Gen Z Melek Investasi Tapi Masih Abai Asuransi, Yuk! Pahami Dulu Asuransi Murni vs Asuransi Unit Link
Ilustrasi asuransi. (Dok: Elements Envato)
18:21
7 Agustus 2024

Gen Z Melek Investasi Tapi Masih Abai Asuransi, Yuk! Pahami Dulu Asuransi Murni vs Asuransi Unit Link

Dalam beberapa tahun terakhir, generasi muda di Indonesia menunjukkan minat yang semakin besar terhadap dunia investasi. Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), terdapat 13,07 juta investor di pasar modal Indonesia per semester I 2024. Dari jumlah tersebut, 55,38% di antaranya adalah generasi milenial dan generasi Z yang berusia di bawah 30 tahun.

Salah satu faktor utama yang mendorong minat mereka berinvestasi adalah kemudahan teknologi dan akses informasi yang berlimpah. Dengan adanya internet dan berbagai platform media sosial, informasi tentang investasi dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja. Banyak dari mereka yang belajar tentang pentingnya investasi sejak usia muda melalui artikel, video dan diskusi di media sosial. Hal inilah yang mendorong mereka menjadi lebih berani untuk berinvestasi dibandingkan generasi sebelumnya.

Sayangnya keberanian mereka dalam berinvestasi tak dibarengi dengan solusi finansial lainnya seperti penyiapan dana darurat dan asuransi, khususnya asuransi kesehatan. Berdasarkan survei yang dilakukan IDN Research Institute dalam Indonesia Gen-Z Report 2024, 26% responden Gen-Z belum menyiapkan dana darurat sama sekali dan sebanyak 23% responden tidak mengalokasikan pendapatannya untuk asuransi dan biaya kesehatan.

Kondisi tersebut menjadi miris, pasalnya dana darurat dan asuransi adalah dua hal mendasar yang sangat penting untuk didahulukan. Tanpa perlindungan asuransi yang memadai, masalah kesehatan bisa menyebabkan beban keuangan yang besar karena biaya pengobatan. Alhasil rencana investasi yang disiapkan bisa menjadi berantakan.

Baca Juga: Mengenal Aneka Faedah Kripto CET dari CoinEx

Seperti solusi finansial lainnya, asuransi dapat mendukung kebutuhan masyarakat sekaligus dapat disesuaikan dengan rencana masa depan. Memilih asuransi bukan hanya memperhitungkan berapa jangka waktu polis, melainkan juga perlu memperhatikan manfaat dan risiko yang mungkin terjadi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Saat ini ada banyak pilihan asuransi yang bisa jadi pilihan. Secara garis besar, pilihan tersebut dibagi menjadi dua kategori yakni asuransi kesehatan tradisional (standalone) dan yang tergabung sebagai manfaat tambahan dalam unit link atau yang lebih dikenal sebagai rider. Kedua produk asuransi ini memiliki keunggulan masing-masing yang harus dipertimbangkan secara matang sebelum memutuskan produk asuransi mana yang akan dipilih.

Workshop media bertema “Health Insurance 101: Pilih Standalone atau Unit Link Rider?” yang digelar secara virtual pada Rabu, (7/8/2024). (Dok: Ist)Workshop media bertema “Health Insurance 101: Pilih Standalone atau Unit Link Rider?” yang digelar secara virtual pada Rabu, (7/8/2024). (Dok: Ist)

Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, Meta Lakhsmi menjelaskan, asuransi tradisional merupakan produk asuransi murni. Artinya, asuransi ini hanya menawarkan manfaat pertanggungan asuransi tanpa adanya unsur investasi di dalamnya.

“Asuransi tradisional melindungi salah satu risiko hidup seperti meninggal dunia atau sakit. Premi yang dibayarkan pun hanya untuk biaya asuransi tanpa ada potensi hasil investasi,” tutur Meta dalam workshop media bertema “Health Insurance 101: Pilih Standalone atau Unit Link Rider?” yang digelar secara virtual pada Rabu, (7/8/2024).

Hal senada disampaikan oleh Country Chief Product Officer Allianz Life Indonesia, Himawan Purnama. Asuransi kesehatan tradisional hanya fokus pada perlindungan kesehatan. Selain itu, premi awal asuransi kesehatan tradisional bisa saja lebih murah, namun kenaikan setiap tahunnya bisa lebih cepat.

Baca Juga: Gen Z Klaim Bisa Tebak Usia Seseorang dari Pilihan Kaus Kaki

“Untuk asuransi kesehatan tradisional memang lebih disarankan bagi mereka yang masih muda atau para first jobber karena premi awal yang lebih terjangkau namun tetap mendapatkan manfaat proteksi," tutur Himawan Purnama

Sementara asuransi unit link adalah produk asuransi yang dapat memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu polis, yaitu manfaat perlindungan dan manfaat investasi yang memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih. Jadi, setelah melakukan pembayaran premi, sebagian premi akan dialokasikan ke manajer investasi untuk dikelola ke berbagai instrumen investasi, seperti saham, obligasi atau instrumen lain sesuai dengan pilihan dana investasi nasabah. Return yang dihasilkan dari unit link sangat bergantung pada kondisi pasar.

Diakui Meta, salah satu yang sering menjadi keluhan nasabah terkait produk unit link adalah ketika nilai tunai atau manfaat investasi yang dimiliki mengalami penurunan sehingga merasa rugi. Nilai tunai sendiri dipengaruhi oleh kinerja pasar dan harus dilihat secara jangka panjang.

Selain itu, beberapa miskonsepsi umum mengenai asuransi unit link, seperti anggapan bahwa premi yang dibayarkan hanya untuk investasi sehingga dapat memberikan hasil investasi besar dalam waktu singkat. Padahal, premi yang dibayarkan tidak seluruhnya digunakan untuk investasi, dan nilai tunai didapat dari hasil investasi, bukan semata-mata dari jumlah premi yang dibayarkan.

“Adanya miskonsepsi ini menyebabkan nasabah memiliki ekspektasi yang berbeda dengan manfaat dan perlindungan yang didapatkan. Penting untuk dipahami bahwa manfaat utama asuransi unit link adalah perlindungan jangka panjang,” jelas Meta.

Himawan Purnama menambahkan, rider asuransi kesehatan pada unit link bisa ditambahkan berbagai perlindungan lain, seperti penyakit kritis, payor, kecelakaan dan cacat tetap serta manfaat lainnya sesuai kebutuhan. Premi yang dibayarkan pada unit link memang lebih mahal karena asuransi kesehatan ini memiliki tambahan unsur investasi.

"Asuransi kesehatan unit link lebih cocok bagi mereka yang sudah lebih mapan dan membutuhkan proteksi yang lebih lengkap sesuai dengan fase kehidupan mereka,” imbuh Himawan.

Baik asuransi tradisional maupun asuransi unit link sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Oleh karena itu, pilihlah asuransi kesehatan yang tepat agar Anda dapat merasakan manfaat optimal dari asuransi kesehatan yang dimiliki.

"Generasi muda perlu memahami bahwa asuransi bukan hanya sebagai proteksi kesehatan, tetapi bagian penting dari perencanaan keuangan. Dengan memprioritaskan asuransi, kita dapat memastikan bahwa kita siap menghadapi risiko finansial yang mungkin timbul kelak. Hal ini sejalan dengan tujuan Allianz untuk melindungi masa depan masyarakat Indonesia," tutup Himawan.

Editor: Restu Fadilah

Tag:  #melek #investasi #tapi #masih #abai #asuransi #pahami #dulu #asuransi #murni #asuransi #unit #link

KOMENTAR