Buat Klaim Palsu, Israel Tuduh Hizbullah Sembunyikan Uang-Emas Senilai Ratusan Juta Dolar di Bunker
Ilustrasi - Militer Israel pada Selasa (8/10/2024), mengumumkan penemuan terowongan Hizbullah yang menembus hingga wilayah Israel. Hizbullah dituduh telah menyembunyikan ratusan juta dolar dalam bentuk uang tunai dan emas di sebuah bunker. 
15:40
22 Oktober 2024

Buat Klaim Palsu, Israel Tuduh Hizbullah Sembunyikan Uang-Emas Senilai Ratusan Juta Dolar di Bunker

- Israel menyebut Hizbullah telah menyembunyikan ratusan juta dolar dalam bentuk uang tunai dan emas di sebuah bunker yang dibangun di bawah sebuah rumah sakit di Beirut, Lebanon.

Namun, klaim Israel tersebut langsung dibantah oleh Fadi Alameh, seorang anggota parlemen Lebanon dari partai Gerakan Amal Syiah dan direktur rumah sakit yang dimaksud yakni Al-Sahel.

Kepada Reuters, Fadi Alameh menyebut Israel telah membuat klaim palsu dan memfitnah.

Alameh mengatakan rumah sakit itu sedang dievakuasi.

Sementara, militer Israel mengatakan tidak akan menyerang fasilitas itu.

Reuters tidak dapat memverifikasi secara independen rincian yang diberikan oleh juru bicara utama militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, yang katanya telah dikumpulkan oleh intelijen Israel selama bertahun-tahun.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi, Hagari mengatakan mantan pemimpin Hizbullah, Sayyed Hassan Nasrallah, yang dibunuh Israel bulan lalu, telah membangun bunker yang dirancang untuk tempat tinggal yang lama.

“Ada ratusan juta dolar dalam bentuk uang tunai dan emas di dalam bunker saat ini."


"Saya menyerukan kepada pemerintah Lebanon, otoritas Lebanon, dan organisasi internasional — jangan biarkan Hizbullah menggunakan uang itu untuk teror dan menyerang Israel,” kata Hagari, Selasa (22/10/2024), dikutip dari Arab News.

“Angkatan Udara Israel sedang memantau kompleks itu, seperti yang Anda lihat. Namun, kami tidak akan menyerang rumah sakit itu sendiri,” jelasnya.

Israel Berencana Serang Lembaga Keuangan Hizbullah

Pada Senin (21/10/2024), Israel mengatakan pihaknya berencana untuk melakukan lebih banyak serangan di Lebanon terhadap lembaga keuangan yang dikelola Hizbullah.

Lembaga itu menjadi target Israel pada malam sebelumnya dan yang dikatakan menggunakan simpanan nasabah untuk membiayai serangan terhadap Israel.

Setidaknya 15 cabang Al-Qard Al-Hasan diserang pada Minggu (20/10/2024) malam di wilayah selatan Beirut, di Lebanon selatan, dan di Lembah Bekaa timur, tempat Hizbullah memiliki basis yang kuat.

Satu serangan menghancurkan gedung sembilan lantai di Beirut beserta cabang di dalamnya.

Militer Israel mengeluarkan peringatan evakuasi menjelang serangan, dan tidak ada laporan korban jiwa.

Wartawan Associated Press menyaksikan serangan udara pada Senin malam di wilayah pesisir Ouzai, dekat bandara Beirut.

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan, serangan udara di dekat rumah sakit umum terbesar di Beirut menewaskan empat orang, termasuk seorang anak, dan melukai 24 orang.

Itu adalah serangan pertama di ibu kota Lebanon dalam 10 hari.

Diketahui, pasukan darat Israel menyerbu Lebanon awal bulan ini.

Militer mengatakan mereka bermaksud mengusir Hizbullah dari Lebanon selatan sehingga puluhan ribu warga Israel dapat kembali ke rumah mereka di dekatnya setelah lebih dari setahun serangan roket dan pesawat tak berawak lintas batas.

Serangan udara Israel telah menghantam sebagian besar wilayah Lebanon selama berminggu-minggu, memaksa lebih dari satu juta orang meninggalkan rumah mereka.

Hizbullah meluncurkan roket ke Israel hampir setiap hari sejak serangan mematikan Hamas ke Israel tahun lalu yang memicu perang di Gaza.

Ilustrasi - Tim penyelamat berada di Kota Nabatiyeh, Lebanon, yang diserang Israel pada Rabu (16/10/2024). Ilustrasi - Tim penyelamat berada di Kota Nabatiyeh, Lebanon, yang diserang Israel pada Rabu (16/10/2024). (The Times of Israel / AFP / Abbas Fakih)

Update Perang Israel-Hamas

Diberitakan Al Jazeera, Hizbullah mengatakan pihaknya menargetkan posisi Israel di pinggiran kota Tel Aviv, termasuk pangkalan intelijen, dan meluncurkan roket ke pangkalan angkatan laut di Haifa, Israel utara.

Pasukan Israel telah mencegah tim penyelamat mencapai warga Palestina yang terjebak di bawah reruntuhan di Gaza utara yang terkepung saat penduduk menggambarkan "pemandangan teror".

Kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina mengatakan Israel “mempersenjatai bantuan” dengan menghalangi pekerja PBB mencapai wilayah yang terkepung.

Serangan Israel di dekat Rumah Sakit Universitas Rafik Hariri di Beirut telah menewaskan empat orang, termasuk seorang anak, dan melukai 32 lainnya, Kementerian Kesehatan Masyarakat Lebanon melaporkan.

Hizbullah mengatakan pihaknya mengebom daerah Nirit di pinggiran kota Tel Aviv, Israel, setelah video yang diverifikasi oleh kantor berita Sanad Al Jazeera menunjukkan asap mengepul di dekat pemukiman Beit Aryeh yang terletak di utara Tepi Barat yang diduduki dan Tel Aviv timur.

Petugas paramedis masih menggali puing-puing setelah militer Israel melakukan sekitar 15 serangan di pinggiran selatan ibu kota Lebanon, Beirut, pada Senin malam.

Setidaknya 32 orang kini dipastikan terluka oleh satu serangan Israel di dekat Rumah Sakit Rafik Hariri di Beirut, sementara setidaknya empat orang – termasuk seorang anak – tewas.

Pengelola Rumah Sakit Umum Sahel di pinggiran selatan Beirut telah menawarkan untuk mengajak wartawan berkeliling untuk membantah klaim Israel bahwa Hizbullah menyimpan “jutaan dolar dalam bentuk emas dan uang tunai” di sana.

Israel telah menargetkan sebuah sekolah di Jabalia, Gaza utara, dengan "tembakan artileri", menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai 30 lainnya, kantor berita Wafa melaporkan.

Militer Israel menembak seorang remaja berusia 15 tahun saat melakukan serangan kekerasan di desa Madama, selatan Nablus di Tepi Barat yang diduduki.

Di Gaza, setidaknya 42.603 orang tewas dan 99.795 orang terluka akibat serangan Israel sejak 7 Oktober 2023.

Diperkirakan 1.139 orang tewas di Israel selama serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober, dan lebih dari 200 orang ditawan.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #buat #klaim #palsu #israel #tuduh #hizbullah #sembunyikan #uang #emas #senilai #ratusan #juta #dolar #bunker

KOMENTAR