Tak Kalah Kejam dari IDF, Pemukim Israel Bakar Rumah Warga Palestina, Tembak Mati Seorang Pemuda
Ilustrasi: Pemukim Yahudi Israel dibantu militer IDF menyerang warga Palestina di Kota Huwwara, Tepi Barat 
18:00
17 Agustus 2024

Tak Kalah Kejam dari IDF, Pemukim Israel Bakar Rumah Warga Palestina, Tembak Mati Seorang Pemuda

Sekitar 100-an warga pemukim Israel mengamuk di desa Jit di Tepi Barat.

Mereka yang dipersenjatai dengan pisau dan senjata api serta menggunakan seragam tentara membakari rumah dan mobil-mobil warga Palestina, pada Jumat (16/8/2024).

Mereka tidak kalah kejamnya dengan pasukan IDF. Di hadapan warga Palestina, warga Yahudi tersebut melemparkan bom molotov ke arah rumah warga hingga terbakar.

Mobil-mobil warga Palestina pun banyak yang dibakar oleh para zionis tersebut.

Pada akhirnya, demikian diberitakan oleh Al Mayadeen, seorang pemuda tewas ditembak oleh pemukim tersebut.

Warga menceritakan agresi tersebut, dengan Hassan Arman menjelaskan bahwa tujuan para pemukim Israel yang menyerang desanya adalah "untuk membakar, membunuh, atau menghancurkan," yang semuanya terjadi malam itu.

Para pemukim mengenakan "seragam lengkap, bersenjatakan pisau, senapan mesin, dan peredam suara," kata Arman, mengingat kembali kejadian ketika para penyerang mencapai rumahnya.

Mobil pria Palestina itu juga dibakar dan dihancurkan selama penyerbuan, menyatakan bahwa dia "tidak pernah melihat hal seperti itu" ketika dia membuka pintu kendaraan yang terbakar.

“Setelah mereka membakar rumah di sana, mereka mendatangi rumah ini, memecahkan jendela, dan melemparkan bom molotov ke dalam,” kata Muawiya al-Sada, seorang ayah lima anak berusia 38 tahun, kepada Reuters, merinci rangka kayu sofa yang terbakar dan pecahan kaca yang berserakan di lantai.

Saat kembali ke rumahnya bersama keluarganya, Sada mengingat ejekan para pemukim, dengan menegaskan, "Kami akan kembali dan membunuhmu!" sambil menyuruh mereka pergi ke Yordania atau Suriah.

Pemukim Israel membunuh pria Palestina berusia 23 tahun

Rasheed Seda yang berusia 23 tahun ditembak dan dibunuh selama agresi pemukim yang brutal di Jit saat ia berusaha menangkis para penyerang bersama sekelompok penduduk muda setempat, kata kepala dewan lokal Jit dan kerabat korban, Nasser Seda, kepada situs berita Ynet.

“Jika orang-orang muda kita tidak keluar untuk mencoba mengusir para pemukim, itu bisa menjadi bencana yang jauh lebih besar,” kata Seda.

Upacara pemakaman Sed'a dilaksanakan pada hari Jumat, di mana ia digotong melalui jalan-jalan sambil dibalut bendera Palestina.

Menteri Kesehatan Otoritas Palestina juga menyatakan bahwa warga sipil setempat lainnya juga ditembak dan terluka parah oleh para pemukim.

Kementerian Luar Negeri Palestina menyebut serangan itu sebagai "terorisme negara terorganisasi," menggambarkan amukan para pemukim sebagai eskalasi serius dalam kejahatan yang sedang berlangsung terhadap warga Palestina. Kementerian itu menuntut "sanksi pencegahan terhadap sistem kolonial rasis, pembubaran geng-geng pemukim teroris, dan penuntutan terhadap anggota-anggotanya."

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #kalah #kejam #dari #pemukim #israel #bakar #rumah #warga #palestina #tembak #mati #seorang #pemuda

KOMENTAR