AS Menolak Menekan Israel, Bantuan Udara AS yang Masuk ke Gaza Hanyalah 'Teater' Kata Kelompok Ini
Pesawat kargo militer Amerika Serikat menjatuhkan makanan ke Gaza melalui udara, yang merupakan rangkaian bantuan pertama yang dijatuhkan ketika kelompok kemanusiaan mengkritik Israel karena memblokir akses ke jalur yang terkepung dan dibombardir. 
08:20
4 Maret 2024

AS Menolak Menekan Israel, Bantuan Udara AS yang Masuk ke Gaza Hanyalah 'Teater' Kata Kelompok Ini

AS bergabung dengan negara-negara lain dalam mengirimkan bantuan ke Gaza melalui udara pada tanggal 2 Maret.

Upaya Amerika Serikat itu digambarkan oleh beberapa kelompok bantuan sebagai "teater" yang berkontribusi terhadap kekacauan di lapangan.

Padahal Amerika Serikat sangat mampu untuk menghentikan kerusakan dan pembantaian Israel di Gaza.

Upaya Amerika Serikat itu tidak banyak mencegah kelaparan yang ditimbulkan Israel terhadap 2,3 juta warga Palestina.

Bantuan kemanusiaan Amerika Serikat yang masuk ke Gaza hanyalah 'teater' kata kelompok bantuan.

AS menolak menekan Israel agar mengizinkan lebih banyak konvoi bantuan ke Gaza melalui jalur darat, yang merupakan satu-satunya cara untuk menghindari kelaparan, kata kelompok bantuan.

AS bergabung dengan negara-negara lain dalam mengirimkan bantuan ke Gaza melalui udara pada tanggal 2 Maret.

Sebuah upaya yang digambarkan oleh kelompok bantuan sebagai "teater" yang berkontribusi terhadap kekacauan di lapangan.

Upaya ini tidak banyak mencegah kelaparan yang ditimbulkan Israel terhadap 2,3 juta warga Palestina.

Dalam gambar yang diperoleh dari Departemen Pertahanan AS, loadmaster Angkatan Udara AS melepaskan paket bantuan kemanusiaan berupa makanan dan air di Gaza, 2 Maret 2024. - Sekutu utama Israel, AS, mengatakan pihaknya mulai menjatuhkan bantuan melalui udara ke Gaza yang dilanda perang pada tanggal 2 Maret 2024, ketika kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas melaporkan lebih dari selusin kematian anak akibat kekurangan gizi. (Photo by Christopher HUBENTHAL / US Department of Defense / AFP) Dalam gambar yang diperoleh dari Departemen Pertahanan AS, loadmaster Angkatan Udara AS melepaskan paket bantuan kemanusiaan berupa makanan dan air di Gaza, 2 Maret 2024. - Sekutu utama Israel, AS, mengatakan pihaknya mulai menjatuhkan bantuan melalui udara ke Gaza yang dilanda perang pada tanggal 2 Maret 2024, ketika kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas melaporkan lebih dari selusin kematian anak akibat kekurangan gizi. (Photo by Christopher HUBENTHAL / US Department of Defense / AFP) (AFP/CHRISTOPHER HUBENTHAL)

Komando Pusat AS mengumumkan pada hari Sabtu bahwa pesawat C-130 Angkatan Udara, yang bekerja sama dengan angkatan udara Yordania, menjatuhkan kontainer yang berisi lebih dari 38.000 makanan ke daerah kantong yang terkepung.

Kontainer-kontainer itu dijatuhkan dengan parasut di atas garis pantai Mediterania di daerah kantong yang terkepung itu untuk memungkinkan akses warga sipil terhadap bantuan penting, kata Komando Pusat.

Selama seminggu terakhir, Yordania, Mesir, UEA, dan Prancis telah membuang banyak sekali makanan siap saji, popok, dan persediaan penting lainnya.

Namun menjatuhkan bantuan dari pesawat adalah cara yang mahal dan tidak efisien untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 2 juta orang di Gaza, termasuk ratusan ribu orang yang berada di ambang kelaparan, The Washington Post melaporkan pada hari Minggu.

Untuk mencegah kelaparan yang diciptakan Israel di Gaza, AS harus menggunakan pengaruhnya untuk memaksa Israel membuka penyeberangan darat untuk konvoi bantuan.

Philippe Lazzarini, kepala UNRWA, badan utama PBB untuk urusan Palestina, menggambarkan bantuan udara sebagai “cara terakhir dan cara yang sangat mahal untuk memberikan bantuan.”

“Saya tidak berpikir bahwa pengiriman makanan melalui udara di Jalur Gaza seharusnya menjadi jawaban saat ini,” tambah Lazzarini.

“Jawaban sebenarnya adalah: membuka penyeberangan dan mendatangkan konvoi serta bantuan medis ke Jalur Gaza.”

Janti Soeripto, ketua Save the Children, menyebut serangan udara di Gaza sebagai "teater" yang memicu kekacauan di lapangan.

“Anda tidak bisa menjamin siapa yang mendapatkannya dan siapa yang tidak,” jelasnya.

"Anda tidak bisa menjamin di mana barang-barang tersebut akan berakhir. Anda mungkin membahayakan orang-orang," termasuk anak-anak yang mengarungi laut untuk mencoba mengambil paket-paket berat tersebut.

Pengiriman bantuan AS terjadi satu hari setelah Israel melepaskan tembakan dan menewaskan lebih dari 100 warga Palestina yang putus asa yang berusaha menerima karung tepung dari salah satu dari sedikit konvoi bantuan untuk mencapai Gaza utara.

Electronic Intifada mencatat bahwa “Apa yang dipasarkan sebagai bantuan baik sama saja dengan teater bantuan kemanusiaan yang tidak melakukan apa pun untuk mengakhiri kampanye kelaparan yang sistematis dan disengaja yang dilakukan Israel dan sekutu Amerika dan Eropa, dengan keterlibatan rezim regional, yang dilancarkan terhadap Palestina. "

Dengan berpartisipasi dalam program ini, negara-negara Arab "menyediakan liputan hubungan masyarakat bagi negara-negara yang terlibat langsung dalam genosida Israel terhadap warga Palestina di Gaza," tambah outlet berita tersebut.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengakui bahwa operasi udara pengiriman bantuan tersebut hanya dimaksudkan sebagai pelengkap karena "Anda tidak dapat meniru ukuran dan skala serta cakupan konvoi yang terdiri dari 20 atau 30 truk."

Meskipun demikian, Gedung Putih tidak melakukan upaya untuk memaksa Israel mengizinkan lebih banyak konvoi ke Gaza dan terus memasok senjata ke Tel Aviv untuk kampanyenya yang telah menewaskan lebih dari 30.000 warga Palestina, mayoritas perempuan dan anak-anak.

Di saat yang sama, Israel sengaja memastikan bantuan tidak sampai ke Gaza.

Pada bulan Februari, menteri Israel Benny Gantz dan Gadi Eisenkot mengusulkan pengurangan pasokan [bantuan] - sebagai bagian dari tekanan untuk membangun mekanisme lain di Jalur Gaza dan juga sebagai bagian dari langkah untuk memulangkan para sandera.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #menolak #menekan #israel #bantuan #udara #yang #masuk #gaza #hanyalah #teater #kata #kelompok

KOMENTAR