BUMI Berikan Sarana Air Bersih untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah
Penyediaan sarana air bersih untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Kampung Wangun Cileungsi, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
14:40
29 Juli 2024

BUMI Berikan Sarana Air Bersih untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Masyarakat Indonesia sebagian diantaranya masih kesulitan mengakses maupun mendapatkan air bersih yang layak.

Salah satu program CSR yang dilakukan sejak 2023 adalah penyediaan sarana air bersih untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Kampung Wangun Cileungsi, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Program ini telah berhasil mengalirkan air bersih untuk 1.000 masyarakat dengan menggunakan mata air yang telah lolos uji kelayakan air bersih.

"Kami berkomitmen tinggi untuk berkontribusi dalam penyediaan sarana air bersih yang menjadi salah satu upaya mengatasi kelangkaan air bersih di Indonesia. Perusahaan terus berkomitmen untuk memberikan manfaat bagi masyarakat melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan berkontribusi dalam pemenuhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).” kata Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk. (BUMI), