Anda Bekerja di Hadapan Layar Monitor Seharian? Ikuti 5 Cara Merawat Mata agar Tetap Sehat
Ilustrasi bekerja di hadapan kayar monitor seharian. (Freepik/Lifestylememory)
08:18
11 Maret 2024

Anda Bekerja di Hadapan Layar Monitor Seharian? Ikuti 5 Cara Merawat Mata agar Tetap Sehat

 - Bekerja di depan komputer atau laptop adalah bagian yang tak terhindarkan dari banyak pekerjaan saat ini. Namun, cahaya yang dipancarkan oleh monitor tersebut dapat berdampak negatif pada kesehatan mata.

Cahaya biru yang dihasilkan oleh layar komputer dapat menyebabkan kelelahan mata, terutama jika terpapar dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini karena mata harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikan fokus dengan cahaya yang terang dan kontras dari layar.

Paparan cahaya biru juga dapat mengganggu ritme alami tubuh, terutama pada waktu malam, yang dapat mengganggu tidur.

Selain itu, penggunaan komputer atau laptop biasanya melibatkan waktu yang cukup lama di depan layar, yang membuat mata menjadi kering karena kurangnya kedipan.

Ketegangan mata juga bisa terjadi karena terlalu fokus pada layar tanpa istirahat yang cukup.

Semua ini dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS), yang mencakup berbagai gejala seperti mata kering, mata lelah, sakit kepala, dan penglihatan kabur.

Untuk menghindari masalah ini, penting untuk menjaga mata dengan baik selama bekerja di depan monitor.

Dengan merawat mata dengan baik, Anda dapat meminimalkan risiko Computer Vision Syndrome dan menjaga kesehatan mata Anda saat bekerja di depan komputer.

Dilansir dari Parkway East Hospital pada Minggu (10/3), berikut merupakan 5 cara merawat mata Anda agar tetap sehat meski selalu bekerja di hadapan monitor.

 

1. Geser posisi monitor Anda jika berdekatan dengan jendela

Meskipun pemandangan luar jendela dapat menarik pandangan mata, namun, paparan cahaya matahari yang berlebihan dapat menyebabkan silau dan menimbulkan ketegangan pada mata.

Oleh karena itu, disarankan untuk memindahkan monitor dari jendela atau menggunakan tirai atau penutup jendela untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk.

Selain itu, penempatan yang optimal untuk monitor komputer yakni sekitar 50 - 71 cm dari wajah Anda. Pastikan juga monitor berada pada ketinggian yang tepat agar Anda tidak perlu menundukkan kepala untuk melihat layar.

Jika Anda kesulitan membaca teks dengan monitor yang terlalu jauh, sebaiknya perbesar ukuran teks daripada menggeser monitor lebih dekat pada mata Anda.

2. Tetapkan waktu istirahat teratur bagi mata Anda untuk tidak menatap monitor

Ambil waktu istirahat secara teratur dari penggunaan layar. Penelitian menyarankan untuk mengambil setidaknya empat istirahat singkat dalam sehari, dengan masing-masing waktu istirahat selama lima menit, ditambah dengan istirahat makan siang selama setengah jam.

Jika tidak memungkinkan untuk menjauh dari meja kerja secara teratur, coba latih mata Anda dengan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, fokuskan pandangan pada objek yang terletak minimal 20 kaki dari Anda selama 20 detik. Melakukan hal tersebut akan membuat otot mata Anda menjadi rileks.

3. Pastikan Anda memiliki kacamata yang sesuai

Revisi resep kacamata Anda dan pastikan resep kacamata Anda terbaru. Menggunakan kacamata lama dengan resep yang sudah kadaluarsa bisa menyebabkan kesulitan dalam membaca, dan akhirnya menimbulkan ketegangan pada mata. Resep yang terlalu diperbarui juga bisa menyebabkan ketegangan mata.

Selain itu beberapa penelitian menyarankan agar Anda menggunakan kacamata dengan lensa yang dapat memantulkan cahaya biru, atau lensa anti-silau untuk tetap menjaga mata Anda dalam kondisi yang baik.

4. Gunakan tetes mata

Penggunaan AC di kantor dapat membuat mata Anda menjadi kering, sakit, atau terasa gatal yang semakin buruk. Jika Anda merasa sulit berkonsentrasi, tanyakan kepada dokter tentang penggunaan tetes mata buatan.

Tetes mata ini dapat membantu menjaga kesegaran mata Anda sepanjang hari. Selain meredakan gejala, tetes mata juga membantu mengurangi risiko iritasi atau infeksi.

5. Konsultasikan dengan Spesialis Mata

Terkadang, mata yang tegang atau penglihatan yang kabur bisa disebabkan oleh masalah yang mendasar di mata Anda seperti mata kering, glaukoma, katarak, dan degenerasi makula terkait usia.

Jika Anda telah mengalami Sindrom Penglihatan Komputer  (Computer Vision Syndrome) yang berlangsung lama dan parah, sebaiknya konsultasikan dengan spesialis mata. Deteksi dini dan pengobatan dapat membantu mencegah kondisi mata yang serius.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #anda #bekerja #hadapan #layar #monitor #seharian #ikuti #cara #merawat #mata #agar #tetap #sehat

KOMENTAR