Tangan Sandera Israel Ron Sherman Hancur saat Berusaha Keluar dari Kuburan Racun yang Dikubur IDF
TEWAS KARENA IDF- Tiga tawanan Israel tewas karena serangan udara Israel. Setelah menyelesaikan investigasi internal, militer Israel mengatakan bahwa sangat mungkin bahwa Kopral Nik Beizer, Sersan Ron Sherman, dan Elia Toledano yang ditawan tewas sebagai akibat sampingan dari serangan militer Israel yang menargetkan Ahmed al-Ghandour, komandan sayap militer Hamas di Gaza utara. 
11:20
17 September 2024

Tangan Sandera Israel Ron Sherman Hancur saat Berusaha Keluar dari Kuburan Racun yang Dikubur IDF

Sersan Ron Sherman salah satu dari tiga tawanan Israel yang mati terbunuh oleh tentara Israel sendiri ditemukan dalam kondisi memperihatinkan.

Menurut otopsi yang telah dilakukan, jari-jari Ron Sherman hancur, saat dia mencoba melarikan diri dari terowongan yang tertutup.

“Mereka menemukan bahwa beberapa jarinya juga hancur, tampaknya karena upaya putus asanya untuk keluar dari kuburan racun yang dikubur oleh IDF [tentara Israel] di dalam dirinya ketika ia mencoba menghirup udara, tetapi ia hanya menghirup racun IDF,” kata Maya dikutip dari The Cradle.

Israel diam-diam mengakui telah membunuh tiga sandera Israel dalam serangan udara di Gaza.

Ibu dari salah satu tawanan Israel menuduh tentara Israel sendiri pada bulan Januari telah membunuh putranya dengan 'menguburnya' di 'kuburan beracun'

Militer Israel mengakui pada tanggal 16 September bahwa tiga tawanan yang ditahan Hamas di Gaza kemungkinan tewas akibat gas beracun akibat serangan udara yang menargetkan seorang komandan senior Hamas pada bulan November.

The New York Times melaporkan bahwa setelah menyelesaikan investigasi internal, militer Israel mengatakan bahwa sangat mungkin bahwa Kopral Nik Beizer, Sersan Ron Sherman, dan Elia Toledano yang ditawan tewas sebagai akibat sampingan dari serangan militer Israel yang menargetkan Ahmed al-Ghandour, komandan sayap militer Hamas di Gaza utara.

Militer mengatakan pihaknya sedang menyampaikan penilaian probabilitas tinggi berdasarkan lokasi ditemukannya jasad tawanan pada bulan Desember, serta materi intelijen, analisis serangan, laporan patologis, dan pemeriksaan forensik.

Pada bulan Januari, ibu Sersan Ron Sherman menuduh tentara membunuh putranya dengan gas beracun setelah menerima laporan otopsinya.

Al Mayadeen melaporkan mayat-mayat itu diambil dari Jabalia, dekat lokasi yang dibombardir oleh tentara Israel.

Angkatan Darat memberi tahu ibu Sherman, Maya, bahwa penyebab kematian tidak diketahui setelah dilakukan penyelidikan.

Menurut Maya, putranya, Ron, dibunuh oleh tentara Israel yang membanjiri terowongan tempat ia disekap dengan gas beracun, yang menyebabkannya mati lemas.

"Ron memang dibunuh. Bukan oleh Hamas. Pikirkan lebih ke arah Auschwitz dan kamar mandi, tetapi tanpa Nazi dan Hamas sebagai penyebabnya. Tidak ada penembakan yang tidak disengaja, tidak ada laporan, pembunuhan berencana, pemboman dengan gas beracun," tulisnya di media sosial.

Menurut otopsi, jari-jari Sherman hancur saat mencoba melarikan diri dari terowongan yang tertutup.

“Mereka menemukan bahwa beberapa jarinya juga hancur, tampaknya karena upaya putus asanya untuk keluar dari kuburan racun yang dikubur oleh IDF [tentara Israel] di dalam dirinya ketika ia mencoba menghirup udara, tetapi ia hanya menghirup racun IDF,” kata Maya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berulang kali menyabotase perundingan gencatan senjata dengan Hamas yang akan mengarah pada berakhirnya perang dan pembebasan sekitar seratus tawanan Israel yang tersisa di Gaza dan ribuan warga Palestina yang ditawan di penjara-penjara Israel.

