Mulailah Kenali Emosi Anda, Munculkanlah Agar Tidak Menimbulkan Luka Batin Berketerusan
Ilustrasi: Cara mengenali dan mengatasi emosi (Maya Chastain/healthline.com)
10:31
11 Januari 2024

Mulailah Kenali Emosi Anda, Munculkanlah Agar Tidak Menimbulkan Luka Batin Berketerusan

Emosi merupakan hal yang sangat penting karena merupakan informasi kecil untuk mengingatkan kita akan nilai-nilai yang melekat dengan kehidupan kita, persepsi kita terhadap suatu pengalaman, kebutuhan kita, serta kesukaan dan ketidaksukaan kita.

Namun, perasaan bisa jadi menantang dan menyakitkan, jadi kita mengabaikannya atau mungkin kita tidak memiliki keberanian yang cukup untuk mengungkapkannya, sehingga kita memendamnya.

Meskipun hal ini tampaknya efektif dalam jangka pendek, perasaan yang tertekan pada akhirnya akan menimbulkan permasalahan baru yang lebih besar, seperti kecemasan, depresi, fobia, maag, fibromyalgia, masalah pencernaan, dan lainnya.

Sulit untuk mengelola emosi dan memenuhi kebutuhan kita jika kita tidak mengetahui apa yang sebenarnya kita rasakan. Sehingga, penting untuk mengenali emosi dan mengetahui cara mengatasinya agar tidak menimbulkan luka batin berkepanjangan.

Untuk mengetahui hal tersebut lebih jauh, simak penjelasan yang dikutip dari kesehatan mental atau emosional yang mengganggu kehidupan sehari-hari dan cara di atas tidak mampu mengatasinya, Anda mungkin memerlukan terapi.

Beberapa terapi yang akan ditawarkan oleh terapis diantaranya terapi perilaku kognitif, psikoterapi atau pendekatan pemecahan masalah (terapi kelompok).

Editor: Kuswandi

Tag:  #mulailah #kenali #emosi #anda #munculkanlah #agar #tidak #menimbulkan #luka #batin #berketerusan

KOMENTAR