Hamas Sebut Israel Lancarkan Lebih dari 70 Serangan ke Rumah Warga Sipil, Tewaskan 92 Orang
Gambar yang diambil pada 30 Januari 2024 ini menunjukkan tenda-tenda di tempat penampungan sementara bagi warga Palestina yang melarikan diri ke Rafah. Israel melancarkan lebih dari 70 serangan terhadap rumah-rumah warga sipil. 
13:40
25 Februari 2024

Hamas Sebut Israel Lancarkan Lebih dari 70 Serangan ke Rumah Warga Sipil, Tewaskan 92 Orang

- Kelompok Hamas mengatakan pasukan Israel telah melancarkan lebih dari 70 serangan terhadap rumah-rumah warga sipil dalam 24 jam terakhir.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, puluhan warga Palestina di Jalur Gaza tewas dalam serangan terbaru Israel, Sabtu (24/2/2024).

Menurut laporan AFP, serangan Israel menghantam rumah-rumah warga sipil di kota-kota termasuk Deir al-Balah, Khan Younis, dan Rafah selama 24 jam sebelumnya.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, sebanyak 92 orang tewas.

Militer Israel mengatakan, pihaknya mengintensifkan operasi di wilayah barat Khan Younis dengan menggunakan tank, tembakan jarak dekat, dan pesawat terbang.

“Para prajurit menggerebek kediaman seorang agen intelijen militer senior di daerah tersebut dan menghancurkan terowongan," kata Israel dalam sebuah pernyataan militer, Sabtu, dikutip dari The Guardian.

Adapun serangan itu terjadi setelah kepala mata-mata Israel bergabung dalam perundingan di Paris, untuk berupaya membuka blokir perundingan mengenai gencatan senjata.

Pembicaraan tersebut terjadi setelah rencana pembangunan Gaza pascaperang yang diungkapkan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuai kritik dari sekutu utamanya, Amerika Serikat (AS).

Pembangunan Gaza pascaperang juga ditolak oleh Hamas dan Otoritas Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Rencana Pascaperang yang Kontroversial

Pada Selasa (20/2/2024), Benjamin Netanyahu mengumumkan rencana untuk Gaza pascaperang yang urusan sipilnya dijalankan oleh pejabat Palestina yang tidak memiliki hubungan dengan Hamas, dilansir The Hindu.

Rencana tersebut menyatakan bahwa, bahkan setelah konflik, Tentara Israel akan memiliki 'kebebasan tanpa batas' untuk beroperasi di seluruh Gaza guna mencegah kebangkitan kembali aktivitas teror, menurut proposal tersebut.

Pernyataan itu juga menyebut, Israel akan melanjutkan rencana yang sudah berjalan, untuk membangun zona penyangga keamanan di dalam Gaza di sepanjang perbatasan wilayah tersebut.

Seorang pejabat senior Hamas, Osama Hamdan, mengatakan Netanyahu "menyajikan ide-ide yang dia tahu sepenuhnya tidak akan pernah berhasil”.

Sebagai informasi, Hamas merupakan gerakan Islam Palestina yang menguasai Gaza sejak 2007.

Di dekat kamp pengungsi Jabalia, kemarahan meningkat dan pada 23 Februari 2024, puluhan orang mengadakan protes dadakan.

Di kamp, ​​anak-anak yang basah kuyup menunggu dengan penuh harap, memegang wadah plastik dan panci masak yang sudah usang karena hanya tersedia sedikit makanan.

Warga mulai memakan sisa-sisa jagung busuk, pakan ternak yang tidak layak untuk dikonsumsi manusia, dan dedaunan.

Israel membela upayanya untuk mengirimkan bantuan ke Gaza, dengan mengatakan bahwa 13.000 truk yang membawa bantuan telah memasuki Gaza sejak dimulainya perang.

Badan kemanusiaan PBB, OCHA, mengatakan dalam sebuah laporan pada 23 Februari bahwa di Rafah, dekat perbatasan Mesir, orang-orang dilaporkan menghentikan truk bantuan untuk mengambil makanan, yang merupakan bentuk keputusasaan mereka.

Seorang gadis Palestina memeriksa kerusakan di reruntuhan sebuah bangunan di Rafah, di Jalur Gaza bagian selatan pada 12 Februari 2024. Seorang gadis Palestina memeriksa kerusakan di reruntuhan sebuah bangunan di Rafah, di Jalur Gaza bagian selatan pada 12 Februari 2024. (SAID KHATIB / AFP)

Setidaknya 29.606 warga Palestina telah tewas dan 69.737 terluka dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Lalu, revisi jumlah korban tewas di Israel akibat serangan 7 Oktober mencapai 1.139 orang.

Perang Israel di Gaza telah menyebabkan 85 persen penduduk wilayah tersebut mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Sementara, 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut telah rusak atau hancur.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha

Tag:  #hamas #sebut #israel #lancarkan #lebih #dari #serangan #rumah #warga #sipil #tewaskan #orang

KOMENTAR