Calon Kuat yang akan Jadi PM Jepang Baru Antara Ishiba dan Koizumi
Hasil survei NHK 6-8 September 2024 mengenai siapa yang akan menjadi Ketua partai demokrat liberal (LDP) mendatang 
18:50
9 September 2024

Calon Kuat yang akan Jadi PM Jepang Baru Antara Ishiba dan Koizumi

- Dua calon kuat yang akan menjadi PM Jepang yang baru menggantikan PM Fumio Kishida adalah Shigeru Ishiba mantan Sekjen LDP dan mantan Menteri Pertahanan Jepang, serta Shinjiro Koizumi mantan Menteri Lingkungan Hidup Jepang. Ketua LPD otomatis akan menjadi PM Jepang.

Dari survei NHK 6-8 September 2024, responden ditanyakan siapa orang yang tepat untuk menjadi presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) berikutnya.

Hasilnya adalah Shigeru Ishiba 28 persen, Shinjiro Koizumi 23%, Sanae Takaichi 9%, Taro Kono 6%, Yoko Kamikawa 4%, Takayuki Kobayashi 4%, Shigeharu Aoyama 2% , Yoshimasa Hayashi adalah 2%, Toshimitsu Motegi adalah 2%, Seiko Noda adalah 1%, Katsunobu Kato adalah 1%, dan Ken Saito adalah 0%.

Melihat pendukung LDP, empat kandidat teratas sama dengan keseluruhan, tetapi Ishiba memiliki 29% suara, sementara Koizumi memiliki 27%, menghasilkan pertarungan ketat antara dua teratas.

Selain itu, Takaichi adalah 13% dan Kono adalah 6%.

Di masyarakat anak muda Jepang praktis Koizumi menjadi yang paling populer di masyarakat Jepang saat ini.

Pemilihan Ketua LDP akan diselenggarakan Jumat 27 September 2024. Saat itulah diketahui siapa Ketua LDP yang baru yang otomatis menjadi PM Jepang yang baru.

Perhatian masyarakat Jepang 24% mengatakan menarik sekali untuk diperhatikan pemilu LDP ini dan 46% mengatakan cukup menarik. Yang berarti pemilu LDP kali ini diperhatikan oleh sekitar 70% masyarakat Jepang yang tertarik akan peralihan PM Jepang kali ini.

Ketika ditanya mana dari enam isu politik yang paling ingin mereka lihat dibahas dalam pemilihan presiden LDP?

Maka 35% mengatakan "sistem jaminan sosial seperti pensiun," 26% mengatakan "kebijakan ekonomi dan fiskal," 17% mengatakan "reformasi politik seperti politik dan masalah uang," 11% mengatakan "urusan luar negeri dan keamanan nasional," 3% mengatakan "revisi konstitusi," dan 1% mengatakan "nama keluarga elektif untuk pasangan yang sudah menikah."

Selama tiga hari sejak 6 September, NHK melakukan jajak pendapat terhadap orang-orang berusia 18 tahun ke atas secara nasional menggunakan metode yang disebut "RDD," dengan menelepon rumah dan ponsel yang dibuat secara acak oleh komputer.

Sebanyak 2.529 orang disurvei, dan 1.220 responden, atau 48%, menanggapi.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #calon #kuat #yang #akan #jadi #jepang #baru #antara #ishiba #koizumi

KOMENTAR