'Kami Ada dan Akan Tetap Ada!', Semangat Membara Atlet Palestina di Olimpiade Paris 2024 Banjir Dukungan
Dukungan untuk palestina (freepik)
15:32
27 Juli 2024

'Kami Ada dan Akan Tetap Ada!', Semangat Membara Atlet Palestina di Olimpiade Paris 2024 Banjir Dukungan

Atlet Olimpiade Palestina disambut dengan sorak sorai penonton serta hadiah makanan dan bunga mawar saat mereka tiba di Paris pada hari Kamis, siap untuk mewakili Gaza yang dilanda perang dan wilayah lainnya di panggung global.

Saat para atlet berjalan melewati lautan bendera Palestina di bandara utama Paris, mereka berharap kehadiran mereka akan menjadi simbol di tengah perang Israel-Hamas yang telah merenggut lebih dari 39.000 nyawa warga Palestina.

Para atlet, pendukung Perancis dan politisi yang hadir mendesak negara Eropa untuk mengakui negara Palestina, sementara yang lain menyatakan kemarahan mereka atas kehadiran Israel di Olimpiade tersebut setelah para ahli hak asasi manusia yang didukung oleh PBB mengatakan pemerintah Israel bertanggung jawab atas “kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan. ”

Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Instagram/olympics)Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Instagram/olympics)

Laporan yang sama mengatakan militan Palestina melakukan kejahatan perang pada bulan-bulan pertama perang di Gaza, yang dimulai setelah Hamas melancarkan serangan mematikan terhadap Israel pada 7 Oktober. Israel telah menolak tuduhan dari para ahli independen.

Baca Juga: 4 Hal Menarik Seputar Pembukaan Olimpiade Paris 2024, Celine Dion Comeback

Prancis tidak mengakui Palestina sebagai sebuah negara, jadi saya di sini untuk mengibarkan benderanya,” kata Yazan Al-Bawwab, perenang Palestina berusia 24 tahun yang lahir di Arab Saudi. “Kami tidak diperlakukan seperti manusia, jadi ketika kami datang untuk berolahraga, orang-orang menyadari bahwa kami setara dengan mereka.”

“Kami adalah 50 juta orang yang tidak memiliki negara,” tambahnya.

Al-Bawwab, salah satu dari delapan atlet di tim Palestina, menandatangani tanda tangan untuk para pendukung dan mengambil kurma dari piring yang diberikan oleh seorang anak di antara penonton.

Teriakan “bebaskan Palestina” yang bergema di bandara Charles de Gaulle di Paris menunjukkan bagaimana konflik dan ketegangan politik terjadi selama Olimpiade. Dunia berkumpul di Paris pada saat pergolakan politik global, berbagai perang, migrasi bersejarah, dan krisis iklim yang semakin parah, semua isu ini menjadi topik utama perbincangan di Olimpiade.

Pada bulan Mei, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dia bersiap untuk secara resmi mengakui negara Palestina tetapi langkah tersebut harus “dilakukan pada saat yang tepat” ketika emosi tidak terlalu memuncak. Hal ini memicu kemarahan beberapa orang, seperti Ibrahim Bechrori, warga Paris berusia 34 tahun, yang termasuk di antara puluhan pendukung yang menunggu untuk menyambut para atlet Palestina di bandara.

Baca Juga: Sejumlah Hal Yang Perlu Diketahui Terkait Sabotase Kereta Jelang Olimpiade Paris

“Saya di sini untuk menunjukkan kepada mereka bahwa mereka tidak sendirian, mereka didukung,” kata Bechrouri. Kehadiran mereka di sini “menunjukkan bahwa rakyat Palestina akan terus ada, bahwa mereka tidak akan terhapuskan. Hal ini juga berarti bahwa meski menghadapi situasi yang mengerikan, mereka tetap tangguh. Mereka masih menjadi bagian dari dunia dan akan tetap ada.”

Duta Besar Palestina untuk Prancis Hala Abou menyerukan agar Prancis secara resmi mengakui negara Palestina dan memboikot delegasi Olimpiade Israel. Abou sebelumnya mengatakan dia telah kehilangan 60 kerabatnya dalam perang tersebut.

“Sambutan ini tidak mengejutkan bagi rakyat Prancis, yang mendukung keadilan, mendukung rakyat Palestina, mendukung hak mereka untuk menentukan nasib sendiri,” katanya.

Pembawa obor terlihat di Museum Louvre selama upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 di Paris pada 26 Juli 2024.Xia Yifang / POOL / AFPPembawa obor terlihat di Museum Louvre selama upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 di Paris pada 26 Juli 2024.Xia Yifang / POOL / AFP

Seruan untuk pengakuan tersebut muncul hanya sehari setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan pidato pedas di depan Kongres saat berkunjung ke Washington, yang disambut dengan protes. Dia menyatakan bahwa dia akan mencapai “kemenangan total” melawan Hamas dan menyebut mereka yang memprotes perang di kampus-kampus dan tempat lain di AS sebagai “orang bodoh yang berguna” bagi Iran.

Kedutaan Besar Israel di Paris menyampaikan pendapat serupa dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) dalam “keputusan untuk memisahkan politik dari Olimpiade.”

“Kami menyambut Olimpiade dan delegasi kami yang luar biasa ke Prancis. Kami juga menyambut baik partisipasi seluruh delegasi asing,” tulis KBRI dalam pernyataannya kepada The Associated Press. “Para atlet kami berada di sini dengan bangga mewakili negara mereka, dan seluruh negara mendukung mereka.”

AP telah melakukan berbagai upaya untuk berbicara dengan atlet Israel namun tidak berhasil.

Bahkan dalam situasi terbaik sekalipun, sulit untuk mempertahankan program pelatihan Olimpiade yang aktif di Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur. Hal ini hampir mustahil terjadi dalam sembilan bulan perang antara Israel dan Hamas karena sebagian besar infrastruktur olahraga di negara tersebut telah hancur.

Di antara diaspora Palestina yang besar di seluruh dunia, banyak atlet di tim tersebut lahir atau tinggal di tempat lain, namun mereka sangat peduli dengan politik tanah air orang tua dan kakek-nenek mereka. Di antara mereka adalah perenang Palestina-Amerika Valerie Tarazi, yang membagikan keffiyeh tradisional kepada para pendukungnya di sekitarnya pada hari Kamis.

“Anda bisa hancur di bawah tekanan atau menggunakannya sebagai energi,” katanya. “Saya memilih untuk menggunakannya sebagai energi.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kami #akan #tetap #semangat #membara #atlet #palestina #olimpiade #paris #2024 #banjir #dukungan

KOMENTAR