Cegah Badan Ngedrop, Ini 5 Jamu Masuk Angin Buat Para Pekerja
Ilustrasi 5 jamu masuk angin (Freepik)
11:48
10 September 2024

Cegah Badan Ngedrop, Ini 5 Jamu Masuk Angin Buat Para Pekerja

Saat sakit atau masuk angin, sebagian masyarakat Indonesia biasanya memilih minum jamu sebagai obat herbal alami. Nah berikut ini 5 jamu masuk angin lengkap dengan resep dan kandungan manfaatnya.

Diketahui bahwa jamu merupakan minuman khas Tanah Air yang sejak dulu dipercaya mampu menjaga kesehatan. Jamu terbuat dari berbagai bahan herbal yang sarat akan khasiat, dari mulai kunyit, jahe, temulawak, kayu manis, meniran, hingga daun sirih.

Sudah sejak lama masyarakat Indonesia mengonsumsi jamu guna mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, salah satunya masuk angin. Untuk selengkapnya, berikut ini 5 jamu masuk angin lengkap dengan resep dan kandungan manfaatnya.

1. Jahe

Baca Juga: Jajan Jamu Keliling Bareng Ameena, Netizen Soroti Sandal Aurel Hermansyah

Salah satu bahan herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai jamu untuk masuk angina yaitu jahe. Adapun jahe mengandung serat, zat besi, kalium, fosfor, asam folat, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan zinc.

Untuk penggunaan jahe sebagai jamu ini sangat mudah dan praktis, cukup dengan menyeduh jahe dengan air, lalu mengosumsinya. Selain itu, jahe bisa dicampur dalam teh hangat atau bisa juga langsung dikunyah.

2. Lemon

Lemon juga salah satu bahan herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai jamu alami untuk masuk angin. Adapun lemon mengandung vitamin C, asam, dan senyawa bikarbonat. Untuk mengosumsi lemon sebagai jamu cukup mencampur perasan lemon ke dalam air hangat.

3. Peppermint

Baca Juga: Ogah Bayar Jamu sebesar Rp10 Ribu, Pembeli di Pekalongan Ini Ajak Penjual Adu Jotos

Peppermint kerap juga dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati masuk angin. Adapun peppermint mengandung tannin, phenolic acids, , flavonoid, kalsium, triterpenes, vitamin C dan provitamin A, mineral fosfor, besi, dan potasium.

Penggunaan peppermint sebagai jamu ini sangat mudah dan praktis yaitu daun peppermint kering diseduh menggunakan  air secukupnya. Selanjutnya hirup rebusan daun pappermin selagi hangat guna meredakan rasa mual karena masuk angin.

4. Kencur

Kencur juga bisa digunakan sebagai jamu untuk mengobati masuk angin. Menurut penelitian, ekstrak kencur mengadung zat sitotoksik dan antibakteri yang bermanfaat mengobat diare karena masuk angin.

Cara mengonsumsi kencur sebagai jamu yait 2 buah kencur diparut, lalu parutan kencur tersebut diseduh menggunakan air hangat dan garam secukupnya. Lalu minum jamu tersebut  sehari dua kali guna mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Bawang Putih

Salah satu bahan alami yang juga bisa digunakan sebagai jamu yaitu bawang putih. Bawang putih mengandung antimikroba yang mampu melindungi tubuh untuk melawan bakteri jahat. Untuk penggunaannya, haluskan bawang putih, lalu oles ke telapak tangan.

Demikian ulasan mengenai 5 Jamu Masuk Angin dari bahan-bahal alami lengkap dengan resep dan kandungan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #cegah #badan #ngedrop #jamu #masuk #angin #buat #para #pekerja

KOMENTAR