Disebut Suplemen Ajaib yang Bisa Tingkatkan Harapan Hidup, Astaxanthin Memiliki Beberapa Manfaat, Apa Saja?
5 manfaat suplemen ajaib Astaxanthin (pexels/Anna Shvets)
08:04
13 Maret 2024

Disebut Suplemen Ajaib yang Bisa Tingkatkan Harapan Hidup, Astaxanthin Memiliki Beberapa Manfaat, Apa Saja?

Astaxanthin merupakan jenis suplemen kesehatan yang belakangan ini berhasil menarik perhatian para peneliti dan konsumen di seluruh dunia.

Dijuluki sebagai suplemen ajaib, Astaxanthin disebut-sebut memiliki fungsi yang luar biasa dalam meningkatkan harapan hidup, memori, dan penglihatan.

Astaxanthin juga sangat mudah ditemukan secara alami dalam beberapa jenis makanan laut, seperti udang, kepiting, dan salmon.

Lalu, apa sajakah manfaat yang akan didapat saat mengonsumsi Astaxanthin?

Dilansir dari verywellhealth.com, Rabu (13/3), berikut 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi Astaxanthin sesuai dosis yang dianjurkan.

1. Kesehatan Otak

Berdasarkan sebuah artikel ulasan, beberapa uji klinis mempelajari efek dari konsumsi suplemen astaxanthin pada beberapa orang dan menunjukkan adanya hubungan terhadap kesehatan otak mereka.

Dalam uji klinis pertama, orang dewasa yang mengonsumsi astaxanthin memiliki lebih sedikit kesalahan dalam tes labirin dan mereka lebih cepat dalam mengerjakan tes memori dan berpikir berbasis komputer.

Hasil ini menunjukkan bahwa, suplemen astaxanthin dapat meningkatkan fungsi dari otak manusia.

Dalam uji klinis lainnya, peserta studi paruh baya yang mengonsumsi astaxanthin dapat menyelesaikan tes memori kata lebih baik daripada orang yang tidak mengonsumsi astaxanthin.

Namun, tidak ada perbedaan kinerja antara kelompok astaxanthin dan orang yang tidak mengonsumsi astaxanthin untuk peserta yang berusia di atas 54 tahun.

Adapun penelitian yang menunjukkan bahwa astaxanthin meningkatkan koordinasi mata-tangan, pemrosesan informasi, dan kelelahan mental atau fisik.

Menurut penelitian lainnya, astaxanthin dapat mencegah demensia dengan menurunkan kadar fosfolipid hidroperoksida (PLOOH) pada orang dewasa paruh baya dan lanjut usia.

PLOOH menumpuk secara tidak normal di dalam sel darah merah (RBC) penderita AD dan demensia.

2. Kesehatan Mata

Berdasarkan sebuah artikel, penelitian kecil menunjukkan bahwa astaxanthin meningkatkan aliran darah di berbagai bagian mata. Meliputi retina di bagian belakang mata.

Artikel tersebut menyertakan uji klinis kecil lainnya, yang menunjukkan bahwa astaxanthin meningkatkan ketajaman visual dan penglihatan dalam dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi astaxanthin.

Hasil dari sebuah studi lainnya dalam artikel ulasan menunjukkan bahwa astaxanthin membantu akomodasi mata. Akomodasi mata adalah pengalihan fokus dari objek yang jauh ke objek yang dekat.

3. Kolesterol Tinggi

Sebuah uji klinis kecil mempelajari reaksi astaxanthin pada orang dengan kolesterol agak tinggi.

Dalam penelitian tersebut, para peserta yang mengonsumsi astaxanthin mengalami peningkatan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL) ("kolesterol baik") dan penurunan trigliserida.

Uji klini itu juga menyebutkan penelitian kecil lainnya, yakni, peserta studi astaxanthin mengalami penurunan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) ("kolesterol jahat") jika dibandingkan dengan kelompok orang yang tidak mengonsumsi astaxanthin.

Meskipun hasilnya positif, hanya ada sedikit penelitian yang dilakukan pada manusia. Dan penelitian pada manusia yang tersedia hanya berjangka pendek.

Oleh karena itu, penelitian tambahan berkualitas tinggi dengan uji klinis yang ekstensif dan berjangka panjang sangat diperlukan untuk mengembangkan penelitian ini.

4. Kekebalan Tubuh

Menurut sebuah jurnal, ada sejumlah penelitian pada manusia tentang hubungan konsumsi astaxanthin dengan potensi manfaat kekebalan tubuh.

Berdasarkan beberapa uji klinis kecil pada manusia, hasil ini menunjukkan bahwa astaxanthin meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Karena hanya ada beberapa penelitian kecil, penelitian tambahan yang lebih berkualitas dengan kelompok orang yang lebih besar sangat diperlukan.

5. Kesehatan Kulit

Menurut sebuah jurnal, astaxanthin dapat mendukung kesehatan kulit dengan efek antioksidan potensial yang dapat melindungi kulit dari stres oksidatif yang berhubungan dengan sinar UV.9

Artikel ulasan yang sama juga menyebutkan beberapa penelitian kecil yang mendukung pernyataan bahwa astaxanthin bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi astaxanthin, orang-orang yang mengonsumsinya mengalami hal-hal berikut:

•Elastisitas kulit
•Kelembaban kulit
•Pengurangan kemerahan pada kulit
•Kerutan dengan kedalaman yang lebih sedikit

Meskipun hasil ini positif, penelitian ekstensif lebih lanjut dengan uji klinis yang lebih signifikan dan berkualitas lebih tinggi masih diperlukan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #disebut #suplemen #ajaib #yang #bisa #tingkatkan #harapan #hidup #astaxanthin #memiliki #beberapa #manfaat #saja

KOMENTAR