Bukan Hanya DBD, Berikut Penyebab Lain Turunnya Trombosit Mulai dari Obat-Obatan Hingga Gaya Hidup
Ilustrasi
08:57
3 Mei 2024

Bukan Hanya DBD, Berikut Penyebab Lain Turunnya Trombosit Mulai dari Obat-Obatan Hingga Gaya Hidup

- Trombosit adalah salah satu komponen darah yang berfungsi membantu proses pembekuan darah. Turunnya trombosit di tubuh merupakan salah satu gejala yang sering terjadi pada saat terkena Demam Berdarah Dengue (DBD).

Meski begitu, turunnya trombosit bukan hanya karena virus DBD, melainkan terdapat banyak faktor lainnya. Turunnya trombosit pada darah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penyakit, pengobatan, dan gejala lainnya.

Berdasarkan perhitungan kadar trombosit, pada orang dewasa memiliki kadar trombosit normal sekitar 150.000 hingga 450.000 trombosit per mikroliter darah. Apabila jumlahnya kurang dari normal, maka dapat mengalami trombositopenia.

Beberapa faktor lain dari turunnya kadar trombosit sebagai berikut:

  • Leukimia

Infiltrasi sumsum tulang oleh sel kanker pada penderita leukimia tentu dapat mempengaruhi produksi platelet yang berakibat pada rendahnya kadar trombosit pada penderita kanker.

  • Infeksi Virus

Infeksi virus seperti hepatitis C atau HIV dapat menyerang sel CD4 yang dapat menyebabkan angka trombosit berada di bawah batas normalnya.

  • Infeksi Bakteri

Berbagai macam bakteri dapat menjadi salah satu penyebab turunnya trombosit. Infeksi yang berat dapat merusak trombosit. Salah satu bakteri yang paling sering menjadi penyebab turunnya trombosit yaitu bakteri E. Coli. Bakteri ini biasa disebabkan oleh makanan mentah atau yang makanan yang tidak higienis.

  • Kehamilan

Bagi ibu hamil biasanya memiliki kadar trombosit yang rendah. Namun, hal ini normal terjadi selama masa kehamilan dan sifatnya hanya sementara.

  • Alkohol

Terlalu sering meminum alkohol akan mengakibatkan kerusakan pada hati. penyakit ini akan berdampak pada rendahnya trombosit dan dapat diperparah apabila sudah terjadi perlemakan hingga kerusakan permanen seperti sirosis hati.

  • Jenis Obat Tertentu

Terdapat beberapa obat yang dapat menyebabkan berkurangnya kadar trombosit dalam tubuh. Obat ini dapat menyebabkan hancurnya trombosit, seperti antikonvulsan dan antibiotik yang mengandung sulfa.

  • Paparan dari Luar

Turunnya kadar trombosit juga dapat diakibatkan oleh faktor eksternal lainnya. Paparan kemoterapi, radiasi, atau zat kimia dapat memicu turunnya kadar trombosit karena hancurnya sel darah akibat paparan tersebut.

Cara mengatasi turunnya trombosit dapat tergantung pada penyebabnya. Turunnya trombosit dapat diatasi dengan memperbanyak minum air mineral. Apabila merasakan tubuh sangat lemas maka segeralah periksa ke dokter. Trombosit dibawah 10.000 dapat menyebabkan pendarahan otak yang berakibat fatal.

 

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #bukan #hanya #berikut #penyebab #lain #turunnya #trombosit #mulai #dari #obat #obatan #hingga #gaya #hidup

KOMENTAR