Kunjungi Museum, Mahasiswa Lapar Makan Karya Seni Pisang Seharga Rp1,7 Miliar!
Ilustrasi pisang (Pexels/AleksandarPasaric)
15:44
11 Juli 2024

Kunjungi Museum, Mahasiswa Lapar Makan Karya Seni Pisang Seharga Rp1,7 Miliar!

Aksi seorang pengunjung museum di Korea Selatan baru-baru menuai perhatian. Pengunjung yang mengaku lapar tersebut menyantap karya seni pisang Maurizio Cattelan, berjudul “Comedian,” yang diperkirakan bernilai $120,000.

Ia adalah Noh Huyn-soo, seorang mahasiswa seni Korea Selatan yang mengunjungi Museum Seni Leeum di Seoul dan dilaporkan memakan karya seni tersebut hanya karena dia melewatkan sarapan dan lapar. Ia kemudian menempelkan kembali kulit pisang tersebut ke dinding museum.

Video yang memperlihatkan Noh sedang memakan karya seni tersebut dengan cepat beredar di media sosial.

Walau demikian pihak museum tidak mengambil tindakan hukuman terhadap Noh melainkan mengganti kulit pisang dengan pisang segar. Biasanya, pihak museum mengganti pisang setiap dua hingga tiga hari sekali.

Baca Juga: Main Judi Online hingga IPK Jeblok, Disdik DKI Coret Ribuan Penerima KJMU: Jangan Sia-siakan Kesempatan Kuliah!

Mereka juga mengaku tidak memiliki rencana untuk menuntut ganti rugi atau mengajukan tuntutan terhadap siswa tersebut.

“Kejadiannya tiba-tiba, jadi tidak ada tindakan khusus. Seniman tersebut diberitahu tentang kejadian tersebut tetapi dia tidak bereaksi apa pun terhadapnya,” kata juru bicara museum kepada CNN.

Ini bukan pertama kalinya penonton yang lapar menyantap “Komedian”. Pada tahun 2019, seniman pertunjukan David Datuna mengambil pisang dari dinding di Galeri Perrotin di Art Basel di Miami dan memakan buah tersebut di depan penonton yang terkejut.

Namun bagi sang seniman, Maurizio Cattelan, seringnya mengonsumsi karyanya “tidak menjadi masalah”.

Cattelan mengakui bahwa karyanya sebagian besar bersifat satir dan mengolok-olok absurditas budaya populer. Bahkan bagi mereka yang telah memahami karya seninya, seperti David Datuna, karya seni Cattelan adalah produk “jenius”, lapor The Guardian.

Baca Juga: LEKAT: Azidna: Atasi Tantangan Merintis Bisnis saat Masih Kuliah

Karya Cattelan sebelumnya termasuk “America,” sebuah toilet emas 18 karat senilai lebih dari $6 juta, dan “Il Dito,” sebuah patung jari tengah yang terletak di seberang bursa saham Milan.

Dalam kasus “Komedian”, Galeri Perrotin mengatakan kepada CNN bahwa pisang adalah “simbol perdagangan global, makna ganda, serta alat klasik untuk humor.” Cattelan menggunakan objek sehari-hari dalam karya seninya sebagai “kendaraan kesenangan sekaligus kritik.”

Noh tampaknya menemukan makna tersendiri dalam karya seni tersebut, dan mengatakan kepada Korea Herald bahwa “merusak karya seni modern juga dapat [ditafsirkan sebagai] karya seni.”

“Kupikir itu akan menarik…bukankah itu ditempel di sana untuk dimakan?” Noh mempertanyakan Korea Herald.

Para pengamat acara tersebut mencatat bahwa karya Cattelan, meskipun bersifat komedi dan sering kali menjadi kritik terhadap politik dan masyarakat, masih menghasilkan jutaan dolar bagi sang seniman.

Salinan pertama “Komedian” di Miami Art Basel dijual seharga $120.000, dan salinan kedua dijual dengan harga yang sama. Museum menjual salinan lainnya dengan harga $150.000.

“Saya telah bepergian ke 67 negara di seluruh dunia dalam tiga tahun terakhir, dan saya melihat bagaimana kehidupan masyarakat,” kata David Datuna kepada The Guardian. “Jutaan orang sekarat tanpa makanan. Lalu dia menaruh tiga buah pisang di dinding seharga setengah juta dolar?”

Setelah debut “Comedian” di Miami Art Basel, banyak yang menyatakan kekecewaannya karena karya tersebut terjual ribuan dolar dan bahkan dianggap sebagai karya seni.

Beberapa individu, perusahaan, dan organisasi secara terbuka mengejek artikel tersebut secara online:

Dengan mengingat kritik-kritik ini, mungkin masuk akal mengapa beberapa orang ingin mencoba karya yang menurut Art Net menarik “garis antara dunia seni dan anarki total.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kunjungi #museum #mahasiswa #lapar #makan #karya #seni #pisang #seharga #rp17 #miliar

KOMENTAR