330 Operasi Perlawanan Dilakukan kepada Israel, Operasi Meningkat Hampir 2 Kali Lipat dalam 2 Tahun
Petugas medis dari Magen David Adom (Palang Merah Israel) mengevakuasi korban ledakan bom yang diposisikan di dalam mobil di pemukiman Hermesh, sebelah utara Tulkarm, Tepi Barat yang diduduki Israel. Sementara itu, kota utama Israel, Tel Aviv juga diguncang bol dari drone yang diluncurkan kelompok Houthi Yaman. 
14:40
19 Agustus 2024

330 Operasi Perlawanan Dilakukan kepada Israel, Operasi Meningkat Hampir 2 Kali Lipat dalam 2 Tahun

Operasi perlawanan meningkat hampir dua kali lipat 'di seluruh Israel' dalam dua tahun.

Lebih dari 330 operasi perlawanan dilakukan antara 7 Oktober dan bulan Agustus.

Operasi perlawanan terhadap warga Israel, khususnya di Tepi Barat yang diduduki, telah meningkat secara dramatis sejak awal tahun ini, media Ibrani melaporkan pada 16 Agustus.

Menurut saluran berita Israel Channel 12, ratusan operasi telah dilakukan sejak awal tahun 2024. Meskipun sebagian besar operasi tersebut berada di Tepi Barat, operasi tersebut menargetkan “setiap titik di Israel.”

Koresponden Channel 10 Israel, Noam Cohen, juga mencatat peningkatan operasi perlawanan di seluruh Israel dan Tepi Barat yang diduduki selama 10 bulan terakhir.

Antara 7 Oktober dan bulan ini, 338 operasi perlawanan dilakukan terhadap Israel, kata Cohen, seraya menambahkan bahwa ini menandai peningkatan 82 persen dibandingkan tahun 2022 dan lonjakan sekitar sembilan persen sejak tahun lalu.

Mengomentari peningkatan jumlah rata-rata operasi per bulan, Cohen mengatakan rata-ratanya adalah lima pada tahun 2020, 10 pada tahun 2021, dan 17 pada tahun 2022. Sejak 7 Oktober, menjadi rata-rata 31 operasi per bulan, tambah koresponden.

Mayoritas dari lebih dari 300 operasi sejak Oktober terjadi di Tepi Barat. Sepuluh serangan terjadi di Yerusalem yang diduduki dan 28 serangan terjadi di wilayah yang diduduki pada tahun 1948.

Operasi tersebut telah menewaskan 28 pemukim dan melukai lebih dari 250 orang.

Dua warga Israel tewas dalam operasi penikaman di Holon, dekat Tel Aviv, pada 4 Agustus.

Seorang penjaga penjara Israel ditemukan tewas di rumahnya di Tepi Barat yang diduduki pada awal Juli. Belakangan bulan itu diketahui bahwa dia dibunuh oleh anggota Brigade Qassam Hamas, Ibrahim Mansour, yang ditahan oleh pasukan Israel pada tanggal 22 Juli.

Seorang tentara tewas dan lainnya terluka dalam operasi penikaman di pemukiman Karmiel pada 3 Juli. Ini hanyalah beberapa contoh.

Peningkatan operasi ini terjadi ketika terjadi peningkatan besar-besaran kekerasan pemukim terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki sejak 7 Oktober.

Sekitar 100 pemukim bersenjata Israel menyerbu kota Jit, Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada tanggal 15 Agustus, menembakkan peluru ke arah penduduk dan membakar rumah, mobil, dan properti lainnya.

Para pemukim membunuh Rashid Sedda yang berusia 23 tahun selama pogrom.

SUMBER: THE CRADLE

Tag:  #operasi #perlawanan #dilakukan #kepada #israel #operasi #meningkat #hampir #kali #lipat #dalam #tahun

KOMENTAR