Keluarga dan pendukung tawanan Israel telah mengadakan protes besar selama berbulan-bulan dalam upaya menekan Netanyahu agar membuat kesepakatan.

Selama Operasi Banjir Al-Aqsa 7 Oktober, pejuang perlawanan Palestina dari Hamas dan faksi lain menerobos pagar perbatasan Gaza untuk menyerang pangkalan militer dan permukiman Israel.

Tentara Israel memerintahkan pilot helikopter dan pesawat tak berawaknya untuk membunuh siapa pun warga Israel yang dibawa melintasi perbatasan ke Gaza, sesuai dengan Arahan Hannibal yang kontroversial.

Meskipun demikian, perlawanan Palestina berhasil menawan sekitar 250 tentara dan warga sipil di Gaza, termasuk wanita, anak-anak, dan orang tua.

Tak lama setelah 7 Oktober, Hamas menawarkan pembebasan warga sipil yang ditawan dengan imbalan janji bahwa tentara Israel tidak akan mengirim pasukan darat untuk menyerang Gaza. Israel menolak tawaran tersebut dan melakukan invasi pada 27 Oktober.

Banyak tawanan Israel dibebaskan pada akhir November sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata sementara dan menceritakan ketakutan mereka akan serangan Israel di Gaza saat dalam penahanan.

Pada bulan Desember, tentara Israel secara tidak sengaja menembak dan membunuh tiga tawanan di Gaza utara, sementara yang lainnya juga tewas dalam serangan udara Israel.

 


Ini Nama Tigas Sandera Israel yang Tewas

Kopral Nik Beizer, Sersan Ron Sherman, dan Elia Toledano; Identitas 3 Sandera Israel yang Tewas karena Serangan Udara IDF

Militer Israel atau IDF menyatakan, "Kemungkinan besar" serangannya menewaskan tiga tawanan Gaza.

Angkatan Darat mengatakan kesimpulan penyelidikannya terhadap kematian para tawanan menunjukkan serangan udara Israel kemungkinan menewaskan mereka pada bulan November.


Setelah menyangkal selama berbulan-bulan, militer Israel mengatakan ada “kemungkinan besar” serangan udaranya bertanggung jawab atas kematian tiga tawanan Israel di Gaza pada bulan November.

Militer pada hari Minggu mengatakan tidak mengetahui para tawanan berada di sebuah terowongan di wilayah Palestina ketika mereka melancarkan serangan pada 10 November 2023.

Jasad ketiga tawanan – Kopral Nik Beizer, Sersan Ron Sherman, dan warga negara Prancis-Israel Elia Toledano – ditemukan pada tanggal 14 Desember. Namun penyebab kematian belum diketahui.

“Hasil investigasi menunjukkan kemungkinan besar ketiga orang tersebut tewas akibat serangan udara [tentara Israel] saat menewaskan komandan Brigade Utara Hamas, Ahmed Ghandour, pada 10 November 2023,” kata militer dalam pernyataannya.

Militer mengatakan penyelidikannya mengungkapkan bahwa ketiga tawanan tersebut telah ditahan di kompleks terowongan tempat Ghandour beroperasi.

“Pada saat serangan itu, [militer] tidak mempunyai informasi mengenai keberadaan sandera di kompleks yang menjadi sasaran,” kata pernyataan militer tersebut.

“Selain itu, ada informasi yang menunjukkan bahwa mereka berada di tempat lain, sehingga daerah tersebut tidak ditetapkan sebagai daerah yang diduga terdapat sandera.”

Ketiga tawanan itu termasuk di antara sekitar 250 orang yang diculik oleh kelompok Palestina Hamas dalam serangannya pada 7 Oktober di wilayah Israel. Sekitar 100 dari mereka diyakini masih berada di Gaza.

Dalam laporannya, militer mengatakan “tidak mungkin untuk menentukan secara pasti penyebab kematian mereka”.

