Sayang Untuk Dilewatkan! Berikut 10 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi teh bunga telang. (Sumber: freepik/azerbaijan_stockers).
20:06
31 Maret 2024

Sayang Untuk Dilewatkan! Berikut 10 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh

Kegunaan bunga telang tidak hanya estetis, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan.

Bunga ini, sering digunakan sebagai dekorasi, memiliki manfaat untuk merawat rambut, mengobati diare, dan membantu menurunkan berat badan.

Tanaman ini umumnya ditemukan di Indonesia, dengan variasi warna biru keunguan atau putih. Selain sebagai obat herbal, bunga telang juga digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan, minuman, kosmetik, dan produk lainnya seperti sabun dan insektisida.

Manfaat Bunga Telang

Dikutip dari alodokter.com, Minggu (31/3), bunga telang memiliki kandungan senyawa antosianin bernama ternatin, serta vitamin C, B1, dan B2, serta berbagai senyawa antioksidan lainnya seperti flavonoid, kaempferol, p-Coumaric acid, dan delphinidin.

Berkat nutrisinya, bunga telang memberikan sejumlah manfaat kesehatan, yaitu:

Menurunkan demam

Bunga telang telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal alami untuk meredakan demam dan mengurangi nyeri karena peradangan dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat kesehatan dari bunga telang ini disebabkan oleh kemampuannya untuk mengurangi peradangan.

Selain itu, konsumsi teh bunga telang juga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi saat mengalami demam.

Menjaga asupan cairan yang cukup, termasuk dengan minum teh bunga telang, dapat membantu mengurangi gejala demam.

Meringankan gejala alergi

Salah satu manfaat bunga telang adalah mengurangi gejala alergi dan asma. Bunga ini dapat mengurangi produksi histamin, suatu zat yang menyebabkan peradangan saat tubuh terpapar alergen.

Mengatasi rambut rontok

Untuk mengatasi masalah rambut rontok, gunakan produk perawatan rambut yang mengandung ekstrak bunga telang.

Flavonoid dalam bunga telang membantu mengurangi kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

Menyamarkan kerutan

Produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak bunga telang dapat mengurangi tampilan kerutan dan mengatasi kulit kering yang memicu penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam bunga telang membantu meremajakan kulit dengan memperbaiki teksturnya.

Mengobati diare

Bunga telang memiliki manfaat sebagai pengobatan herbal untuk masalah diare karena kandungan antiinflamasi dan antibakterinya. Konsumsi teh bunga telang juga membantu menjaga hidrasi tubuh, mencegah dehidrasi.

Menurunkan berat badan

Minum teh bunga telang bisa membantu dalam program penurunan berat badan. Senyawa ternatin dalam bunga ini dapat menghambat penumpukan lemak dan meningkatkan pembakaran lemak. Tingkat metabolisme yang ditingkatkan juga membantu mengurangi berat badan.

Memelihara kesehatan otak

Flavonoid dan antosianin dalam bunga telang membantu memperbaiki sel tubuh, termasuk sel-sel saraf di otak, yang mendukung pencegahan pikun. Asupan antioksidan yang cukup juga meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Produksi asetilkolin yang ditingkatkan juga memperkuat fungsi otak dalam proses belajar dan mengingat informasi.

Mencegah diabetes

Senyawa aktif dalam bunga telang, proanthocyanidin, berperan dalam mengatur penyerapan glukosa ke dalam darah, menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan mencegah risiko diabetes. Antioksidan dalam tanaman ini juga mengurangi resistensi insulin, yang merupakan pemicu diabetes.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Flavonoid dalam bunga telang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antikanker. Kandungan tersebut bertindak sebagai perisai terhadap radikal bebas di tubuh, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam bunga telang, yang dikenal sebagai proanthocyanidin, memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata.

Ini dapat mengurangi risiko gangguan mata seperti glaukoma, penglihatan buram, katarak, mata lelah, dan kerusakan retina.

Efek Samping Bunga Telang

Dikutip dari siloamhospital.com, Minggu (31/3), untuk memanfaatkan bunga telang, Anda dapat menikmatinya sebagai teh herbal dengan menyeduhnya menggunakan air hangat.

Untuk meningkatkan rasanya, tambahkan perasan lemon, jeruk nipis, atau madu.

Meskipun minuman herbal ini umumnya aman dan belum ada efek samping berbahaya yang tercatat, disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat buah telang secara lebih mendalam bagi kesehatan manusia.

Perlu diingat bahwa teh bunga telang bukanlah pengobatan utama untuk kondisi medis tertentu, tetapi lebih sebagai pendukung. Beberapa individu juga mungkin mengalami reaksi alergi terhadapnya.

Selain diminum sebagai teh, bunga telang juga tersedia dalam bentuk suplemen atau dapat digunakan dalam produk-produk kosmetik dan perawatan kulit. Pastikan produk yang Anda gunakan telah mendapat izin dari BPOM.

Walaupun memiliki manfaat yang beragam, keamanan dan efektivitas bunga telang masih perlu penelitian lebih lanjut.

Sebelum menggunakan produk yang mengandung bunga telang, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika ingin menggunakannya sebagai pengobatan. Jangan menggantikan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dengan bunga telang.

Jika mengalami gejala seperti mual, diare, atau sakit perut setelah mengonsumsi bunga telang, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Hal yang sama berlaku jika ingin memanfaatkan bunga telang dalam bentuk suplemen untuk pengobatan penyakit.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #sayang #untuk #dilewatkan #berikut #manfaat #bunga #telang #bagi #kesehatan #tubuh

KOMENTAR