4 Langkah Sembuhkan Luka Batin Setelah Putus Cinta, Salah Satunya Mulailah Praktikkan Perawatan Diri
ILUSTRASI: Patah hati. (Pexels)
11:10
15 April 2024

4 Langkah Sembuhkan Luka Batin Setelah Putus Cinta, Salah Satunya Mulailah Praktikkan Perawatan Diri

 

 

Putus dengan mantan bisa membuat Anda merasa tersesat dan kewalahan. Tak bisa dipungkiri bahwa ini adalah masa yang penuh tantangan, namun penting untuk mengambil langkah menuju penyembuhan dan bergerak maju.

Dilansir dari putus cinta adalah hal yang wajar. Biarkan diri Anda mengalami emosi ini sepenuhnya.

Sebab, menekannya hanya akan memperpanjang proses penyembuhan. Luangkan waktu untuk mengakui perasaan Anda dan izinkan diri Anda untuk berduka karena kehilangan hubungan Anda.

  1. Praktikkan perawatan diri

Perawatan diri adalah hal yang sangat penting dilakukan di masa-masa ini. Anda mungkin bisa fokus pada aktivitas yang memelihara pikiran, tubuh, dan jiwa Anda.

Misalnya dengan berjalan-jalan di alam terbuka, melakukan hobi favorit Anda, mulai menjadwalkan latihan prioritaskan aktivitas yang memberi Anda kegembiraan dan kenyamanan.

  1. Carilah dukungan

Jangan ragu untuk bersandar pada teman dan keluarga Anda untuk mendapatkan dukungan. Membicarakan perasaan Anda dengan orang terkasih dapat memberikan kenyamanan dan perspektif.

Selain itu, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional jika Anda kesulitan mengatasinya. Seorang terapis atau konselor dapat menawarkan panduan dan alat untuk membantu Anda menjalani proses penyembuhan.

  1. Renungkan dan pelajari

Manfaatkan kesempatan ini untuk merenungkan hubungan tersebut dan apa yang telah Anda pelajari darinya. Apa hal yang dapat Anda ambil dan apa kelemahan atau kekurangannya? Pola atau perilaku apa yang ingin Anda ubah dalam hubungan di masa depan? Gunakan waktu ini untuk refleksi diri dan pertumbuhan pribadi.

Editor: Kuswandi

Tag:  #langkah #sembuhkan #luka #batin #setelah #putus #cinta #salah #satunya #mulailah #praktikkan #perawatan #diri

KOMENTAR