Cegah Risiko Terserang Penyakit Jantung dengan 15 Makanan Ini, Konsumsi agar Tubuh Anda Sehat
Ilustrasi makanan yang dapat cegah penyakit jantung. (Freepik)
06:51
11 Oktober 2024

Cegah Risiko Terserang Penyakit Jantung dengan 15 Makanan Ini, Konsumsi agar Tubuh Anda Sehat

 

Salah satu masalah kesehatan yang ingin dihindari oleh banyak orang yakni penyakit jantung. Bukan hanya sifatnya yang berbahaya, tetapi penyakit ini terkadang juga terjadi secara mendadak.

Dilansir Unit Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI yang mengutip dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung termasuk salah satu pembunuh teratas secara global, termasuk Indonesia, sekitar satu dari tiga kematian di dunia disebabkan karena penyakit ini.

Oleh sebab itu, tidak sedikit orang melakukan segala cara untuk cegah risiko penyakit jantung, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi.

Lantas, jenis makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan cegah risiko penyakit yang membahayakan kondisi tubuh ini?

Berdasarkan WebMD, berikut makanan yang bermanfaat untuk menjaga jantung, antara lain:

Rempah segar

Selain digunakan sebagai pengganti garam dan lemak, penggunaan rempah-rempahan yang segar dalam makanan juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, termasuk jantung.

Kacang hitam

Identik dengan rasanya yang lembut dan manis, kacang hitam mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung seperti folat, antioksidan, dan magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah.

Di sisi lain, serat dalam kacang hitam juga berperan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh dan kandungan gula dalam darah Anda, yang akhirnya juga berdampak pada jantung.

Ikan salmon

Kandungan omega-3 pada ikan salmon bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Lemak sehat ini meminimalisir risiko terjadinya gangguan irama jantung, dapat menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh dan trigliserida, bahkan menghambat peradangan.

Ikan tuna

Seperti salmon, kandungan omega-3 dalam ikan tuna juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bukan hanya itu, jenis ikan ini secara harga juga lebih murah dibandingkan dengan salmon.

Minyak zaitun

Penggunaan minyak zaitun dalam makanan dipercaya menyehatkan jantung karena lemaknya yang kaya akan antioksidan. Antioksidan ini memegang peranan penting bagi kondisi jantung, yakni melindungi pembuluh darah.

Kacang kenari

Selain mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, segenggam kecil kacang kenari yang dikonsumsi sehari juga berdampak pada kondisi kesehatan jantung Anda, di mana dapat melindungi arteri organ tubuh ini dari peradangan/

Kacang almond

Memasukkan kacang almond dalam makanan yang dikonsumsi bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat yang menyebabkan masalah kesehatan. Dalam kacang almond terkandung sterol, serat dan lemak yang baik bagi jantung.

Kacang-kacangan yang berasal dari Jepang

Kacang-kacangan Jepang seperti edamame yang sering ditemui di berbagai restoran khas Asia ini juga termasuk jenis makanan yang menyehatkan jantung. Kandungan protein dalam edamame dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.

Tahu

Makanan Dengan harga yang tergolong murah bisa menjadi opsi apabila Anda ingin jantung yang sehat. Mengonsumsi tahu yang kaya akan protein berdampak baik bagi kesehatan jantung.

Ubi jalar

Memiliki nama lain kentang manis, ubi jalar ini nyatanya juga dapat menjaga kesehatan jantung. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan kentang, makan umbi-umbian satu ini tidak akan berdampak pada peningkatan gula darah yang cepat.

Jeruk

Buah yang umum dijumpai di pasar tradisional dan modern ini mengandung serat pektin yang berfungsi melawan kolesterol. Bahkan, kandungan kalium dalam buah yang memiliki rasa manis, sedikit asam, dan berair ini juga dapat mengendalikan tekanan darah.

Swiss chard

Swiss chart dengan daun berwarna hijau tua ini memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi. Bukan hanya itu, dalam sayuran ini juga terkandung mineral, serat, vitamin A, dan antioksidan lutein serta zeaxanthin yang baik bagi tubuh.

Jelai

Kerap digunakan sebagai pengganti nasi, makanan yang termasuk ke dalam kelompok biji-bijian ini apabila dikonsumsi secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa.

Oatmeal

Mengonsumsi havermut atau oatmeal sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah rasa lapar selama berjam-jam, menahan keinginan untuk ngemil, dan membantu menstabilkan kadar gula dalam darah, termasuk juga menurunkan kolesterol low density lipoprotein (LDL).

Sayuran hijau tua

Sayuran hijau tua seperti selada, bayam, bok choy, sawi hijau, dan arugula mempunyai manfaat yang baik bagi kondisi kesehatan mengingat banyak kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya.

Di sisi lain, sayuran hijau tua juga mengandung banyak zat nitrat yang berguna untuk membuka pembuluh darah, yang akhirnya jantung akan menerima aliran darah yang kaya oksigen.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cegah #risiko #terserang #penyakit #jantung #dengan #makanan #konsumsi #agar #tubuh #anda #sehat

KOMENTAR