 


Suatu Hal yang Memalukan

Kesimpulan militer tersebut dapat menambah tekanan lebih lanjut pada pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk mencapai kesepakatan guna memulangkan sisa tawanan yang ditahan Hamas.

Koresponden Al Jazeera Hamdah Salhut mengatakan pengakuan tentara Israel itu bisa menjadi suatu hal yang memalukan bagi pemerintah. Salhut melaporkan dari Amman, Yordania karena Al Jazeera telah dilarang oleh Israel.

“Telah terjadi serangkaian kegagalan intelijen dan keamanan yang signifikan yang dialami militer selama perang ini, yang paling menonjol adalah pada bulan Desember ketika tentara Israel menembak dan membunuh tiga tawanan di Jalur Gaza,” katanya.

Salhut mengatakan pengakuan terbaru dari militer “tidak diterima dengan baik karena ada keluarga tawanan yang meminta kesepakatan, karena takut akan hal seperti ini”.

“Ini tentu saja merupakan hal yang memalukan dalam segala aspek, tidak hanya secara politik tetapi juga keamanan, bahwa militer membuat pengakuan ini beberapa bulan kemudian.”

 

Tetap Tidak akan mengakhiri perang

Gideon Levy, kolumnis di harian Israel Haaretz, mengatakan pengungkapan bahwa Israel kemungkinan membunuh tiga tawanan lainnya tidak akan membuat perbedaan dalam mengakhiri perang di Gaza.

Sementara pembunuhan tersebut merupakan bukti lebih lanjut bahwa tekanan militer telah gagal untuk membawa pulang tawanan Israel hidup-hidup, itu adalah strategi yang Netanyahu yakini, katanya, seraya menambahkan bahwa kemarahan terhadap pemimpin Israel sebagian besar hanya datang dari partai-partai oposisi.

“Itulah kubu yang Anda lihat di TV berunjuk rasa setiap minggu, dengan pengabdian setiap hari … Itulah kubu yang melakukan segala cara untuk membuat [Netanyahu] mengundurkan diri,” kata Levy kepada Al Jazeera dari Tel Aviv.

"Namun, itu hanya sebagian dari gambarannya, karena mereka yang mendukung Netanyahu, dukungan mereka benar-benar solid, dan tidak ada yang akan mengubahnya. Apa pun yang akan dilakukan Netanyahu, mereka akan mendukungnya."

Analis politik senior Al Jazeera Marwan Bishara mengatakan pertanyaan utamanya adalah apakah pembunuhan ketiga tawanan oleh tentara Israel itu disengaja atau tidak.

"Dalihnya adalah mereka [tentara] ingin membebaskan mereka dan mungkin mereka memang melakukannya. Namun, mereka juga tahu betul bahwa meskipun mereka melakukan operasi khusus, dan masuk ke terowongan dan menangkap para tawanan, pada akhirnya, mereka tidak akan dapat menyelamatkan mereka," katanya.

Perang di Gaza meletus setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menewaskan lebih dari 1.100 orang, sebagian besar warga sipil, menurut otoritas Israel. Sejak itu, militer Israel telah menewaskan sedikitnya 41.206 warga Palestina di Gaza, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut.

 


Korban Serangan Udara Israel pada November

Israel mengatakan "kemungkinan besar" serangan udaranya menewaskan 3 sandera di Gaza November lalu.

Pada hari Minggu, militer Israel mengatakan ada “kemungkinan besar” bahwa tiga sandera yang ditemukan tewas beberapa bulan lalu tewas dalam serangan udara Israel.

Militer mengumumkan kesimpulan penyelidikannya atas kematian Kopral Nik Beizer, Sersan Ron Sherman, dan Elia Toledano.

Dikatakan bahwa penyelidikan telah menentukan bahwa ketiganya kemungkinan tewas dalam serangan udara November yang juga menewaskan seorang militan senior Hamas, Ahmed Ghandour.

Ketiga sandera tersebut diculik dalam serangan Hamas pada 7 Oktober. Jasad mereka ditemukan pada bulan Desember, tetapi penyebab kematian baru diketahui baru-baru ini.

