Rusia-Ukraina Ternyata Sempat Akan Bicarakan Perdamaian, Sayangnya Peristiwa Ini Bikin Rencana Buyar
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan). 
19:40
17 Agustus 2024

Rusia-Ukraina Ternyata Sempat Akan Bicarakan Perdamaian, Sayangnya Peristiwa Ini Bikin Rencana Buyar

ngin perdamaian berhembus dari Doha, Qatar. Rusia dan Ukraina dikabarkan akan melakukan perundingan bersejarah dan mengakhiri peperangan yang telah berlangsung dua setengah tahun.

Media Amerika Serikat, Washington Post (Wapo) mengabarkan keduanya akan mengirimkan delegasi perdamaian ke Qatar bulan ini.

Kabar Wapo ini mengacu pada informasi dari diplomat yag tahu mengenai pembicaraan itu.

Wapo memberitakan bahwa Qatar bakal menjadi mediator perdamaian dan telah menemui dua delegasi secara terpisah.

Namun mediasi ini sempat terganggu oleh invasi mendadak Ukraina ke Oblast Kursk di Rusia bagian barat minggu lalu.

Kesepakatan yang mungkin terjadi dan rencana pertemuan puncak ini tidak dilaporkan sebelumnya.

Jurnal menegaskan kembali bahwa Rusia telah menargetkan jaringan listrik Ukraina selama lebih dari setahun dengan banyak rudal jelajah dan pesawat nirawak, yang menyebabkan kerusakan signifikan pada pembangkit listrik dan membuat seluruh negara mengalami pemadaman listrik bergilir.

Sementara itu, Ukraina telah menargetkan fasilitas minyak Rusia dengan serangan pesawat nirawak jarak jauh yang telah membakar kilang minyak, depot minyak, dan tangki, sehingga memangkas penyulingan minyak Moskow sekitar 15 persen dan menaikkan harga gas secara global.

Kesediaan untuk terlibat dalam perundingan mengisyaratkan adanya perubahan bagi kedua negara, setidaknya untuk gencatan senjata terbatas.

Ukrainska Pravda mengungkapkan bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Kyiv akan mempertimbangkan gencatan senjata penuh hanya jika Rusia terlebih dahulu menarik semua pasukannya dari wilayah Ukraina, termasuk Semenanjung Krimea, yang diinvasi dan dianeksasi Rusia pada tahun 2014.

Vladimir Putin dari Rusia menuntut agar Ukraina terlebih dahulu menyerahkan empat wilayah Ukraina — termasuk beberapa wilayah yang tidak diduduki pasukan Rusia — yang telah dinyatakan Kremlin sebagai bagian dari Rusia."

Keterangan lebih lanjut: Seorang diplomat yang terlibat dalam perundingan tersebut mengatakan bahwa pejabat Rusia telah menunda pertemuan dengan pejabat Qatar setelah invasi Ukraina ke Rusia bagian barat.

Ia menambahkan bahwa delegasi Moskow menyebut ini sebagai "eskalasi" dan mencatat bahwa Ukraina tidak memperingatkan Qatar "tentang serangan lintas perbatasannya".

Diplomat tersebut juga menekankan bahwa Rusia tidak menghentikan perundingan sepenuhnya; mereka hanya mengatakan untuk memberi mereka waktu.

Sumber tersebut mencatat bahwa meskipun Ukraina tetap ingin mengirim delegasinya ke Qatar, Qatar menolak karena tidak melihat manfaat dalam pertemuan sepihak.

Diplomat tersebut, yang mengetahui negosiasi tersebut, mengatakan bahwa Qatar telah membahas kesepakatan dengan Kyiv dan Moskow mengenai moratorium penghancuran energi selama dua bulan terakhir.

Ia menambahkan bahwa kedua belah pihak telah sepakat untuk mengadakan pertemuan puncak di Doha, dan hanya rincian kecil yang masih harus disepakati.

"Setelah Kursk, Rusia menolak," kata orang lain yang mengetahui pembicaraan tersebut.

Seorang sumber Rusia yang memiliki hubungan dekat dengan komunitas diplomatik menjelaskan bahwa

"Putin tidak akan berminat untuk membuat kesepakatan setelah serangan Kursk".

"Anda tahu bahwa kepemimpinan Rusia kami biasanya tidak membuat kompromi apa pun di bawah tekanan," kata orang tersebut.

Menanggapi permintaan dari The Washington Post, Kantor Presiden Ukraina mengatakan bahwa pertemuan puncak Doha telah ditunda "karena situasi di Timur Tengah" tetapi akan berlangsung melalui konferensi video pada tanggal 22 Agustus. Setelah itu, Kyiv akan berkonsultasi dengan mitranya untuk melaksanakan perjanjian tersebut.

Kremlin tidak menanggapi pertanyaan dari The Washington Post.

Gedung Putih menolak berkomentar mengenai topik ini. Pemerintahan Biden telah lama mengatakan bahwa Ukraina harus menentukan waktu dan ketentuan gencatan senjata potensial dengan Rusia saja.

Seorang diplomat mengatakan pada sebuah pengarahan tentang pembicaraan tersebut bahwa baik Kyiv maupun Moskow telah menunjukkan kesediaan mereka untuk menerima kesepakatan sebelum pertemuan puncak.

Namun, dua orang yang mengetahui pembicaraan tersebut mencatat bahwa pejabat senior di Kyiv memiliki harapan yang beragam tentang apakah pembicaraan tersebut dapat berhasil, dengan beberapa memperkirakan peluang keberhasilan sebesar 20% dan yang lainnya memperkirakan prospek yang lebih buruk, bahkan jika serangan Kursk tidak terjadi.

"Kita memiliki satu kesempatan untuk melewati musim dingin ini, dan itu jika Rusia tidak akan melancarkan serangan baru terhadap jaringan listrik," kata seorang pejabat Ukraina.

Pejabat Ukraina dan Barat menekankan bahwa langkah maju Kyiv untuk bertemu dengan Rusia, yang menempati sekitar 20% wilayah Ukraina, sebagian dimaksudkan untuk memberi Ukraina lebih banyak pengaruh dalam negosiasi di masa mendatang.

"Analis militer telah menyatakan skeptisisme bahwa pasukan Ukraina dapat mempertahankan kendali atas wilayah Rusia. Moskow juga terus memperoleh keuntungan di Oblast Donetsk di Ukraina timur dan belum mengalihkan pasukan dari sana untuk mempertahankan serangan Ukraina yang baru," ujarnya.

Presiden Vladimir Putin sendiri menyatakan bahwa tidak ada perundingan perdamaian lagi dengan Ukraina. Hal itu diucapkannya setelah Pasukan Kiyiv secara mendadak menyerang wilayah Kursk.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #rusia #ukraina #ternyata #sempat #akan #bicarakan #perdamaian #sayangnya #peristiwa #bikin #rencana #buyar

KOMENTAR