Rencana Jahat Netanyahu di Gaza Usai Perang Tahap Pertama Bentuk Pemerintahan Militer Israel di Gaza
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memimpin rapat Kabinet di Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, di Tel Aviv pada tanggal 31 Desember 2023. 
08:20
1 Februari 2024

Rencana Jahat Netanyahu di Gaza Usai Perang Tahap Pertama Bentuk Pemerintahan Militer Israel di Gaza

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyetujui rencana jahat di Gaza pascaperang. Rencana tersebut, yang mencakup beberapa tahap, akan memungkinkan Israel untuk mengambil alih kendali militer atas Gaza pascaperang dan melakukan operasi di seluruh jalur tersebut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diam-diam telah menyetujui rencana Israel untuk mengambil kendali militer atas Gaza dalam masa transisi yang diharapkan mengarah pada reformasi Otoritas Palestina (PA) dan realisasi bentuk negara Palestina.

Menurut laporan pada tanggal 31 Januari dikutip dari Jerusalem Post, inisiatif beberapa tahap ini disusun oleh sekelompok pengusaha yang memiliki hubungan dekat dengan perdana menteri.

“Tahap pertama melibatkan pembentukan pemerintahan militer Israel yang komprehensif di Gaza untuk mengawasi bantuan kemanusiaan dan memikul tanggung jawab atas penduduk sipil selama masa transisi,” tulis media Israel tersebut.

“Tahap kedua akan melihat pembentukan koalisi Arab internasional, termasuk Arab Saudi, Mesir, Maroko, UEA, Bahrain, dan lainnya. Koalisi ini akan menjadi bagian dari perjanjian normalisasi regional yang lebih luas, mendukung pembentukan ‘Otoritas Palestina yang baru’,” tambahnya.

Menurut laporan tersebut, rencana ini akan memungkinkan para pejabat – baik yang berafiliasi dengan Hamas maupun terkait dengan PA saat ini dan presidennya – untuk mewarisi pemerintahan Gaza dari Tel Aviv. Ia menambahkan bahwa rencana tersebut akan memungkinkan Israel untuk melakukan operasi keamanan di Gaza – sama seperti Perjanjian Oslo tahun 1993 yang mengizinkan operasi militer Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Fase selanjutnya akan bergantung pada seberapa baik stabilisasi Gaza dan seberapa sukses PA yang baru direformasi. Hal ini akan mencakup reformasi luas fasilitas PA di Tepi Barat yang diduduki, termasuk pendidikan.

Hal ini juga mencakup pembentukan mekanisme manajemen teror.

Laporan tersebut selanjutnya mengatakan bahwa jika tahap ini berjalan lancar selama dua hingga empat tahun, Israel kemudian akan mengakui negara Palestina yang berada dalam wilayah Otoritas Palestina dan mempertimbangkan untuk mentransfer tanah tambahan yang tidak memerlukan pemukiman ke negara tersebut.”

Dikatakan juga bahwa inisiatif tersebut sejalan dengan visi Washington untuk Gaza dan wilayah tersebut.

Laporan Jerusalem Post tidak menyebutkan Yerusalem Timur, yang selama beberapa dekade telah diminta oleh Otoritas Palestina sebagai ibu kota negara Palestina di masa depan.

Hal ini terjadi satu hari setelah Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan bahwa Israel berencana untuk langsung menduduki Gaza setelah perang.

Netanyahu sebelumnya mengatakan bahwa pendudukan kembali Gaza tidak ada dalam agenda Israel, namun Tel Aviv harus mempertahankan kontrol keamanan tanpa batas atas jalur tersebut setelah perang.

Masa depan Gaza akan Ditentukan Bersama Para Pebisnis

Dinyatakan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sedang mengerjakan rancangan rencana, tahapan jangka panjang untuk masa depan Jalur Gaza, yang telah diserang dan diblokade selama sekitar 4 bulan, dan bahwa ia membagikan rancangan ini kepada Amerika Serikat.

