6 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Simak!
Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh. (Instagram @pome.garden)
16:50
18 Oktober 2024

6 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Simak!

 

 – Daun binahong merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh, termasuk dapat mengobati berbagai penyakit kronis.

Perlu diketahui bahwa daun binahong atau yang biasa dikenal dengan daun madeira vine ini mengandung sejumlah senyawa aktif yang merupakan antioksidan serta bersifat antiperadangan, antibakteri, dan anti nyeri.

Terdapat senyawa alami lainnya di dalam daun binahong yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti flavonoid, saponin, dan tanin.

Berikut ini merupakan enam manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh yang dilansir dari laman alodokter dan halodoc pada Jumat (18/10).

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat pertama dari daun binahong, yaitu dapat mempercepat penyembuhan luka bakar, seperti luka bekas operasi hingga luka bakar.

Hal ini karena daun binahong mengandung flavonoid, saponin, dan tanin di dalamnya. Kandungan saponin ini berperan sebagai antiseptik sehingga dapat mencegah infeksi bakteri yang dapat menghambat penyembuhan luka.

Selain itu, senyawa saponin juga dapat mempercepat pembentukan kolagen. Kandungan flavonoid di dalam daun binahong dapat mengurangi peradangan pada luka.

Sementara itu, kandungan tanin dapat menghentikan perdarahan ringan, sehingga luka menjadi cepat tertutup.

  1. Mengatasi Diabetes

Selanjutnya, yaitu dapat mengatasi diabetes karena terdapat senyawa aktif flavonoid yang dapat menurunkan kadar gula darah serta mencegah kerusakan sel beta di pankreas yang terjadi akibat diabetes.

Kandungan flavonoid di dalam daun binahong ini dapat bekerja dengan cara  menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

  1. Mengobati Asam Urat

Daun binahong memiliki kandungan flavonoid dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya asam urat.

Untuk itu, bagi kamu yang memiliki asam urat dapat mengkonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

  1. Menyembuhkan Sakit Perut

Kamu dapat mengkonsumsi air rebusan daun binahong untuk dapat menyembuhkan sakit perut.

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong dapat membuat sistem pencernaan yang tidak bekerja tepat waktu.

Meski begitu, kamu juga harus mengatur pola dan waktu makan untuk mencegah sakit perut.

  1. Mencegah Radikal Bebas

Daun binahong mengandung antioksidan yang dapat mencegah dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Untuk itu, kamu dapat mengkonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin agar dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Menurunkan Risiko Terjadinya Katarak

Manfaat lainnya dari daun binahong, yaitu dapat menurunkan risiko terjadinya katarak. Hal ini karena daun binahong memiliki berbagai senyawa aktif, seperti flavonoid, tanin, dan polifenol serta memiliki antioksidan yang tinggi.

Senyawa-senyawa tersebut dapat mampu melindungi mata dari risiko terjadinya katarak akibat radikal bebas.

Nah itu dia informasi mengenai enam manfaat dari daun binahong untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui banyak orang.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #daun #binahong #untuk #kesehatan #yang #jarang #diketahui #banyak #orang #simak

KOMENTAR