5 Manfaat Minyak Jagung untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengurangi Alergi
Ilustrasi Minyak Jagung yang baik untuk kesehatan tubuh, (Foto: Tangkap layar YouTube Kunci Sehat )
07:28
8 September 2024

5 Manfaat Minyak Jagung untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengurangi Alergi

Minyak jagung merupakan minyak olahan yang dihasilkan dari ekstrak biji jagung dan minyak ini diketahui memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan yang jarang diketahui banyak orang.

Selain dapat digunakan untuk memasak, minyak jagung memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin E, fitosterol, dan lemak tak jenuh yang dipercaya mampu dapat mencegah berbagai penyakit.

Berikut ini merupakan lima manfaat minyak jagung untuk kesehatan yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Minggu (8/9).

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat pertama dari minyak jagung untuk kesehatan, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena minyak jagung memiliki kandungan fitosterol.

Kandungan fitosterol diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan cara membantu tubuh untuk memblokir penyerapan kolesterol.

Selain itu, minyak jagung juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Minyak goreng sehat ini juga mengandung asam lemak tak jenuh. Sehingga dapat menjaga stabilitas kadar gula darah dan sensitifitas insulin yang dapat menekan risiko terjadinya diabetes.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selanjutnya, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung karena minyak jagung memiliki kandungan senyawa antioksidan dan asam linoleat yang merupakan salah satu bentuk asam lemak omega-6.

Senyawa antioksidan tersebut dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah.

Sementara itu, asam linoleate diketahui dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan kematian.

3. Mengurangi Peradangan

Manfaat selanjutnya dari minyak jagung, yaitu dapat mengurangi peradangan. Dengan mengkonsumsi minyak jagung ini, maka kamu dapat membantu meringankan gejala radang sendi, sakit kepala, masalah pencernaan, dan kondisi peradangan pada kulit.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Minyak jagung memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan lutein yang dapat mengurangi aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Kandungan lutein yang ada di dalam minyak jagung diketahui dapat melindungi kesehatan penglihatan dan dapat mencegah perkembangan katarak.

5. Mengurangi Alergi

Ada beberapa senyawa yang ada di dalam minyak jagung yang diketahui dapat mengurangi reaktivitas alergi yang ada di dalam tubuh serat dapat membantu mencegah gejala asma dan rinitis.

Minyak jagung dipercaya dapat membantu reaksi alergi pada kulit jika dioleskan secara langsung.

Itu dia informasi mengenai lima manfaat minyak jagung untuk kesehatan tubuh.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #manfaat #minyak #jagung #untuk #kesehatan #salah #satunya #dapat #mengurangi #alergi

KOMENTAR