dengan merek tersebut.

ION Network, perusahaan penyedia layanan internet di Indonesia dan mancanegara, baru saja mengumumkan rebranding pada nama dan identitasnya.

Dengan inisiatif rebranding ini, perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 ini berharap untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam industri Internet Service Provider (ISP) di tingkat lokal dan internasional.

Antonius Simanjuntak, CEO ION Network. (Dok. ION Network)Antonius Simanjuntak, CEO ION Network. (Dok. ION Network)

Menurut Antonius Simajuntak, CEO, rebranding ini tidak hanya merupakan pembaruan nama, tetapi juga mewakili semangat baru dan arah strategis perusahaan.

Baca Juga: Peringati HUT RI ke-79, KB Bank Dukung Festival Literasi dan Olahraga di Desa Muktiwari

"Logo baru kami, dengan simbol peta Indonesia yang mewakili pusat jaringan fiber optik kami, mencerminkan ambisi kami untuk menjangkau seluruh pelosok negeri. Dengan membawa makna warna yang dalam dalam logo, kami ingin menghadirkan kesetiaan, kepercayaan, dan teknologi terkini kepada pelanggan kami," kata Antonius ketika ditemui dalam acara 14th Years Anniversary Celebration & Customer Appreciation, Rabu (21/8/2024).

Lebih lanjut, Antonius mengatakan bahwa bisnis penyedia layanan internet ada sekitar 1.100-an lebih di seluruh Indonesia, dan diperkirakan sekitar 400-an di Jabodetabek. Tentu saja itu sebuah persaingan yang cukup keras dan berat.

"Tapi kami punya strategi. Kebanyakan perusahaan sejenis seperti kita ini menggunakan tenaga kerja dari luar, outsource. Tapi kita punya in-house, tim sendiri yang kita bisa hitung kemampuan kerjanya, dan kita bisa tekan budgetnya. Jadi kita bisa masuk ke semua sektor tidak harus biaya tinggi," katanya.

Saat ini, ION Network terus berkomitmen untuk mempercepat infrastruktur digital dengan menyediakan jaringan Fiber Optic yang kuat serta Data Center dan layanan Cloud Computing yang aman. Dengan 4 produk utamanya, yaitu ION Enterprise, ION Broadband, ION Cloud dan ION Partnership, perusahaan ini berupaya memperluas jangkauan ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau demi meningkatkan kualitas jaringan di seluruh Indonesia.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #sekadar #ganti #nama #ternyata #makna #balik #rebranding #bisnis

KOMENTAR