Peringatkan Musuh, Hizbullah Pamer Jaringan Terowongan Lewat Video 'Our Mountains, Our Treasures'
Tangkapan layar video yang dirilis Hizbullah, menampilkan sistem jaringan terowongan bawah tanah. Pada Jumat (16/8/2024), Hizbullah merilis video baru yang memperlihatkan fasilitas bawah tanah Imad 4 yang canggih, yang menampilkan jaringan terowongan yang luas dan landasan peluncuran rudal. 
11:50
20 Agustus 2024

Peringatkan Musuh, Hizbullah Pamer Jaringan Terowongan Lewat Video 'Our Mountains, Our Treasures'

Hizbullah baru saja merilis video yang berjudul 'Our Mountains, Our Treasures', yang memperlihatkan jaringan terowongannya.

Pada Jumat (16/8/2024), Hizbullah merilis video baru yang memperlihatkan fasilitas bawah tanah Imad 4 yang canggih, yang menampilkan jaringan terowongan luas dan landasan peluncuran rudal.

Saat dirilis, video tersebut menjadi viral dan menarik perhatian serta memicu komentar di seluruh dunia, khususnya di Israel.

Para pejuang difilmkan sedang mengendarai truk-truk besar dan sepeda motor melaju melalui jalan-jalan bawah tanah yang sangat terang.

Beberapa truk membawa benda-benda yang tampak seperti rudal, Al Jazeera melaporkan.

Saat kendaraan melaju, rekaman menjadi makin jelas, menunjukkan jaringan terowongan luas yang digunakan Hizbullah untuk menyimpan dan meluncurkan rudal.

Al Mayadeen mengungkapkan, Imad 4 dilengkapi sistem teknis canggih dan jaringan komunikasi aman yang sangat terenkripsi, yang memungkinkannya menerima perintah peluncuran dalam hitungan menit.

Fasilitas tersebut juga mencakup tim logistik yang komprehensif dan tim konstruksi, keamanan, dan peluncuran cadangan yang terspesialisasi, yang semuanya beroperasi berdasarkan koordinat yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, fasilitas tersebut memiliki rumah sakit lapangan dan persediaan yang cukup untuk menopang penghuninya dalam kurun waktu delapan bulan hingga satu tahun.

Situs ini tentunya akan menjadi sumber daya vital dalam menghadapi konflik dengan Israel.

Pesan peringatan Hizbullah untuk musuh

Para analis mengatakan kepada Al Jazeera, video itu dirilis minggu lalu, yang sepertinya dipakai sebagai peringatan musuh, Hizbullah dapat menggunakan gudang senjatanya yang luas dan tersembunyi untuk membalas dendam terhadap Israel jika negara itu melancarkan operasi besar terhadap kelompok tersebut.

"Ini adalah pesan kepada Israel (dari Hizbullah): Kami baru saja menyentuh permukaan dari jenis kerusakan yang dapat kami timbulkan kepada Anda," kata Nicholas Blanford, seorang pakar Hizbullah dan seorang peneliti di Atlantic Council, sebuah lembaga pemikir yang berkantor pusat di Washington, DC.

Yang menjadi catatan, tidak ada cara untuk mengetahui di mana saja terowongan yang difilmkan dalam video tersebut atau seberapa luas jaringan terowongan Hizbullah.

Sangat sedikit yang terungkap dalam video tersebut.

Dari video Hizbullah, yang diketahui secara pasti hanyalah terowongan-terowongan ini benar-benar ada, ukurannya besar, dan berfungsi sebagai jalan raya bawah tanah.

Juga senjata-senjata tampaknya disimpan di dalamnya dan terowongan-terowongan tersebut terhubung ke lubang-lubang di atas tanah tempat Hizbullah dapat melepaskan tembakan.

Meningkatnya perang psikologis pasca-kematian Fuad Shukr dan Ismail Haniyeh

Informasi terbatas ini tentunya merupakan sesuatu yang disengaja dari pihak Hizbullah.

