Dua Wisatawan Tiongkok Tewas di Malaysia usai Kendaraan Tertimpa Pohon Tumbang
Mobil tertimpa pohon tumbang (X)
05:20
20 September 2024

Dua Wisatawan Tiongkok Tewas di Malaysia usai Kendaraan Tertimpa Pohon Tumbang

Dua wisatawan asal Tiongkok tewas setelah pohon tumbang menimpa kendaraan mereka di George Town, Penang kemarin, 18 September

Menurut FMT, wakil kepala stasiun pemadam kebakaran dan penyelamatan Lebuh Pantai Mahadzir Maghrib mengatakan insiden itu terjadi di kompleks Pinang Peranakan Mansion sekitar pukul 14.19.

Para korban diidentifikasi sebagai seorang pria berusia 50-an dan seorang wanita berusia 30-an. China Press melaporkan bahwa mereka adalah seorang ayah dan anak perempuan dari Heilongjiang, provinsi paling utara Tiongkok.

Mereka dilaporkan berada di dalam mobil Perodua Aruz ketika pohon itu menimpa kendaraan. Anak perempuan itu duduk di kursi penumpang depan, sementara ayahnya berada di kursi belakang pada saat insiden itu.

Baca Juga: Sejarah Batik Ada di Malaysia, YouTuber IShowSpeed Sempat Bingung saat Googling

Orang ketiga, yang diidentifikasi sebagai warga negara Malaysia berusia 52 tahun dan seorang teman korban, juga berada di dalam kendaraan sebagai pengemudi. Bermarga Xia (transliterasi), ia menawarkan diri untuk mengantar para korban berkeliling Penang setelah mereka tiba di pulau itu pada hari Selasa, 17 September.

Xia selamat dari insiden tersebut dengan luka ringan di kaki dan kepalanya. Diketahui bahwa hanya jok pengemudi yang sedikit tertimpa pohon yang tumbang, sedangkan jok penumpang depan dan jok belakang hancur parah.

Xia mengatakan dia membunyikan klakson untuk meminta bantuan setelah pohon itu menghancurkan kendaraannya, dan orang-orang dari museum bergegas untuk membantu.

"Ketika tim penyelamat tiba, mereka] segera menebang pohon dan mencopot pintu mobil untuk menarik saya keluar, tetapi mereka tidak dapat menarik ayah dan anak perempuan itu keluar," China Press mengutip pernyataannya.

Xia mengatakan anak perempuan itu masih hidup setelah pohon itu tumbang, memegang tangannya saat mereka terjebak. Namun, dia tidak responsif ketika tim penyelamat mencapainya.

Baca Juga: Ini Bedanya Batik Indonesia dan Malaysia, Bikin Bingung iShowSpeed

Sebuah tim pemadam kebakaran tiba di tempat kejadian enam menit setelah menerima panggilan darurat pada pukul 14.19. Namun, baru pada pukul 17.15 jenazah kedua korban berhasil dievakuasi.

Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan Zona Timur Laut, Mohd Syafiq Nor Azman, mengatakan kepada Sinar Daily bahwa penyelamatan menjadi sulit karena hujan lebat dan keterbatasan ruang di lokasi kejadian.

Tiga kendaraan lain juga rusak di kompleks museum. Dewan Kota Pulau Penang (MBPP) akan menentukan siapa yang bertanggung jawab atas insiden tersebut. Berbicara setelah insiden tersebut, ketua pemerintah daerah, kota, dan komite perencanaan negara Penang, H'ng Mooi Lye, mengatakan bahwa MBPP akan menentukan pihak mana yang bertanggung jawab atas pohon yang tumbang tersebut, karena pohon tersebut berada di tanah milik pribadi.

"Karena berada di tanah milik pribadi, pemeriksaan pohon secara teratur tidak dilakukan. Namun, ke depannya, pemeriksaan pohon juga akan mencakup tanah milik pribadi," FMT mengutip pernyataannya. H'ng mendesak warga Penang untuk berhati-hati dan memperhatikan ramalan cuaca, karena angin kencang diperkirakan akan terus terjadi di wilayah tersebut hingga 21 September.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #wisatawan #tiongkok #tewas #malaysia #usai #kendaraan #tertimpa #pohon #tumbang

KOMENTAR