11 Makanan yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi
Ilustrasi dari beberapa jenis makanan yang ampuh turunkan kolesterol. (freepik)
13:16
4 Februari 2024

11 Makanan yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

 - Kolesterol yang tidak terkontrol memang meningkatkan risiko seseorang terkena masalah kesehatan seperti stroke hingga serangan jantung. Untuk itu, penting menjaga kolesterol tetap stabil dengan menjalani gaya hidup sehat dan menjaga pola makan.

Dilansir dari Healthline, kolesterol merupakan zat lemak, diproses di dalam hati dan disebarkan melalui aliran darah oleh lipoprotein. Sehingga, pola makan memiliki peran penting dalam membantu mengelola atau bahkan dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. 

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat menjadi pilihan alternatif untuk menurunkan kolesterol yang tinggi.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal dan serat. Dua nutrisi yang terkandung di dalam alpukat tersebut membantu menurunkan Low Density Lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kolesterol High Density Lipoprotein (HDL).

LDL merupakan kolesterol jahat dan salah satu penyebab utama pembentukan ateroma sebagai pemicu penyakit jantung. Sedangkan HDL merupakan kolesterol baik yang berfungsi mencegah ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak.  

  1. Barley dan Biji-bijian

Berly dan biji-bijian dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kedua jenis makanan tersebut mengandung serat larut di dalamnya.  Berly kaya akan beta-glukan yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh.   

Biji-bijian utuh dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, di dalam biji-bijian utuh mengandung banyak vitamin, mineral, senyawa tumbuhan, dan serat. 

  1. Terong dan Okra

Terong dan okra, dua jenis sayuran tersebut dapat membantu turunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena merupakan sumber larut yang baik. 

  1. Kacang

Terdapat beberapa jenis kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan kacang tanah, yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan jantung. Mengonsumsi kacang dengan takaran sebanyak dua ons setiap hari, membantu menurunkan LDL sekitar lima persen.   

  1. Minyak Sayur

Menggunakan minyak sayur seperti canola atau bunga matahari, sebagai pengganti mentega, lemak babi saat memasak, dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh (LDL). 

  1. Kedelai

Mengonsumsi kedelai dan beberapa makanan olahannya, seperti tahu, susu, dan tempe, merupakan cara ampuh dalam menurunkan kolesterol yang tinggi. 

Beberapa penelitian telah membuktikan dengan mengonsumsi 25 gram protein kedelai setiap hari, atau setara dengan 10 ons tahu dan dua gelas susu kedelai, dapat menurunkan LDL sebesar lima persen hingga enam persen.  

  1. Buah-buahan dan Beri

Banyak buah yang mengandung serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dengan membuang kolesterol dan menghentikan organ hati untuk memproduksi senyawa tersebut. 

Jenis serat larut pektin, yang terkandung di dalam buah anggur, jeruk, apel, dan stroberi, dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen. 

  1. Coklat Hitam dan Kakao

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat hitam dan kakao, dapat menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh, sedangkan kolesterol baik atau HDL meningkat. 

Tetapi beberapa produk coklat hitam mengandung banyak gula tambahan yang akan berdampak buruk terhadap kesehatan jantung, sebaiknya memilih coklat hitam dengan kandungan kakao 75 hingga 85 persen atau lebih tinggi dan mengandung rendah gula. 

  1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang kuat, salah satunya adalah allicin. Tidak hanya itu, bawang putih juga dapat membantu menurunkan LDL dan kolesterol total. 

  1. Sayur-sayuran

Sayuran merupakan bagian terpenting dalam pola makan, karena dapat menyehatkan jantung, melalui kandungan yang beragam di dalamnya, seperti serat, antioksidan, dan nutrisi.

Selain itu, sayuran yang memiliki warna daun gelap, seperti bayam, lobak, dan kangkung, mengandung lutein dan karotenoid, yang memiliki pengaruh untuk menurunkan penyakit jantung.  

  1. Ikan

Lemak omega-3 seperti asam eicosapentaenoic (EPA) merupakan lemak tak jenuh ganda esensial yang biasanya terdapat pada ikan seperti salmon dan sarden. Ikan dengan kandungan tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. 

Kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung. Namun, risiko tersebut dapat diturunkan melalui pilihan beberapa makanan tersebut di dalam mengatur pola makan. 

 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #makanan #yang #ampuh #turunkan #kolesterol #tinggi

KOMENTAR