Menurut Michael Young, pakar Lebanon dan kawasan yang lebih luas di Carnegie Middle East Center, video tersebut dapat dilihat sebagai bagian dari perang psikologis yang lebih luas yang dilancarkan Hizbullah terhadap Israel.

Young yakin kedua pihak telah meningkatkan perang psikologis sejak pembunuhan Komandan Hizbullah, Fuad Shukr, dan Pemimpin Politik Hamas, Ismail Haniyeh.

Di satu sisi, Israel sendiri mengakui telah membunuh Shukr dalam sebuah serangan udara.

Namun, Tel Aviv enggan mengklaim atau membantah telah membunuh Haniyeh.

Sementara, pejabat AS dan Iran dilaporkan menyebut Israel bertanggung jawab.

Kedua pembunuhan tersebut meningkatkan ketegangan di kawasan Timur Tengah, serta mendorong Iran dan Hizbullah untuk berjanji melakukan pembalasan guna memulihkan pencegahan.

Sejak saat itu, Israel mengancam akan menggunakan bom "penghancur bunker", yang dirancang untuk menembus target yang berada jauh di dalam tanah.

Hizbullah menanggapi ancaman Israel dengan merilis video terbarunya yang memperlihatkan jaringan bawah tanahnya yang luas.

Jaringan terowongan milik Hamas di Gaza terbukti efektif dalam menyediakan tempat berlindung bagi para pejuang dan pemimpin serta sebagai cara untuk menghindari pasukan Israel yang beroperasi di atas tanah dan melancarkan serangan.

Fasilitas bawah tanah Hizbullah dapat terbukti lebih efektif karena secara luas diyakini memiliki kemampuan lebih maju daripada Hamas.

"Kedua pihak (Israel dan Hizbullah) memainkan permainan psikologis, sebagian untuk mencegah pihak lain dari ancaman mereka dan bertindak terlalu jauh," kata Young kepada Al Jazeera.

"Saya melihat video ini terutama sebagai instrumen pencegahan," paparnya.

Selain itu, Hizbullah dan Iran telah menunda pembalasan mereka atas pembunuhan Shukr dan Haniyeh untuk memberi waktu agar perundingan gencatan senjata antara Hamas dan Israel berhasil.

Hizbollah tampaknya menggunakan pengaruhnya terhadap Amerika Serikat dan Israel untuk menyetujui gencatan senjata dengan menunjukkan persenjataannya yang besar.

Pada saat yang sama, Hizbullah dan Iran tidak memiliki insentif langsung untuk membalas dendam terhadap Israel karena berisiko merusak peluang gencatan senjata di Gaza, jelas Young.

"Video terbaru Hizbullah mungkin juga mengirimkan pesan yang meyakinkan kepada para pendukungnya di Lebanon," kata para analis kepada Al Jazeera.

Perang Israel-Hamas

*) Pasukan Israel telah menewaskan sedikitnya 35 warga Palestina di Jalur Gaza dalam 24 jam terakhir, menurut petugas medis, termasuk 13 di Kota Gaza dan sembilan di kamp pengungsi Shati.

*) Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan penilaian awal menemukan bahwa wilayah yang baru ditempatkan di bawah perintah evakuasi Israel mencakup seluruh kamp pengungsi Maghazi, lima sekolah, 14 fasilitas air dan sanitasi, dan 10 lokasi kesehatan.

*) Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menerima "proposal penghubung" yang diajukan oleh Washington untuk mengatasi ketidaksepakatan yang menghalangi kesepakatan gencatan senjata di Gaza, dan mendesak Hamas untuk melakukan hal yang sama.

Namun, juru bicara Hamas, Osama Hamdan, mengatakan kelompok Palestina itu hanya akan "menyetujui penerapan" usulan Biden yang didukung Dewan Keamanan PBB dan diterima pada bulan Juli.

*) Di AS, ribuan orang turun ke jalan Chicago untuk memprotes dukungan Gedung Putih terhadap perang Israel di Gaza saat Konvensi Nasional Demokrat dimulai di kota tersebut.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #peringatkan #musuh #hizbullah #pamer #jaringan #terowongan #lewatvideo #mountains #treasures

KOMENTAR