Netanyahu Berulah, Setujui Rencana Serangan Rafah ketika Kapal Bantuan Mencapai Gaza
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) mendengarkan menteri transportasi Yisrael Katz selama rapat kabinet mingguan di kantornya di Yerusalem pada 26 September 2017. -- Ketika kapal yang mengangkut bantuan makanan untuk warga Gaza tiba, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu malah menyetujui rencana serangan ke Rafah. 
08:20
16 Maret 2024

Netanyahu Berulah, Setujui Rencana Serangan Rafah ketika Kapal Bantuan Mencapai Gaza

Kapal bantuan pertama yang mengangkut bantuan kemanusiaan ke Gaza telah tiba.

Kapal asal Spanyol itu meninggalkan Siprus pada Selasa (12/3/2024) dengan membawa 200 ton makanan, dan tiba di Gaza pada Jumat (15/3/2024).

Pengiriman ini merupakan uji coba rute bantuan baru melalui laut dari Siprus menuju wilayah Palestina.

Namun ketika kapal tersebut berhasil berlabuh di Gaza, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyetujui rencana serangan terhadap Rafah.

Netanyahu membuat keputusan tersebut setelah pertemuan kabinet perang Israel untuk membahas proposal baru dari Hamas untuk gencatan senjata.

Dikutip dari The Guardian, dalam proposal tersebut, Hamas memberikan tawaran untuk membebaskan sandera perempuan Israel, anak-anak, orang tua, dan orang sakit sebagai tahap pertama.

Proposal tersebut, yang muncul setelah perundingan terhenti selama sekitar 10 hari, tampaknya memungkinkan penghentian permusuhan secara definitif.

Kantor Netanyahu menggambarkan tuntutan baru tersebut sebagai "tidak realistis", namun mengatakan bahwa delegasi Israel akan berangkat ke Qatar.

Para pengamat mengatakan pengumuman baru tentang rencana menyerang Rafah mungkin dimaksudkan untuk memberikan tekanan pada Hamas selama pembicaraan.

Kantor Netanyahu mengatakan tentara Israel sedang mempersiapkan "masalah operasional" dan evakuasi penduduk sipil dari Rafah. Tidak ada batas waktu yang diberikan untuk serangan tersebut.

Diperlukan waktu berminggu-minggu untuk mempersiapkan kekuatan besar yang diperlukan untuk menghadapi beberapa ribu militan Hamas yang menurut para pejabat Israel bermarkas di Rafah.

Presiden AS, Joe Biden menyebut serangan terhadap Rafah sebagai "garis merah" jika dilakukan tanpa tindakan pencegahan yang memadai untuk melindungi warga sipil.

Hanya sedikit pengamat yang yakin dengan janji pejabat militer Israel untuk menciptakan zona terlindungi untuk melindungi sejumlah besar warga sipil yang akan dievakuasi dari kota tersebut sebelum terjadinya serangan.

Para pejabat di Israel telah berulang kali mengatakan bahwa menghancurkan sisa pasukan Hamas di Rafah adalah hal yang penting untuk mencapai tujuan perang mereka.

Pengiriman Bantuan Lewat Laut Disebut Sukses

World Central Kitchen (WCK), yang memasok bantuan makanan di Gaza, bekerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA), untuk mengirimkan muatan beras, tepung, kacang-kacangan, sayuran kaleng, dan protein kaleng melalui tongkang.

Gaza tidak memiliki pelabuhan yang berfungsi, sehingga dermaga yang berasal dari garis pantai dibangun oleh tim WCK.

Hingga saat ini, bagaimana makanan akan didistribusikan di Gaza masih belum jelas.

Pendiri WCK, chef selebriti José Andrés mengatakan seluruh bantuan makanan dari tongkang telah dimuat ke dalam 12 truk.

"Kita berhasil!" tulis Andrés melalui media sosial X, dikutip dari BBC.

Andrés menambahkan bahwa ini adalah ujian untuk melihat apakah mereka dapat memberikan lebih banyak bantuan pada pengiriman berikutnya – hingga "ribuan ton seminggu".

Dalam sebuah pernyataan, Israel mengatakan kapal Open Arms dan muatannya diperiksa di Siprus, dan pasukan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah dikerahkan untuk mengamankan garis pantai.

Badan amal Open Arms, yang mengoperasikan kapal tersebut, membagikan video derek tersebut pada Jumat malam, saat tim bekerja sepanjang malam untuk membawa bantuan ke lahan kering.

Pengiriman ini sangat dinanti sejak kapal berangkat dari pelabuhan di Larnaca pada Selasa.

Kapal Open Arms dari Spanyol Kapal Open Arms dari Spanyol (Tangkapan Layar Video X/Twitter)

Jika misi laut ini dianggap berhasil, kapal bantuan lainnya kemungkinan akan menyusul sebagai bagian dari upaya internasional untuk menyalurkan lebih banyak bantuan ke Gaza.

Kapal-kapal tersebut akan menggunakan jalur laut yang baru dibuka untuk melakukan perjalanan langsung ke wilayah tersebut.

Secara terpisah, AS berencana membangun dermaga apung sendiri di lepas pantai untuk meningkatkan pengiriman melalui laut.

Gedung Putih mengatakan dua juta makanan sehari akan memasuki Gaza, namun ketika sebuah kapal militer sedang dalam perjalanan dengan peralatan untuk membangun dermaga, masih ada pertanyaan mengenai logistik rencana tersebut.

Operasi militer dan rusaknya tatanan sosial telah sangat menghambat distribusi bantuan.

Sementara produksi pangan di Gaza sendiri sangat terkena dampaknya, dengan pertanian, toko roti, dan pabrik hancur atau tidak dapat diakses.

Cara tercepat dan paling efektif untuk menyalurkan bantuan ke wilayah tersebut adalah melalui jalan darat, namun lembaga bantuan mengatakan pembatasan yang dilakukan Israel berarti hanya sedikit bantuan yang bisa masuk.

Program Pangan Dunia (WFP) harus menghentikan sementara pengiriman tanah setelah konvoi mendapat tembakan dan penjarahan.

Dan serangan udara berubah menjadi mematikan minggu lalu ketika lima orang dilaporkan tewas ketika parasut gagal dan mereka terkena paket bantuan.

PBB telah memperingatkan bahwa kelaparan "hampir tidak bisa dihindari" di Gaza tanpa tindakan segera.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell menuduh Israel menciptakan bencana "buatan manusia" dan menggunakan kelaparan sebagai senjata perang.

Israel dengan keras membantah bahwa pihaknya bersalah atas kekurangan pangan di Gaza karena mengizinkan bantuan melalui dua penyeberangan di selatan.

Sebaliknya, mereka menyalahkan lembaga-lembaga bantuan atas kegagalan logistik.

Serangan militer Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 31.341 orang, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #netanyahu #berulah #setujui #rencana #serangan #rafah #ketika #kapal #bantuan #mencapai #gaza

KOMENTAR