Dalam laporannya, militer mengatakan ada "kemungkinan besar" mereka tewas dalam serangan itu, berdasarkan lokasi penemuan mayat, laporan patologis, dan informasi intelijen lainnya. Namun, militer mengatakan, "tidak mungkin untuk menentukan secara pasti penyebab kematian mereka."

Kesimpulan tersebut dapat menambah tekanan pada pemerintah untuk membuat kesepakatan guna memulangkan para sandera yang masih ditahan Hamas. Para kritikus mengatakan terlalu sulit dan berbahaya untuk mencoba menyelamatkan mereka. Akhir bulan lalu, Israel menemukan jenazah enam sandera yang katanya dibunuh oleh para penculik Hamas sesaat sebelum pasukan Israel tiba.


Pengumuman militer ini merupakan pertama kalinya militer mengaitkan kematian sandera dengan serangan udara. Dalam kasus lain terkait penemuan jenazah, militer mengatakan orang-orang terbunuh pada 7 Oktober, meninggal saat ditawan Hamas, atau dibunuh oleh kelompok militan tersebut.

Pada bulan Desember, militer mengakui telah secara keliru membunuh tiga sandera yang melarikan diri dari penahanan Hamas di wilayah yang dilanda pertempuran di Kota Gaza. Ketiganya diyakini telah melarikan diri dari para penculiknya atau ditelantarkan.

Sekitar 250 sandera disandera pada 7 Oktober. Israel kini yakin 101 orang masih ditawan, termasuk 35 orang yang diperkirakan telah tewas. Lebih dari 100 orang dibebaskan selama gencatan senjata pada November sebagai imbalan atas pembebasan warga Palestina yang dipenjara oleh Israel. Delapan orang telah diselamatkan oleh pasukan Israel.


Diakui, Sandera Tewas karena Serangan Udara Israel

Beberapa bulan setelah mayat-mayat ditemukan, IDF mengatakan 3 sandera tewas sebagai 'dampak sampingan' dari serangan

Sersan Ron Sherman, Kopral Nik Beizer, Elia Toledano berada di jaringan terowongan yang menjadi sasaran serangan udara Israel terhadap komandan brigade Hamas pada bulan November; penyebab pasti kematian masih belum diketahui

Lebih dari sembilan bulan setelah jasad mereka ditemukan, Pasukan Pertahanan Israel mengatakan pada hari Minggu bahwa penyelidikan telah menemukan bahwa mantan sandera Sersan Ron Sherman, Kopral Nik Beizer dan warga sipil Elia Toledano tewas sebagai akibat dari "dampak sampingan" serangan udara Israel di Jalur Gaza, meskipun penyebab pasti kematiannya masih belum diketahui.

Pada tanggal 10 November 2024, IDF melakukan serangan udara di dekat lokasi ditemukannya mayat-mayat itu, yang menargetkan komandan Brigade Gaza Utara Hamas, Ahmed Ghandour , yang bersembunyi di sebuah terowongan di Jabaliya.

“Hasil investigasi menunjukkan bahwa ketiga orang tersebut, dengan kemungkinan besar, terbunuh akibat serangan udara IDF, selama pembunuhan” Ghandour, kata IDF.

 


Insiden Terjadi Lebih dari 9 Bulan Lalu

Lebih dari sembilan bulan setelah jasad mereka ditemukan, Pasukan Pertahanan Israel mengatakan pada hari Minggu bahwa penyelidikan telah menemukan bahwa mantan sandera Sersan Ron Sherman, Kopral Nik Beizer dan warga sipil Elia Toledano tewas sebagai akibat dari "dampak sampingan" serangan udara Israel di Jalur Gaza.

Pada tanggal 10 November 2024, IDF melakukan serangan udara di dekat lokasi ditemukannya mayat-mayat itu, yang menargetkan komandan Brigade Gaza Utara Hamas, Ahmed Ghandour , yang bersembunyi di sebuah terowongan di Jabaliya.

“Hasil investigasi menunjukkan bahwa ketiga orang tersebut, dengan kemungkinan besar, terbunuh akibat serangan udara IDF, selama pembunuhan” Ghandour, kata IDF.

