Fase Ketiga Perang Gaza Dimulai, Yoav Gallant: Israel Bisa 'Copy-Paste' Kehancuran Gaza di Beirut
Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berbicara selama konferensi pers bersama dengan Menteri Pertahanan AS, di Tel Aviv pada 18 Desember 2023. 
21:50
8 Januari 2024

Fase Ketiga Perang Gaza Dimulai, Yoav Gallant: Israel Bisa 'Copy-Paste' Kehancuran Gaza di Beirut

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan fase Ketiga Perang di Gaza akan segera dimulai.

Ketika Israel mengurangi kehadiran pasukannya di Gaza, kekhawatiran meningkat atas konflik yang lebih besar dengan Lebanon.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan kepada Wall Street Journal (WSJ) pada tanggal 7 Januari bahwa tentara Israel akan segera beralih ke fase perang baru.

Gallant mengatakan Israel akan beralih dari fase manuver perang yang intens ke perang dengan berbagai jenis operasi khusus.

Fase selanjutnya ini “akan berlangsung lebih lama,” kata Menteri Pertahanan.

Gallant berjanji bahwa Israel tidak akan mengabaikan tujuannya untuk memberantas Hamas atau mengakhiri kehadirannya di Gaza.

Israel telah melakukan penarikan terbatas pasukannya dari Jalur Gaza, menyusul tekanan terus-menerus dari AS untuk mengurangi perang darat dan mengurangi kerugian terhadap warga sipil.

Namun, pemboman tersebut masih terjadi tanpa pandang bulu dan jumlah korban tewas di Gaza – sudah lebih dari 22.100 orang dan angka ini terus meningkat.

Operasi darat, meski lebih terbatas dibandingkan sebelumnya, masih berlangsung dan kini terfokus di bagian selatan Gaza – tempat sebagian besar penduduk Gaza terdampar setelah mengungsi dari utara dan tempat lain.

“Kita perlu mempertimbangkan besarnya jumlah warga sipil. Itu akan memakan waktu. Tapi kami tidak akan menyerah,” kata Yoav Gallant.

Sementara itu, ancaman eskalasi di lini depan Lebanon semakin meningkat, terutama setelah serangan Israel di Beirut pada tanggal 2 Januari.

Gallant menjelaskan bahwa Israel melawan poros, bukan cuma menghadapi satu musuh… Iran sedang membangun kekuatan militer di sekitar Israel untuk menggunakannya.

Dia juga menyatakan tekad Tel Aviv tidak hanya untuk menghancurkan Hamas yang didukung Iran, tetapi untuk bertindak dengan kekuatan yang cukup untuk menghalangi musuh potensial lainnya yang bersekutu dengan Teheran, termasuk Hizbullah di negara tetangga Lebanon, menurut WSJ.

Pada tanggal 2 Januari, Israel melancarkan serangan pesawat tak berawak di pinggiran selatan Beirut, menewaskan komandan terkemuka Hamas Saleh al-Arouri. Tel Aviv tidak mengakui serangan tersebut, namun mengatakan bahwa “siapapun” yang melakukan serangan tersebut menargetkan Hamas, bukan Hizbullah atau negara Lebanon.

Hizbullah menganggap serangan tersebut sebagai eskalasi besar, dan secara luas dianggap sebagai upaya untuk menyeret Lebanon ke dalam perang skala penuh. Perlawanan Lebanon melakukan respons awal pada hari Sabtu, dengan menyerang pangkalan udara strategis sekitar lima mil dari perbatasan.

Serangan Israel di Lebanon selatan pada tanggal 8 Januari menewaskan Wissam al-Tawil, seorang komandan Unit Radwan elit Hizbullah, yang ditempatkan di seluruh perbatasan dengan Israel. Dia terbunuh bersama pejuang lainnya ketika mobil mereka menjadi sasaran di desa Majdal Selm.

Para pejabat Barat dikatakan terus melakukan kontak dengan Tel Aviv dan Beirut untuk mendorong deeskalasi dan solusi diplomatik. Namun, baku tembak di perbatasan terus meningkat dan serangan Israel semakin meluas ke wilayah Lebanon.

Gallant melanjutkan dengan mengatakan kepada WSJ bahwa Israel dapat meng-copy-paste kehancuran Gaza ke Lebanon.

Para ahli percaya bahwa penarikan terbatas pasukan Israel dari Gaza baru-baru ini dan fase baru yang akan datang menandakan bahwa Israel mungkin bersiap menghadapi konflik regional yang lebih besar, yang akan mencakup peningkatan besar dalam situasi di Lebanon.

“Jangan terlena dengan penarikan pasukan Israel dari Gaza utara. Tel Aviv tidak mempunyai niat untuk mengakhiri perang ini, dan meningkatkan perang ini di semua lini, termasuk dengan Lebanon, tulis Hassan Illaik dikutip dari The Cradle.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #fase #ketiga #perang #gaza #dimulai #yoav #gallant #israel #bisa #copy #paste #kehancuran #gaza #beirut

KOMENTAR