Telah terungkap bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, sedang menyusun rencana jahat untuk Jalur Gaza saat genosida terus berlanjut.

Disebutkan, Netanyahu menyampaikan rencana yang ia persiapkan bersama para pebisnis kepada pemerintah AS.

Menurut berita dari surat kabar Ibrani Maariv, Netanyahu menyiapkan rancangan roda map dengan sekelompok pengusaha yang akan dia ikuti setelah mengakhiri serangannya di Jalur Gaza, tempat bencana kemanusiaan terjadi.

Menurut tahap pertama dari rencana yang dibagikan oleh Netanyahu dengan para pejabat AS dan pihak-pihak terkait, pemerintahan militer yang akan dibentuk di Jalur Gaza setelah berakhirnya serangan akan menangani urusan administrasi bantuan kemanusiaan dan penduduk sipil yang akan masuk ke sana. selama masa transisi.

Pada tahap kedua dari rencana tersebut, pemerintahan baru Palestina, tanpa Fatah dan Hamas, akan dibentuk di Jalur Gaza bekerja sama dengan koalisi Arab dengan partisipasi Arab Saudi, Mesir, Maroko, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain.

Menurut rencana, meskipun pemerintahan militer akan mengakhiri mandatnya, Israel akan tetap memiliki hak untuk melakukan intervensi di Gaza, seperti di Tepi Barat yang diduduki, dengan alasan keamanan.

Pada tahap ketiga rencana tersebut, reformasi baru akan dipersiapkan sehingga jika pemerintahan baru Palestina yang akan dibentuk di Gaza berhasil dan stabil, pemerintahan ini juga akan mendominasi Tepi Barat. Selain itu, kurikulum sistem pendidikan Palestina juga akan diubah.

Pada tahap akhir, jika rencana tersebut berhasil dilaksanakan, Negara Palestina tanpa tentara akan didirikan di bawah pemerintahan pemerintahan Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki dalam waktu 2 hingga 4 tahun.

Israel juga akan mempertimbangkan untuk mentransfer tanah ke negara baru Palestina tanpa mengevakuasi pemukiman ilegal Yahudi.

Lembaga Berbeda dan Rencana Berbeda

Disebutkan bahwa Netanyahu, yang belum mengumumkan road map nya pasca serangan di Gaza, menyiapkan rencana tersebut bersama sekelompok pengusaha dan menyampaikannya kepada pejabat AS.

Netanyahu diklaim berhati-hati untuk memastikan bahwa rencana yang ia siapkan bertepatan dengan rencana AS untuk solusi permanen di Timur Tengah, dan bahwa rencana tersebut telah dikonsultasikan dengan AS melalui Menteri Urusan Strategis Ron Dermer, salah satu anggota perang Israel. kabinet yang memiliki hubungan dekat dengan Washington.

Surat kabar Maariv melaporkan bahwa, selain rancangan rencana yang disiapkan oleh Netanyahu, tentara Israel juga sedang mengerjakan pemerintahan yang akan dibentuk setelah berakhirnya serangan di Gaza, dan badan intelijen dalam negeri Israel Shin-Bet juga telah menyatakan pendapatnya tentang hal ini. rencana ini.

Dinyatakan bahwa terlepas dari semua rancangan yang berbeda, Netanyahu bersikeras pada rencananya sendiri, yang dia persiapkan bersama para pengusaha.

Belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Israel mengenai rencana yang dibagikan surat kabar tersebut.

Para pejabat Washington telah membuat pernyataan dalam beberapa pekan terakhir bahwa mereka menentang Israel mempertahankan pendudukan permanen di Jalur Gaza, mendirikan pemukiman ilegal Yahudi di sana, atau mendeportasi secara paksa warga Palestina dari sana.

(Sumber: The Cradle, TRT Haber, Jerusalem Post)

Tag:  #rencana #jahat #netanyahu #gaza #usai #perang #tahap #pertama #bentuk #pemerintahan #militer #israel #gaza

KOMENTAR