4 Alasan Mie Instan Dinilai Kurang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya Disini!
Ilustrasi mie instan. / Freepik.com
22:52
30 Januari 2024

4 Alasan Mie Instan Dinilai Kurang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya Disini!

 

Mie instan adalah salah satu makanan digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Meskipun memiliki aroma yang sedap dan rasa yang lezat, ternyata mie instan memiliki efek kurang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Pasalnya, mie instan telah melewati beberapa proses produksi. Mulai dari pengukusan mie, pengeringan, lalu penggorengan hingga kering, pendinginan, dan proses pengemasan.

Tahapan tersebut tentunya memicu terjadinya proses kimiawi berlebih yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Meski sebagian besar mie instan rendah kalori, serat, dan protein, tetapi makanan siap saji tersebut kaya akan kandungan karbohidrat, lemak, dan natrium yang dapat memicu berat badan berlebih atau obesitas hingga menimbulkan berbagai penyakit serius lainnya.

Oleh sebab itu, mie instan sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari agar dapat terhindar dari sejumlah ancaman kesehatan serius yang dapat menyerang kapan saja.

Dilansir dari Parkway East Hospital, Selasa (30/1), berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa mie instan dinilai kurang baik bagi tubuh.

  1. Tinggi Natrium

Mie instan merupakan salah satu makanan cepat saji penyumbang natrium terbesar. WHO telah merekomendasikan asupan natrium sejumlah 2 gram per hari.

Jika berlebihan, maka dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker perut, jantung, dan stroke.

  1. Terdapat Kandungan MSG

Mie instan mengandung MSG yang berfungsi untuk meningkatkan rasa dan kelezatan pada makanan. MSG merupakan zat tambahan yang sangat umum ditemukan di berbagai makanan olahan.

Meskipun penggunaannya telah disetujui oleh FDA, namun konsumsi MSG berlebihan dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti nyeri otot, nyeri dada, jantung berdebar, dan kulit memerah.

Selain itu, terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi MSG dapat memicu obesitas dan peningkatan tekanan darah tinggi.

Kendati demikian, secara umum jumlah MSG yang ditemukan dalam mie instan kemungkinan besar tidak menimbulkan efek samping selama dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan.

  1. Rendah Serat dan Protein

Mie instan merupakan makanan yang kurang tepat untuk diet. Sebab, makanan tersebut rendah akan kandungan kalori, serat, dan protein yang berperan untuk meningkatkan rasa kenyang.

Selain itu, pola makan rendah serat juga dapat menyebabkan masalah kesehatan sistem pencernaan seperti sembelit dan penyakit divertikular serta berkurangnya bakteri usus yang sehat.

  1. Memicu Berbagai Penyakit

Seperti yang kita ketahui, konsumsi mie instan secara berlebih dapat menimbulkan penurunan asupan protein, kalsium, dan nutrisi lainnya secara signifikan serta menimbulkan peningkatan asupan natrium dan kalori.

Selain itu, konsumsi mie instan juga terbukti meningkatkan resiko seseorang terkena sindrom metabolik. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #alasan #instan #dinilai #kurang #baik #bagi #kesehatan #tubuh #simak #penjelasannya #disini

KOMENTAR