"Ini adalah perkiraan yang sangat mungkin mengingat semua data, tetapi tidak mungkin untuk menentukan dengan pasti keadaan kematian mereka," kata militer. IDF tidak merinci apa "dampak sampingan" dari serangan udara tersebut, meskipun anggota keluarga mengatakan kemungkinan ketiganya mati lemas atau terbunuh oleh keracunan karbon dioksida di dalam terowongan setelah serangan.

IDF mengatakan pihaknya dapat menentukan bahwa mereka kemungkinan besar terbunuh secara tidak langsung oleh serangan di Ghandour berdasarkan lokasi ditemukannya jasad mereka terkait dengan lokasi serangan udara, investigasi serangan udara, temuan intelijen, laporan patologi, dan temuan yang dibuat oleh Institut Forensik Abu Kabir.

Menurut penyelidikan IDF, ketiganya telah ditahan di kompleks terowongan tempat Ghandour beroperasi. Namun, ketika serangan dilakukan, militer tidak memiliki informasi tentang sandera yang ditahan di area tersebut.

Penyelidikan IDF menemukan bahwa pada saat itu, mereka memiliki informasi tentang lokasi lain tempat para sandera diduga ditawan. Oleh karena itu, kompleks terowongan tersebut tidak tercantum oleh militer sebagai area tempat para sandera Israel mungkin berada.

Ibu Nik, Katy Beizer, mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka diberi tahu oleh IDF bahwa pasukan "tidak tahu ada sandera di sana... sungguh luar biasa bahwa mereka tidak memiliki informasi itu, bahwa mereka tidak berpikir bahwa di dekat Ghandour akan ada tawanan [yang digunakan sebagai tameng manusia]. Sulit bagi saya untuk memahami dan mempercayai hal ini."

Di tengah perang, IDF mengatakan pihaknya tidak menyerang daerah-daerah di mana mereka memiliki informasi mengenai keberadaan sandera, tetapi dalam beberapa kasus sandera telah terluka dalam serangan Israel karena kurangnya intelijen.

Pada tanggal 14 Desember, jasad Sherman, Beizer, dan Toledano ditemukan oleh pasukan di jaringan terowongan di Jabaliya dan dibawa kembali ke Israel untuk dimakamkan.

Sebuah video propaganda Hamas yang dirilis seminggu setelah ketiganya ditemukan memperlihatkan jasad mereka dan mengklaim mereka tewas dalam serangan udara.

Pada bulan Januari, perwakilan IDF memberikan laporan patologi kepada keluarga korban yang menunjukkan tidak ada tanda-tanda trauma atau tembakan di mayat, yang mengindikasikan mereka tidak terbunuh secara langsung akibat serangan udara.

Ibu Sherman mengatakan kepada Radio Angkatan Darat minggu lalu bahwa, menurut informasi tidak resmi yang didengar keluarga, ketiganya kemungkinan meninggal karena keracunan karbon dioksida akibat kekurangan oksigen di terowongan setelah serangan.

Ibu prajurit tersebut, Ma'ayan, berselisih dengan pejabat militer awal tahun ini setelah ia meletakkan batu nisan di makam Ron di pemakaman militer Lehavim yang sebagian berbunyi, "Saya mohon maaf atas pengabaian, penculikan brutal yang Anda alami, fakta bahwa Anda dikorbankan demi keuntungan politik setelah kegagalan terbesar dalam sejarah Negara Israel yang sangat Anda cintai" — dan pejabat Kementerian Pertahanan menyingkirkan batu nisan tersebut.


Beizer dan Sherman, keduanya berusia 19 tahun, bertugas di Koordinasi dan Penghubung Distrik Gaza COGAT, sebuah unit Kementerian Pertahanan yang mengoordinasikan perizinan dan jalur barang melalui Penyeberangan Erez ke Gaza.

Teroris Hamas menguasai Persimpangan Erez pada tanggal 7 Oktober saat mereka menyerang komunitas Israel di dekat perbatasan Gaza, membantai sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menculik 251 lainnya.

 


SUMBER: THE CRADLE, AL JAZEERA, AP, TIMES OF ISRAEL

Tag:  #tangan #sandera #israel #sherman #hancur #saat #berusaha #keluar #dari #kuburan #racun #yang #dikubur

KOMENTAR