Tingkatkan Kapasitas Pengiriman Internasional, Meratus Tambah Armada Baru Berkapasitas 693 TEUs
Meratus telah menambahkan MV Meratus Kaimana, sebuah kapal kontainer baru dengan kapasitas 693 TEUs, ke dalam armada yang terus berkembang.
08:32
13 Agustus 2024

Tingkatkan Kapasitas Pengiriman Internasional, Meratus Tambah Armada Baru Berkapasitas 693 TEUs

Sebagai bagian dari komitmen untuk memperkuat kapasitas armada dan meningkatkan operasi pengiriman internasional, Meratus telah menambahkan MV Meratus Kaimana, sebuah kapal kontainer baru dengan kapasitas 693 TEUs, ke dalam armada yang terus berkembang.

Kapal ini merupakan yang ketiga dari delapan kapal yang didatangkan, yang bertujuan untuk memperkuat layanan logistik di seluruh Indonesia.

Setelah menyelesaikan pelayaran perdananya dari Nansha, China, MV Meratus Kaimana akan didedikasikan untuk Rute Internasional PNG Express, yang melayani pelabuhan-pelabuhan utama seperti Jakarta, Surabaya, Dili, Motukea, Lae, dan kembali ke Jakarta.

Investasi strategis ini merupakan bagian dari program pembaruan armada Meratus yang komprehensif, yang dirancang untuk memastikan keandalan dan keunggulan operasional kapal-kapal kontainer.

Baca Juga: Menhub Mau Konversi Bahan Bakar Kapal dari Solar ke Diesel Ramah Lingkungan

Akuisisi ini menegaskan komitmen Meratus untuk menyediakan layanan pengiriman yang efisien dan memenuhi harapan pelanggan dengan aset berkinerja tinggi. Upacara maiden call untuk MV Meratus Kaimana diadakan di Terminal OJA, sebuah fasilitas yang kini berada di bawah Meratus Group setelah akuisisi sukses PT ICTSI Jasa Prima pada Februari lalu.

Keith Choo, Chief Trade International Officer Meratus, menekankan bahwa pengenalan MV Meratus Kaimana adalah bagian integral dari strategi peremajaan armada Meratus yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas pengiriman internasional perusahaan.

“Kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk merespons peningkatan permintaan pengiriman dan mengatasi tantangan seperti kemacetan pelabuhan dan jadwal pengiriman internasional yang ketat. Dengan terus berinvestasi pada aset dan solusi pengiriman khusus, Meratus akan memperkuat posisinya di pasar pengiriman internasional, khususnya di Asia,” kata Keith Choo ditulis Selasa (13/8/2024).

Dalam sambutannya Guna Mulyana Direktur Utama IPC TPK menyampaikan bahwa dari sisi terminal IPC TPK akan memastikan kesiapan alat dan perencanaan dalam memberikan layanan bongkar muat yang efisien.

“Hadirnya MV Kaimana dan direct service tujuan Tiongkok akan memperkuat kolaborasi IPC TPK dan Meratus Line dalam memberikan alternative pengiriman barang kepada pelaku bisnis. Optimalisasi layanan layanan bongkar muat IPC TPK akan mendorong efisiensi energi di sisi terminal.” kata Guna Mulyana.

Baca Juga: Kado Kapal Pesiar Rp 38 Miliar untuk Lesti Kejora Diungkit Lagi, Rizky Billar Tegaskan Hanya Prank

Armada baru Meratus dilengkapi dengan inovasi terbaru yang dirancang khusus untuk meningkatkan produktivitas dengan mengurangi waktu bongkar muat selama kapal berada di pelabuhan, sehingga meminimalkan waktu tunggu di pelabuhan. Dampak positif dari investasi aset ini juga meluas pada efisiensi energi, sejalan dengan tujuan keberlanjutan Meratus.

Seiring Meratus terus mengejar visinya untuk menjadi pemimpin di industri ini, perusahaan tetap fokus untuk menjadi integrator logistik dan maritim yang menyediakan solusi logistik yang efisien. Selain itu, Meratus juga memperluas basis pelanggannya di seluruh wilayah, terutama di Asia.

Dengan menyinergikan solusi pengiriman yang sangat terspesialisasi, termasuk kereta api, darat, udara, dan laut, Meratus siap untuk memperkenalkan inovasi lebih lanjut di masa mendatang.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #tingkatkan #kapasitas #pengiriman #internasional #meratus #tambah #armada #baru #berkapasitas #teus

KOMENTAR