Raja Charles Dikabarkan Segera Melanjutkan Tugas-Tugasnya di Publik Usai Diagnosis Kanker
Istana Buckingham membagikan foto terbaru Raja Charles dan Ratu Camilla (26/4)./ New York Post
19:30
27 April 2024

Raja Charles Dikabarkan Segera Melanjutkan Tugas-Tugasnya di Publik Usai Diagnosis Kanker

 

 - Raja Charles akan melanjutkan tugas-tugas publiknya pekan depan, setelah didiagnosa menderita kanker, demikian diungkapkan Istana Buckingham pada hari Jumat (26/4).

"Yang Mulia Raja akan segera kembali ke tugas-tugas yang berhubungan dengan publik setelah masa perawatan, dan penyembuhan setelah diagnosis kanker baru-baru ini," kata pihak istana dalam sebuah pernyataan singkat, dikutip dari New York Post.

Namun tidak ada berita lebih lanjut, apakah pria berusia 75 tahun itu masih menjalani perawatan untuk melawan penyakit kankernya.

Menurut pihak istana, untuk menandai kembalinya ke publik Raja Charles dan Ratu Camilla, akan mengunjungi pusat perawatan kanker pada hari Selasa (30/4).   "Kunjungan ini akan menjadi yang pertama dari sejumlah kunjungan ke luar negeri, yang akan dilakukan Yang Mulia dalam beberapa minggu kedepan," kata pihak istana.

"Selain itu, Raja dan Ratu akan menjadi tuan rumah bagi Yang Mulia Kaisar dan Permaisuri Jepang untuk Kunjungan Kenegaraan pada bulan Juni, atas permintaan Pemerintah HM."   Sebuah foto baru dari Raja Charles yang tersenyum, dan bergandengan tangan dengan istrinya juga dirilis pada hari yang sama pengumuman diumumkan.  



"Menjelang ulang tahun pertama Penobatan, Yang Mulia tetap sangat berterima kasih atas banyak kebaikan."   "Serta harapan baik yang telah mereka terima dari seluruh dunia, selama kegembiraan dan tantangan di tahun lalu," kata pihak istana.

Hal ini terjadi setelah penobatan, Raja mulai menjalani rawat jalan pada bulan Februari 2023. Sehingga Raja terpaksa mengerem sebagian besar agenda kerajaan, untuk fokus pada kesehatannya.

Menurut informan orang dalam, sang Raja merespons pengobatan dengan sangat baik.    Kesehatannya dilaporkan memburuk secara signifikan dalam beberapa minggu terakhir, sehingga membuatnya dalam kondisi tidak sehat.   Raja Charles juga dilaporkan merasa frustasi dengan wajah kerajaan saat ini, setelah beberapa masalah kesehatan yang melanda keluarganya dalam beberapa bulan terakhir.

Hanya satu bulan setelah mengungkapkan diagnosis kankernya kepada dunia, menantunya, Kate Middleton mengungkapkan bahwa dia juga sedang berjuang melawan kanker.

Ketika dua anggota senior kerajaan menjalani perawatan untuk diagnosa masing-masing, keluarga kerajaan terpaksa menjalani perombakan besar-besaran.  

  Dikutip dari New York Post, gangguan kesehatan serius keluarga kerajaan ini terjadi kurang dari setahun, setelah penobatan Raja pada bulan Mei tahun lalu.

Terlebih lagi, pihak Istana selalu memberikan informasi terbaru tentang rencana pemakaman Charles yang akan datang, dengan beberapa sumber mengatakan kepada Daily Beast bahwa situasinya sedang tidak baik.   "Tentu saja ia bertekad untuk mengalahkannya (penyakit kanker) dan mereka mengerahkan segalanya."    "Semua orang tetap optimis, tetapi dia benar-benar tidak sehat. Lebih dari yang mereka katakan," sebuah sumber yang digambarkan sebagai teman lama keluarga kerajaan mengatakan kepada media.

Berita tentang diagnosis Charles terungkap pada bulan Februari, setelah ia menjalani prosedur pembesaran prostat. Disana, dokter menemukan masalah yang perlu diperhatikan dan memerlukan perawatan.

Istana Buckingham kemudian mengklarifikasi bahwa kanker tersebut bukanlah kanker prostat.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #raja #charles #dikabarkan #segera #melanjutkan #tugas #tugasnya #publik #usai #diagnosis #kanker

KOMENTAR