Joe Biden Berikan Perlindungan bagi Warga Palestina di AS dari Deportasi
Joe Biden di Gedung Putih, Washington. (Kevin Lamarque/Reuters)
11:21
15 Februari 2024

Joe Biden Berikan Perlindungan bagi Warga Palestina di AS dari Deportasi

 

– Gedung Putih mengumumkan bahwa Joe Biden telah menandatangani perintah untuk melindungi ribuan warga Palestina di Amerika Serikat (AS), pada Rabu (14/2), bagi mereka yang membutuhkan perlindungan dari deportasi selama 18 bulan ke depan.

Menurut pejabat pemerintahan Biden, langkah tersebut untuk memberikan penundaan ‘pemulangan paksa’ kepada sekitar 6.000 warga Palestina.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (15/2)Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan mengatakan bahwa setelah serangan terhadap Israel pada 7 Oktober 2023, dan menyusul respons militer Israel, kondisi kemanusiaan di Gaza telah memburuk secara signifikan.

Ia juga mengatakan bahwa keputusan presiden AS tersebut akan memberikan warga Palestina di AS tempat perlindungan sementara.

Namun, bagi siapa pun yang kembali ke wilayah Palestina akan kehilangan perlindungan tersebut.

Setelah lebih dari empat bulan berperang, Biden menghadapi tekanan untuk berbuat lebih banyak guna melindungi warga Palestina di Gaza dan menyalurkan bantuan ke daerah yang terkepung dan mendapat pemboman besar-besaran dari militer Israel.

Ia juga menghadapi kritik dari warga Arab-Amerika, Muslim, dan anggota masyarakat di banyak komunitas karena tidak menyerukan gencatan senjata permanen dalam konflik tersebut, sambil terus mendukung Israel dengan senjata dan dana.

Direktur Eksekutif Komite Anti Diskriminasi Amerika-Arab, Abed Ayoub mengatakan bahwa sangat dibutuhkan tindakan yang melindungi warga Palestina di AS.

“Kami melihat situasi di Gaza dan Palestina belum membaik, dan ini merupakan hal yang disambut baik, dan kami senang melihat hal ini diterapkan,” kata Ayoub.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #biden #berikan #perlindungan #bagi #warga #palestina #dari #deportasi

KOMENTAR