Intip 6 Makanan Tinggi Kolagen yang Bisa Bikin Awet Muda dan Kulit Lebih Kenyal! Salah Satunya Ayam
Makanan kaya kolagen/Freepik
09:53
3 Oktober 2024

Intip 6 Makanan Tinggi Kolagen yang Bisa Bikin Awet Muda dan Kulit Lebih Kenyal! Salah Satunya Ayam

Kolagen adalah protein utama yang ditemukan dalam jaringan ikat di tubuh, seperti kulit, tulang, dan tendon.

Kolagen memberikan kekuatan dan elastisitas, membantu menjaga kesehatan kulit dan struktur tubuh secara keseluruhan.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menurun, yang dapat menyebabkan keriput dan penurunan kekuatan otot. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan jenis protein ini dalam tubuh.

Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang kaya akan kolagen sehingga sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat memberikan efek positif untuk tubuh.

Dilansir dari laman Skinglo Collagen pada (3/10), berikut ini daftar makanan yang banyak mengandung kolagen untuk tubuh.

1. Buah Jeruk

Makanan favorit lainnya yang mengandung kolagen tinggi adalah buah jeruk. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali penuh dengan vitamin C, yang dikenal memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaat vitamin C yakni peran penting dalam memproduksi prekursor kolagen, selain itu vitamin C juga membantu menghubungkan asam amino selama produksi kolagen.

Masukkan buah jeruk ke dalam jus dan smoothie, atau nikmati salad buah untuk sarapan ringan atau bahkan hidangan penutup untuk membantu meningkatkan asupan vitamin C dan mendukung kadar kolagen alami tubuh.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk membentuk kolagen. Contoh kacang-kacangan yang bisa Anda pilih yakni buncis, kacang merah, kacang hitam,k acang putih, atau kacang polong.

Makanan ini kaya akan protein yang menawarkan semua asam amino esensial yang dibutuhkan untuk produksi kolagen.

Selain itu, kacang-kacangan ini juga menyediakan sumber vitamin C (buncis sangat tinggi vitamin C) yang berkaitan dengan produksi kolagen.

3. Paprika

Paprika merah termasuk salah satu makanan yang kaya kolagen, vitamin C, dan capsaicin, yang yang menurut penelitian dapat membantu memerangi tanda-tanda penuaan.

4. Ayam

Salah satu jenis makanan kaya kolagen adalah ayam. Ayam mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memproduksi kolagen.

Anda bisa menambahkan ayam ke dalam salad atau hidangan pasta karena ayam adalah salah satu makanan penambah kolagen terbaik.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung klorofil yang memberikan sifat antioksidan dan meningkatkan prekursor kolagen dalam tubuh.

Adapun sayuran hijau yang bisa dipilih untuk meningkatkan kolagen yakni bayam, kangkung, selada air, pok coi, dan selada.

Makanan penambah kolagen ini juga mengandung vitamin C dan dikenal sebagai bagian penting dari diet sehat.

6. Kaldu Tulang

Kaldu tulang adalah salah satu makanan kolagen yang paling terkenal karena terbuat dari tulang daging seperti daging sapi dan ayam yang merupakan sumber yang kaya akan kolagen hewani.

Kaldu tulang dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk sup dan semur.

Itulah deretan makanan tinggi kolagen yang dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, khususnya kesehatan kulit dan kuku sehingga menyebabkan tubuh lebih awet muda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #intip #makanan #tinggi #kolagen #yang #bisa #bikin #awet #muda #kulit #lebih #kenyal #salah #satunya #ayam

KOMENTAR