Palestina Ambil Bagian di Sidang ke-79 Majelis Umum PBB: Duduk di Tempat yang Seharusnya
19:36
11 September 2024

Palestina Ambil Bagian di Sidang ke-79 Majelis Umum PBB: Duduk di Tempat yang Seharusnya

Sidang ke-79 Majelis Umum PBB dimulai di New York dengan kehadiran perwakilan Palestina, yang telah diberi tempat duduk di Aula Majelis Umum di sebelah negara-negara anggota PBB.

Palestina bukan anggota penuh dari badan PBB yang beranggotakan 193 orang.

Utusan Otoritas Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, mengambil tempatnya pada Selasa sore di sebuah meja bertuliskan "Negara Palestina" antara Sri Lanka dan Sudan.

Misi Tetap Palestina untuk PBB mengunggah klip di media sosial tentang intervensi Duta Besar Mesir dan Presiden Majelis Umum yang mengonfirmasi kedudukan baru Negara Palestina.

Baca Juga: Sentimen Anti-Muslim di Chicago Meningkat, Picu Diskriminasi di Tempat Kerja Hingga Sekolah

Perwakilan Mesir mengajukan pokok bahasan untuk meminta Presiden mengonfirmasi bahwa pengaturan yang diperlukan telah dibuat. "Ini bukan sekadar masalah prosedural. Ini adalah momen bersejarah bagi kami," kata Duta Besar Mesir Osama Mahmoud Abdelkhalek Mahmoud.

Ilustrasi bendera Palestina. (Shutterstock)Ilustrasi bendera Palestina. (Shutterstock)

Presiden Majelis Umum PBB menjawab: "Saya telah diberi tahu bahwa semua pengaturan telah dibuat agar Palestina duduk di tempat yang seharusnya."

Israel mengecam tindakan tersebut. Perwakilan Israel mengatakan bahwa keputusan Majelis dalam masalah ini dimotivasi oleh favoritisme politik, yang menggarisbawahi bahwa keanggotaan PBB dan hak istimewa terkait secara khusus disediakan untuk Negara berdaulat.

Pada tanggal 10 Mei tahun ini, sebuah resolusi diadopsi untuk mengakui pertimbangan ulang keanggotaan Palestina di PBB di Dewan Keamanan PBB dan pemberian hak tambahan kepada Palestina, yang memegang status pengamat.

Resolusi tersebut menyerukan pengaturan untuk memungkinkan Palestina berpartisipasi dalam sesi Majelis Umum, pertemuan dan konferensi PBB, dengan menetapkan bahwa hal ini akan dilakukan "atas dasar yang luar biasa dan tanpa membuat preseden."

Baca Juga: Pemukim Ilegal Israel Culik dan Pukuli Lansa Palestina

Resolusi tersebut telah memenangkan mayoritas suara yang mendukung sebanyak 143 suara, termasuk oleh India.

Terutama, India selalu menegaskan kembali pendiriannya untuk solusi dua negara dalam konflik Israel-Palestina. Sementara, New Delhi telah mengutuk setiap serangan teroris, termasuk serangan 7 Oktober oleh Hamas, negara itu juga menyerukan tanah air bagi warga Palestina.

"Kami telah mendukung solusi dua negara yang dinegosiasikan, menuju pembentukan negara Palestina yang berdaulat, independen, dan layak di dalam batas-batas yang aman dan diakui, hidup berdampingan secara damai dengan Israel," Kementerian Luar Negeri menegaskan kembali di Parlemen pada bulan Februari.

Sementara itu, Philemon Yang, mantan Perdana Menteri Kamerun yang terpilih sebagai presiden Majelis Umum ke-79 pada bulan Juni menggantikan pendahulunya, Dennis Francis.

"Saya akan mendesak majelis untuk mengintensifkan tekadnya, untuk memprioritaskan penyelesaian konflik, termasuk yang sulit diatasi di Jalur Gaza, Haiti, dan Ukraina," kata Yang.

"Hak asasi manusia akan tetap menjadi inti Majelis Umum kami," kata Presiden UNGA yang baru

Sekretaris Jenderal Antonio Guterres mengucapkan selamat kepada Yang dan menunjukkan bahwa sesi ke-79 dibuka di tengah latar belakang "dunia yang sedang dalam masalah" tetapi mengatakan, "Kabar baiknya adalah kita dapat melakukan sesuatu tentang hal itu."

Ia mengatakan bahwa tahun lalu sangat "bergolak," dengan kemiskinan, ketidaksetaraan, dan ketidakadilan serta konflik dan kekerasan yang terus berlanjut. Guterres juga mengingat bahwa tahun lalu merupakan tahun "terpanas" yang pernah tercatat, dengan mengatakan "Sidang ini juga ditutup pada saat harapan dan inspirasi tumbuh dalam hal yang dapat kita capai jika kita bekerja sama."

Ia menekankan bahwa banyak tugas yang harus diselesaikan oleh negara-negara anggota dalam sidang ke-79.

"Inilah tempat di mana solusi dibuat. Dan kita membutuhkan solusi secara menyeluruh. "Dalam menghadapi tantangan di hadapan kita, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa tetap menjadi alat yang sangat diperlukan dan jalur penting menuju masa depan yang damai dan adil bagi semua orang," kata Sekretaris Jenderal PBB.

Ia menekankan solusi untuk menghidupkan kembali Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, mengakhiri kemiskinan dan ketidaksetaraan, solusi untuk memacu kemajuan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja bagi semua orang, menjembatani kesenjangan politik dan mengakhiri konflik, hingga mengakhiri bencana iklim.

Ia juga menyerukan solusi untuk memanggil pembiayaan yang dibutuhkan negara-negara berkembang untuk berinvestasi di masa depan rakyat mereka dan untuk memastikan bahwa teknologi inovatif seperti kecerdasan buatan merupakan anugerah, bukan penghalang, bagi kemajuan dan kesetaraan manusia.

Sementara itu, "KTT Masa Depan" yang penting yang mempertemukan para pemimpin dunia di New York akan berlangsung di Markas Besar PBB pada tanggal 22-23 September, tepat sebelum debat tingkat tinggi tahunan Majelis Umum.

Debat Umum tahun ini, dari tanggal 24 September hingga 30 September, mengusung tema "Tidak meninggalkan siapa pun: Bertindak bersama untuk memajukan perdamaian, pembangunan berkelanjutan, dan martabat manusia untuk generasi sekarang dan mendatang."

Debat ini bertujuan untuk mengamankan "Pakta untuk Masa Depan" yang dinegosiasikan yang dirancang untuk meningkatkan kerja sama global guna mengatasi tantangan saat ini secara efektif bagi generasi mendatang.

Akan ada juga pertemuan tingkat tinggi mengenai berbagai topik seperti penghapusan senjata nuklir.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #palestina #ambil #bagian #sidang #majelis #umum #duduk #tempat #yang #seharusnya

KOMENTAR