Bobot Kim Jong Un Naik Drastis hingga Obesitas, Pejabat Korut Kelimpungan Cari Obat Luar Negeri
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (KCNA/ Reuters)
15:20
31 Juli 2024

Bobot Kim Jong Un Naik Drastis hingga Obesitas, Pejabat Korut Kelimpungan Cari Obat Luar Negeri

Para pejabat Korea Utara sedang mencoba untuk mendapatkan obat-obatan baru di luar negeri untuk pemimpin negara mereka Kim Jong-un, demikian klaimnya.

Badan mata-mata utama Korea Selatan, Badan Intelijen Nasional (NIS), membahas bobot Kim dengan anggota parlemen dari negaranya selama pengarahan tertutup.

Pemimpin negara pertapa itu diperkirakan telah kembali memiliki berat badan 308 pon (sekitar 140kg) seperti sebelum penurunan berat badannya yang dramatis tiga tahun lalu, yang kemungkinan besar disebabkan oleh perubahan pola makan, kata salah satu peserta pertemuan tersebut.

Kim Jong Un Menangis Minta Para Ibu Giat Bereproduksi. (KCNA)Kim Jong Un Menangis Minta Para Ibu Giat Bereproduksi. (KCNA)

Anggota parlemen Korea Selatan Lee Seong Kweun melanjutkan dengan menyebut NIS yakin bahwa Kim Jong Un, yang dikenal sebagai peminum berat dan perokok, kini termasuk dalam kelompok berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Atlet Korea Utara Tiba di Paris usai Absen di Olimpiade Tokyo, Bagaimana Nasib 'Unifikasi Korea'?

NIS dilaporkan menambahkan bahwa Kim telah mengetahui gejala tekanan darah tinggi dan diabetes sejak awal usia 30-an. Badan tersebut kini dilaporkan telah memperoleh informasi intelijen bahwa para pejabat Korea Utara sedang berjuang untuk mendapatkan obat baru untuk dugaan masalah kesehatannya.

Korea Utara merupakan negara yang sangat terisolasi dan salah satu negara yang paling tertutup di dunia, sehingga sangat sulit untuk mengetahui dengan tepat kondisi dan kondisi kesehatan Kim.

Bahkan berat badan Kim hanya dapat ditentukan melalui keterangan pengamat dan rekaman negara, tanpa konfirmasi resmi.

Demikian pula, tidak mungkin untuk memastikan usianya, karena negara yang tertutup itu tidak pernah benar-benar mengungkapkan hari ulang tahun Kim – meskipun ia diyakini telah berusia 40 tahun pada tahun ini.

Kim diyakini memiliki tinggi sekitar 5'7'' dan berasal dari keluarga dengan riwayat masalah jantung. Baik kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong-il diyakini meninggal karena masalah jantung.

Baca Juga: 'Surga bagi Rakyat', Kim Jong Un Serukan Misi Suci di Peringatan Perang Korea

Perhatian NIS terhadap kemungkinan kondisi kesehatan Kim muncul ketika Pyongyang meningkatkan retorika militernya terhadap AS dan Korea Selatan serta memperkuat hubungannya dengan Rusia.

Presiden Korut-Kim Jong Un (Pixabay)Presiden Korut-Kim Jong Un (Pixabay)

Meskipun negara tersebut sedang memodernisasi dan mengembangkan persenjataan nuklirnya, Kim belum secara resmi menunjuk penggantinya.

Para analis percaya bahwa kemunculan Kim di hadapan publik bersama putrinya yang masih remaja, Kim Ju-ae, mungkin menandakan bahwa ia memperkuat status putrinya sebagai pewaris takhta - namun NIS tidak mengesampingkan bahwa putrinya pada akhirnya akan digantikan sebagai penerus ayahnya oleh salah satu saudara kandungnya. .

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #bobot #jong #naik #drastis #hingga #obesitas #pejabat #korut #kelimpungan #cari #obat #luar #negeri

KOMENTAR