+972 Magazine: Israel Pakai AI Buat Tentutan Target Pengeboman di Gaza
+972 Magazine dan Local Call ungkap militer Israel menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu mereka menentukan target sasaran pemboman di Gaza 
14:40
4 April 2024

+972 Magazine: Israel Pakai AI Buat Tentutan Target Pengeboman di Gaza

Laporan dari +972 Magazine dan Local Call mengungkapkan bahwa militer Israel menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu mereka menentukan target sasaran pemboman di Gaza.

Dikutip CNN, laporan tersebut dihasilkan dari mengutip enam pejabat intelijen Israel yang diduga terlibat dalam program tersebut.

Ketika ditanya soal laporan +972 Magazine, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tidak membantah keberadaan alat tersebut.

Tapi Zionis membantah menggunakan AI untuk mengidentifikasi target.

Dalam sebuah pernyataan panjang yang mereka bagikan, IDF menekankan bahwa “sistem informasi hanyalah alat bagi para analis dalam proses identifikasi sasaran".

Lagi-lagi, Israel mengaku berusaha untuk mengurangi korban warga sipil saat melancarkan serangan.

"Analis harus melakukan pemeriksaan independen, di mana mereka memverifikasi bahwa target yang diidentifikasi memenuhi definisi yang relevan, sesuai dengan hukum internasional dan batasan tambahan yan gditetapkan dalam arahan IDF," urai Pasukan Pertahanan Israel.

Tapi kemudian, muncul seorang pejabat yang mengatakan kepada +972 Magazine bahwa personel manusia seringkali cuma 'stempel' buat menutupi keputusan mesin.

"Biasanya hanya menghabiskan waktu sekitar 20 detik untuk setiap sasaran, memastikan mereka laki-laki, sebelum melepaskan pemboman," terang pejabat itu.

Penulis investigasi tersebut, Yuval Abraham sebelumnya mengatakan kepada CNN pada Januari 2024 kemarin tentang 

Investigasi ini dilakukan di tengah meningkatnya pengawasan internasional terhadap kampanye militer Israel.

Pengepungan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 32.916 orang, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, dikutip dari Al Jazeera.

Perang sejak 7 Oktober 2023 telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang semakin parah di mana hampir  tiga perempat  penduduk di Gaza utara menderita kelaparan yang sangat parah, menurut laporan PBB.

Serangan malam hari

Majalah tersebut juga melaporkan bahwa tentara Israel “secara sistematis menyerang” sasaran di rumah mereka, biasanya pada malam hari ketika seluruh keluarga hadir.

“Hasilnya, seperti yang disaksikan oleh sumber-sumber tersebut, adalah ribuan warga Palestina – kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan anak-anak atau orang-orang yang tidak terlibat dalam pertempuran – musnah akibat serangan udara Israel, terutama pada minggu-minggu pertama perang, karena serangan Israel. Keputusan program AI,” tulis laporan itu.

Laporan serupa sudah dipublikasikan Desember 2023

Berdasarkan artikel yang diterbitkan NPR pada 14 Desember 2023, topik serupa juga pernah diberitakan.

Pasukan Israel telah menyerang puluhan ribu bangunan di Gaza dalam kampanyenya untuk memusnahkan Hamas sejak 7 Oktober 2023.

Para pejabat Israel bersikeras bahwa mereka memilih target dengan hati-hati, dan mengklaim menggunakan kecerdasan buatan (AI) dalam menentukan target.

"AI mungkin bekerja pada semua hal ini, termasuk rekaman drone atau gambar satelit," ungkap Geoff Brumfiel dari NPR.

Profil singkat +972 Magazine 

Menurut Wikipedia, +972 Magazine adalah majalah online berita dan opini sayap kiri.

Situs berita ini didirikan pada Agustus 2010 oleh sekelompok empat penulis Israel di Tel Aviv.

Salah satu pentolan +972 Magazine, CEO Noam Sheizaf, sekitar 20 persen pembacanya adalah orang Israel.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #magazine #israel #pakai #buat #tentutan #target #pengeboman #gaza

KOMENTAR