Krisis Kemanusiaan! Presiden Turki Sebut PBB dan Barat hanya Menonton Kejahatan Israel di Gaza
Erdogan berikan kritikan pedasnya terhadap PBB dan negara-negara Barat yang hanya menonton perang Israel di Gaza /(Sumber Foto : Anadolu Agency)
15:18
26 Februari 2024

Krisis Kemanusiaan! Presiden Turki Sebut PBB dan Barat hanya Menonton Kejahatan Israel di Gaza

 

 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berikan kritikan pedasnya terhadap PBB dan negara-negara Barat, pada hari Sabtu (24/2) lalu.

Menurut Erdogan, PBB dan Barat hanya menonton kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel di Gaza selama 140 hari terakhir.

Dilansir melalui Anadolu Agency, Senin (26/2), pernyataan Erdogan disampaikan saat berbicara dalam pertemuan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) di provinsi barat laut Turkiye, Sarkaya.

Ia mengungkapkan penilaianya bahwa PBB dan negara Barat tidak memiliki keseriusan dalam mengupayakan gencatan senjata.

“Sedemikian rupa sehingga Dewan Kemanan PBB tidak dapat menyerukan gencatan senjata segera,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga menilai bahwa negara-negara Barat maupun PBB tidak membuat upaya yang berguna untuk mencegah kekerasan yang dilakukan oleh Israel.

“Baik kekuatan Barat maupun Dewan Keamanan PBB tidak membuat upaya yang berguna untuk mencegah kekerasan Israel di Gaza,” tambahnya.

Sebelumnya pada sidang DK PBB hari Selasa, Amerika Serika memberikan veto untuk ketiga kalinya dalam menggagalkan upaya pembicaraan gencatan senjata oleh negara-negara Arab yang di pimpin oleh Aljazair.

Pemungutan suara di dewan tersebut beranggotakan 15 negara, 13 negara yang mendukung, sedangkan Inggris Abstain dan AS menjadi satu-satunya negara yang menentang rancangan itu.

Kondisi di Gaza kini semakin kritis yang telah menewaskan 29.000 lebih nyawa dan Rafah menjadi daerah terakhir tempat warga Gaza untuk mencari perlindungan yang juga kini terus digempur oleh tentara Israel dimana lebih dari 1,4 juta orang ada disana.

Perang Israel di Gaza telah mendorong 85% populasi wilayah itu ke dalam perpindahan internal di tengah kekuarangan makanan, air bersih dan juga obat-obatan dan telah menewaskan lebih sementara itu 60% infrastruktur kantong telah rusak dan hancur menurut laporan PBB.

Israel telah menghantam Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas. Untuk pertama kalinya sejak didirikan pada tahun 1948, Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional badan peradilan tertinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa atas perang Gaza.

Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan Tindakan genosida dan mengambil Langkah-langkah untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #krisis #kemanusiaan #presiden #turki #sebut #barat #hanya #menonton #kejahatan #israel #gaza

KOMENTAR