Sony Lakukan PHK pada 900 Karyawan PlayStation, Tambah Daftar Perusahaan Game yang Putuskan Hal Tersebut
Sony Interactive Entertainment Umumkan Keputusan PHK pada 900 karyawan mereka pada Selasa (27/2). Sumber : Sony Interactive Entertainment
11:08
28 Februari 2024

Sony Lakukan PHK pada 900 Karyawan PlayStation, Tambah Daftar Perusahaan Game yang Putuskan Hal Tersebut

Salah satu perusahaan perangkat video game terkemuka yakni Sony Interactive Entertainment umumkan kabar mengejutkan pada Selasa (27/2).

Dalam unggahan di blog milik Sony, Jim Ryan selaku Presiden dan CEO dari perusahaan tersebut memberikan pernyataan resminya terkait PHK pada anak perusahaan mereka yakni PlayStation.

“Dengan berat hati kami harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada 8 persen tenaga kerja kami atau setara dengan 900 orang,” jelas CEO Sony itu.

“Mereka adalah orang-orang yang mempunyai peran penting dalam pengembangan PlayStation, tapi keputusan ini harus diambil demi menjaga ekspektasi dari para pengembang maupun pemain,” tegasnya.

Dalam laman tersebut, Jim Ryan juga menyertakan memo yang dikirimkan pada seluruh karyawan PlayStation.

Memo tersebut berisi hal yang lebih detail terkait keputusan yang diambil oleh perusahaan yang dikenal dengan sebutan PS itu.

Mereka menyebut alasan keputusan tersebut diambil sebab perusahaan harus melakukan perubahan untuk menyesuaikan kondisi ekonomi saat ini.

“Setelah berdiskusi selama beberapa bulan terakhir terkait perubahan ekonomi yang terjadi serta langkah dalam pengembangan, pendistribusian dan peluncuran produk maka keputusan ini tidak dapat dihindari,” tulisnya dalam memo tersebut.

Keputusan tersebut berdampak bagi seluruh pekerja di semua region Sony yakni Americas, EMEA, Japan dan APAC.

Namun, para karyawan Sony yang berada di Inggris merasakan dampak yang lebih parah akibat keputusan PHK itu.

Salah satu studio PlayStation di London, Inggris akan menghentikan seluruh operasional mereka serta perubahan struktur pekerja pada studio lain mereka yakni Firesprite Studio.

Selain itu struktur perusahaan pada cabang PlayStation yang berada di Inggris juga akan berubah secara signifikan.

Sony juga menjanjikan akan membantu seluruh karyawan yang terdampak dengan memberikan bantuan pesangon dan dukungan lainnya.

Tambah Daftar Perusahaan Game yang Lakukan PHK

PHK yang terjadi pada industri game bukan hal yang baru, pada akhir 2023 lalu banyak perusahaan game harus mengambil keputusan berat tersebut

Dilansir dari The Verge, pada September 2023 lalu, perusahaan game Epic Games memutuskan untuk melakukan PHK pada 830 tenaga kerja mereka atau 16 persen dari keseluruhan perusahaan.

Selain Epic Games, Embracer Group belum lama ini juga putuskan untuk melakukan perampingan karyawan di salah satu studio mereka yakni Eidos-Montreal.

97 orang pekerja di bagian tim pengembang, administrasi dan pusat bantuan diketahui terdampak dari keputusan tersebut.

Sementara itu, pada Januari lalu perusahaan yang mengembangkan game League of Legends dan Valorant yakni Riot Games juga mengambil keputusan untuk merumahkan karyawannya.

Diketahui sejumlah 530 karyawan mereka atau 11 persen dari tenaga kerja mereka terdampak keputusan tersebut.

Raksasa teknologi Microsoft juga harus melakukan pemangkasan jumlah pekerja pada lini perusahaan game mereka yakni Xbox.

Pekerja Xbox Game Studios, Activision Blizzard dan Zenimax yang berjumlah 1900 orang harus kehilangan pekerjaan mereka.

Tidak hanya dari studio game, layanan yang menyediakan konten streaming untuk komunitas game pun tak luput dari PHK.

Twitch, salah satu perusahaan penyedia layanan streaming yang dimiliki oleh Amazon juga harus melakukan PHK terhadap 500 orang tenaga kerja mereka.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #sony #lakukan #pada #karyawan #playstation #tambah #daftar #perusahaan #game #yang #putuskan #tersebut

KOMENTAR