Berprestasi, Pos Giro Cash Meraih Penghargaan Prominent Awards
Pos Giro Cash meraih penghargaan Prominent Awards. (Dok: Sinergi Media)
20:08
11 Agustus 2024

Berprestasi, Pos Giro Cash Meraih Penghargaan Prominent Awards

Aplikasi Pos Giro Cash (PGC) dari PT Pos Indonesia (Persero) berhasil meraih Prominent Award dalam kategori “Excellent Innovation in Digital Financial Social Economic Mover”. Acara ini digelar di Grand Studio Metro TV di hari Jumat (9/8/2024).

Gelaran mirip mini oscar untuk korporasi yang berprestasi ini akan ditayangkan di Metro TV di hari Selasa, 20 Agustus 2024 di jam 21:00 – 22:00 WIB. Demikian menurut Arief Suditomo, Direktur Utama Metro TV.

Hadir tamu kehormatan yang menyerahkan thropy di acara ini, yaitu Arief Adi Prasetyo Kepala Badan Pangan Nasional dan Eniya Listiana Dewi, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi. Hadir pula dari Pos Indonesia, Haris Selaku Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia

Acara ini ekslusif dan selektif hanya diikuti 25 penerima penghargaan dengan 5 klaster, yaitu BUMN, Swasta, Emiten dan Badan Usaha Lainnya plus klaster CSR-SDGs-Filantropi dan klaster Special Achievement. Prominent Awards tahun ini mengusung tema Untukmu Indonesia, senada dengan judul lagu karya Guruh Soekarno Putera yang dibawakan Intan Soekotjo di acara ini.

Baca Juga: Kepesertaan JKN Capai 98,19%, Indonesia Raih Universal Health Coverage

Ajang lomba berbuat baik untuk negeri dalam bentuk Penghargaan ini diberikan khusus untuk para korporasi yang berprestasi dan mempunyai kontribusi positif untuk bangsa. Demikian disampaikan Arief Hidayat Thamrin, CEO Salutee.id PT Cahaya Hati Sukses, sebagai founder Prominent Awards.

Dewan juri event ini didukung panel ahli yang kompeten di bidangnya, yaitu Prof Dr Murpin Sembiring SE. Msi. ahli strategi manajemen dari Universitas Ciputra Surabaya, Prof Dr Istianingsih SE. MS Ak, ahli good governance dari Universitas Bhayangkara Jakarta, Dr Ricardi S Adnan Msi., ahli CSR dari Universitas Indonesia, serta Arief Suditomo SH. MA. selaku Jurnalis Senior yang menilai dari segi kontribusi korporasi untuk negeri.

PT Pos Indonesia (Persero) mendapatkan Prominent Awards pada Klaster BUMN dalam Kategori “Excellent Innovation in Digital Financial for Social Economic Mover”.

Melalui Aplikasi Pos Giro Cash, Pos Indonesia dianggap sukses membantu penyaluran program bansos (Bantuan Sosial) dari pemerintah dan ikut serta menggerakan kehidupan sosial dan roda ekonomi rakyat.

Produk Aplikasi Pos Giro Cash dari PT Pos Indonesia (Persero) sukses membantu pemerintah dan diapresiasi Presiden RI dalam penyaluran Bansos (Bantuan Sosial) dengan cepat, tepat dan akuntabel. Hal ini memberi dampak positif terhadap kemanfaatan program pemerintah untuk masyarakat.

Baca Juga: Konsisten Terapkan ESG, Antam Sukses Raih 12 Penghargaan ENSIA

Kinerja dan Indikator keberhasilan Pos Giro Cash dalam penyaluran Bansos diukur dengan 3 out put. Pertama, realisasi penyaluran Bansos untuk tiap program senantiasa diatas 97-99% (Succsess Rate diatas 97%). Kedua, jumlah rata-rata penyaluran per hari mencapai 1-2 juta KPM per hari, bahkan pernah menembuh 3 juta KPM dalam satu hari. Ketiga, penyelesaian penyaluran Bansos relatif cepat, dalam waktu 1-3 minggu dapat diselesaikan untuk sekitar 20 juta KPM.

Aplikasi Pos Giro Cash merupakan salah satu hasil inovasi transformasi digital dalam layanan jasa keuangan. Penyaluran Bansos yang cepat, tepat dan akuntabel ikut mendorong percepatan roda ekonomi rakyat.

Aplikasi ini banyak membawa manfaat untuk pemerintah, masyarakat dan stakeholder lainnya. Karena tingkat kesuksesannya diatas 97%, dapat dimonitor real time online, dapat menjangkau difabel, lansia dan daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar) dan penyaluran Bansos yang cepat ikut menggerakan roda ekonomi rakyat.

Pos Indonesia berhasil menyalurkan Bansos secara cepat, tepat, efisien dan akuntabel dengan teknologi digital Pos Giro Cash (PGC) yang dilengkapi fitur scan QR, face regonition sampai geo tagging. Sehingga pemantauan proses penyaluran dapat dilihat secara real time melalui dashboard. Aplikasi ini aman dan akuntabel karena hanya bisa diakses oleh petugas yang ditunjuk khusus oleh PT Pos Indonesia sebagai juru bayar dalam pekerjaan distribusi pembayaran tersebut.

Begitu pula dalam hal proses verifikasi, dokumentasi dan reporting atau pelaporan. Semua proses penyaluran Bansos dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan real time online. Kontribusi positif PGC ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan pemerintah, sehingga layak untuk diberi apresiasi Prominent Awards.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #berprestasi #giro #cash #meraih #penghargaan #prominent #awards

KOMENTAR