Israel Lagi-Lagi Dihujani Rudal Hizbullah, Iron Dome Tak Mampu Bendung Serangan
Hizbullah menembakkan rudal dari Lebanon selatan menuju Israel beberapa waktu lalu. 
07:40
11 September 2024

Israel Lagi-Lagi Dihujani Rudal Hizbullah, Iron Dome Tak Mampu Bendung Serangan

Hizbullah Lebanon kembali melakukan serangkaian serangan udara ke wilayah Israel pada Selasa (10/9/2024).

Serangan rudal dan drone Hizbullah telah menargetkan pangkalan strategis Israel di dekat Danau Tabaraya.

Aksi Hizbullah ini sebagai bentuk tanggapan atas serangan Israel di Bekaa Barat, di mana satu orang tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka.

Angkatan Udara Tak Berawak Hizbullah meluncurkan kawanan drone ke pangkalan Ama'id di barat laut Danau Tabaraya.

Dikutip dari Al Mayadeen, pangkalan tersebut terletak di 18,5 km dari garis penarikan Israel dari Lebanon Selatan.

Pangkalan tersebut merupakan rumah bagi markas besar cadangan Komando Utara Israel, pangkalan cadangan Divisi ke-91, dan gudang logistik.

Serangan tersebut merupakan yang ketiga kalinya selama periode kampanye dukungan Perlawanan untuk Jalur Gaza.

Pada 12 Juni, pejuang Hizbullah menembakkan salvo peluru artileri roket ke pangkalan tersebut, dan pada 21 Agustus, kawanan pesawat tanpa awak diluncurkan ke pangkalan itu lagi.

Media Israel melaporkan satu pesawat tak berawak terbang sejauh sedikitnya 20 km dan selama lebih dari 15 menit di dalam wilayah yang diduduki Israel dan mengenai sasarannya, melewati upaya intersepsi Israel.

Sistem anti-udara Israel telah menjadi pusat perhatian atas kinerjanya terhadap pesawat tak berawak Hizbullah, di mana dalam banyak kasus, pertahanan mahal ini gagal mencegat serangan udara.

Hizbullah juga menargetkan lokasi penempatan artileri tetap milik Brigade Artileri ke-282, Batalyon ke-411 di Neve Ziv dan markas komando, yang saat ini menampung pasukan dari Brigade Golani, di pangkalan Gunung Niriya.

Unit artileri Hizbullah menembaki lokasi militer Roueissat al-Alam di Perbukitan Kfar Chouba, Lebanon yang diduduki Israel.

Tepat dua jam kemudian, Hizbullah melancarkan dua serangan serentak dengan menembaki lokasi militer al-Aabasiyeh pada serangan pertama dan menyerang posisi tentara pendudukan Israel di lokasi militer al-Raheb pada serangan kedua.

Kedua serangan tersebut mengenai sasaran yang dituju secara langsung.

Pejuang Hizbullah kemudian menyerang situs militer al-Aabad, menargetkan perangkat lunak mata-mata yang terpasang di sana dan memberikan serangan langsung terhadap perangkat lunak tersebut.

IDF Klaim Dapat Cegat Serangan Hizbullah

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim telah mencegat beberapa drone dan roket yang ditembakkan Hizbullah pada Selasa.

IDF melaporkan, beberapa di antaranya berhasil dicegat dan yang lainnya mengenai daerah terbuka.

Sebanyak 15 roket lainnya ditembakkan ke Galilea Barat, beberapa di antaranya berhasil dicegat oleh pertahanan udara, tambah IDF.

Dikutip dari Times of Israel, IDF menyebut tidak ada korban jiwa maupun luka dalam serangan Hizbullah tersebut.

Peluncur tersebut kemudian diserang di at-Tiri dan Mansouri di Lebanon selatan, menurut militer.

Selain itu, jet tempur Israel menyerang sebuah gedung yang digunakan oleh Hizbullah di Rachaf, IDF menambahkan.

Militer juga mengonfirmasi beberapa pesawat tak berawak diluncurkan dari Lebanon ke Israel utara pada sore hari.

IDF mengatakan beberapa pesawat tanpa awak ditembak jatuh, sementara yang lain terkena dampak di dekat Kibbutz Ami'ad di Galilea Atas. Tidak ada korban luka.

Rekaman menunjukkan pesawat tak berawak Hizbullah terbang di atas Israel utara, sementara sirene berbunyi di Rosh Pina dan beberapa kota lainnya.

IDF juga mengatakan jet tempur menyerang pabrik pembuatan senjata Hizbullah di Jouaiyya, Lebanon selatan pada hari sebelumnya, bersama dengan ruang komando dan bangunan lain yang digunakan oleh kelompok tersebut di Nabatieh, Mansouri, dan Kafr Kila.

Secara terpisah, IDF mengatakan sebuah sel operasi Hizbullah yang terlihat di Houla, Lebanon selatan menjadi sasaran serangan udara.

Berbicara kepada pasukan selama latihan simulasi serangan darat di Lebanon, Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan Israel mengalihkan fokusnya ke garis depan utara karena ingin segera mencapai tujuannya di Jalur Gaza.

"Pusat gravitasi bergerak ke utara, kami hampir menyelesaikan misi kami di selatan, tetapi kami memiliki tugas di sini yang belum terlaksana, dan misi ini adalah mengubah situasi keamanan dan mengembalikan penduduk ke rumah mereka," katanya.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berada di pangkalan angkatan udara Ramat David, bersama dengan pilot dan awak darat pada Minggu (31/12/2023). Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berada di pangkalan angkatan udara Ramat David, bersama dengan pilot dan awak darat pada Minggu (31/12/2023). (X/@yoavgallant)

Sekitar 60.000 warga Israel telah mengungsi dari rumah mereka di tengah serangan harian oleh Hizbullah di Israel utara.

Mengembalikan penduduk utara yang mengungsi ke rumah mereka adalah bagian dari tujuan perang Israel, di samping membubarkan Hamas dan memulangkan para sandera yang diculik.

"Instruksi-instruksi yang kalian tunggu ini, saya berikan di selatan dan melihat pasukan sedang bekerja," kata Gallant.

Ia menambahkan bahwa perintah-perintah seperti itu "akan datang juga ke sini dan pasukan harus siap dan siaga untuk melaksanakan misi ini".

"Kami sedang menyelesaikan pelatihan seluruh formasi pertempuran untuk operasi darat (di Lebanon), dalam semua aspeknya," ungkap Gallant.

"Saya sudah melihat dalam banyak situasi di mana saya berdiri di samping pasukan yang mengatakan kepada saya: 'Anda hanya bicara' Setelah seminggu saya bertemu mereka di lapangan," tambahnya.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #israel #lagi #lagi #dihujani #rudal #hizbullah #iron #dome #mampu #bendung #serangan

KOMENTAR