Punya Penyakit Wasir? Kenali Jenis hingga Cara Pengobatannya yang Paling Modern
Ilustrasi mengalami ambeien atau wasir. (health savvy)
19:45
23 Oktober 2024

Punya Penyakit Wasir? Kenali Jenis hingga Cara Pengobatannya yang Paling Modern

Wasir atau hemoroid adalah kondisi di mana pembuluh darah di area anus atau rektum mengalami pembengkakan atau peradangan. Wasir sering kali diabaikan karena perasaan malu atau anggapan bahwa ini hanya masalah kecil.

Padahal, penyakit ini bisa menciptakan rasa tidak nyaman yang signifikan dan komplikasi lebih lanjut.    Dokter Sub Spesialis Bedah Digestif di Bethsaida Hospital Gading Serpong dr. Okkian Wijaya, Sp.B-KBD, mengatakan, wasir terjadi karena pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus atau rektum yang bisa dipicu oleh berbagai faktor.   

  Mulai dari kebiasaan duduk terlalu lama, sembelit, atau mengejan berlebihan saat buang air besar. Meskipun wasir umumnya bukan kondisi serius, gejalanya dapat sangat mengganggu, mulai dari pendarahan, gatal, hingga nyeri.   Ia menjelaskan, ada beberapa tipe wasir yang paling umum, di antaranya:  

  1. Wasir Internal: terjadi di dalam rektum (bagian bawah usus besar) dan tidak menimbulkan rasa sakit   2. Wasir Eksternal: terjadi di bawah kulit di sekitar anus (diluar rektum). Karena letaknya dekat dengan ujung saraf sensitif, wasir eksternal cenderung lebih nyeri dibandingkan wasir internal   3. Wasir Trombosis: jenis wasir eksternal di mana terjadi pembekuan darah (trombosis) di dalam pembuluh darah yang membengkak   4. Wasir Prolaps: kondisi di mana wasir internal menonjol keluar dari anus, biasa terjadi karena sering mengejan (pada saat buang air besar, batuk, atau mengangkat barang berat)   5. Wasir Campuran (Internal dan Eksternal): kombinasi dari wasir internal dan eksternal yang muncul bersamaan, yang artinya, pembuluh darah mengalami pembengkakan di dalam dan diluar anus.  

  Secara umum, dr. Okkian menyebut bahwa tidak semua kasus wasir memerlukan intervensi medis. Namun, jika penyakit di dubur itu menyebabkan pendarahan, nyeri yang parah, atau tidak memberikan respon positif terhadap pengobatan di rumah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.    "Deteksi dini dan penanganan cepat dapat mencegah kemungkinan wasir berkembang menjadi kondisi yang lebih serius serta membantu Anda merasa nyaman lebih cepat," ujarnya kepada wartawan.    Lebih jauh, dr. Okkian menjelaskan bahwa ada beberapa metode penanganan wasir, mulai dari langkah-langkah konservatif hingga intervensi medis untuk menyembuhkannya.   Namun, verikut beberapa metode yang umum digunakan:   1. Perubahan Pola Hidup   Meningkatkan asupan serat, minum air yang cukup, dan olahraga dapat membantu mencegah wasir.   2. Obat-obatan   Salep, krim, atau supositoria dapat membantu meredakan gejala sementara.   3. Tindakan Invasif:   - Rubber band ligasi: Wasir diikat agar aliran darah terhenti dan jaringan mengering.   - Skleroterapi: Wasir disuntik dengan zat yang membuatnya mengecil.   - Hemoroidektomi: Wasir diangkat melalui prosedur bedah.   - Metode Laser: Teknologi terbaru untuk menghilangkan wasir dengan prosedur minimal invasif dan pemulihan lebih cepat.  

  Khusus untuk laser, dr. Okkian menerangkan bahwa itu adalah zalah satu metode canggih yang digunakan di Klinik Digestif ataupun Klinik Bedah Umum Bethsaida Hospital Gading Serpong untuk menangani wasir.   Prosedur ini menawarkan berbagai keunggulan, seperti minim rasa nyeri, pemulihan lebih cepat, risiko komplikasi lebih rendah, dan tidak memerlukan sayatan besar.   “Metode laser untuk mengatasi wasir sangat efektif dan sudah terbukti pada banyak pasien. Karena sifatnya yang minimal invasif, metode ini memungkinkan pemulihan yang lebih cepat," paparnya.   "Pasien juga bisa langsung beraktivitas normal dengan cepat dan mengalami nyeri yang lebih ringan dibandingkan dengan metode konvensional," pungkas dr. Okkian.   Sementara itu, Direktur Bethsaida Hospital dr. Pitono mengatakan bahwa proses ini juga sesuai bagi pasien yang menghindari operasi besar atau ingin mengurangi rasa sakit yang berlebihan selama masa pemulihan.    Ia memastikan, tidak hanya dilengkapi dengan teknologi modern seperti laser, Bethsaida Hospital juga memiliki Klinik Digestif yang menyediakan fasilitas lengkap dan layanan yang komprehensif.    “Kami di Bethsaida Hospital selalu berkomitmen untuk memberikan solusi medis terbaik bagi pasien. Layanan Laser Hemoroid di Klinik Digestif kami adalah salah satu inovasi terbaru dalam penanganan wasir yang lebih aman, minim rasa sakit, dan dengan waktu pemulihan yang lebih cepat. Dengan teknologi laser, pasien dapat kembali beraktivitas dengan nyaman dan lebih cepat dibandingkan metode konvensional. Kami bangga bisa menawarkan solusi ini sebagai bagian dari upaya kami meningkatkan kualitas hidup pasien.” pungkas dr. Pitono.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #punya #penyakit #wasir #kenali #jenis #hingga #cara #pengobatannya #yang #paling #modern

KOMENTAR