Pentingnya Vitamin C dan Zinc Selama Puasa: Menjaga Kesehatan Tubuh saat Beribadah
ILUSTRASI: Jeruk, salah satu buah sumber vitamin C. (Pexels)
19:53
22 Maret 2024

Pentingnya Vitamin C dan Zinc Selama Puasa: Menjaga Kesehatan Tubuh saat Beribadah

Selama bulan Ramadhan, tubuh hanya dapat makan dan minum pada pagi hari sebelum fajar dan sore hari setelah terbenamnya matahari. Hal tersebut mengakibatkan tubuh mengalami perubahan dalam pola makan dan asupan nutrisi yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan tubuh.

Vitamin C dan zinc adalah dua nutrisi penting yang perlu diperhatikan selama bulan Ramadhan, karena keduanya memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh selama beribadah.

Dilansir dari kanal YouTube Dokter Andi Official, Menjaga tubuh tetap sehat dan fit merupakan salah satu manfaat pentingnya vitamin c dan zinc.

Dengan mengkonsumsi nutrisi tersebut, selama berpuasa tubuh akan terhindar dari penyakit. Agar ibadah puasa dapat dijalani dengan optimal, tubuh pastinya membutuhkan asupan nutrisi melalui makanan yang bergizi seimbang.

Selain itu, mengkonsumsi suplemen juga dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan puasa adalah vitamin c dan juga zinc, karena perannya dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

Sistem imunitas yang baik dapat membantu mencegah infeksi penyakit yang dapat mengganggu ibadah puasa.

Selain itu, vitamin c dan zinc dapat menangkal gejala kekurangan nutrisi seperti lelah, lemas, mengantuk, serta pusing yang biasanya dialami oleh orang-orang yang berpuasa. Maka dari itu, kadar kebutuhan vitamin c dan zinc harian penting dicukupi selama berpuasa.

Vitamin c dan zinc bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Beberapa sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin c diantaranya jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, mangga, nanas, kubis, brokoli, ubi, kembang kol, dan juga paprika.

Sementara makanan yang mengandung zinc diantaranya tiram, kepiting, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan, jamur, gandum, sereal, susu, dan yoghurt.

Selain itu, vitamin c dan zinc juga bisa didapatkan dengan mudah. Beberapa produk suplemen multivitamin mengandung vitamin c dan zinc serta vitamin maupun mineral lainnya pada setiap tabletnya.

Selain mengkonsumsi vitamin c dan juga zinc, berikut merupakan beberapa tips yang dapat menunjang persiapan puasa selama bulan Ramadhan.

Pertama, penuhi kebutuhan air putih saat sahur, berbuka puasa, dan malam hari. Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi selama berpuasa.

Kedua, konsumsi makanan bergizi saat sahur, berbuka puasa, dan malam hari, hindari makanan tinggi lemak serta makanan tinggi gula dan kafein.

Ketiga, lakukan aktivitas fisik ataupun olahraga untuk menunjang kesehatan tubuh selama berpuasa. Namun perlu disesuaikan jenis olahraga dengan kondisi tubuh. Pilihlah olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, ataupun yoga.

Dalam konteks bulan Ramadhan, penting untuk memastikan asupan vitamin c dan zinc yang cukup melalui makanan dan suplemen jika diperlukan.

Dengan memperhatikan asupan nutrisi, umat Muslim dapat menjaga kesehatan tubuh mereka selama beribadah dan memaksimalkan manfaat dari bulan Ramadhan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pentingnya #vitamin #zinc #selama #puasa #menjaga #kesehatan #tubuh #saat #beribadah

KOMENTAR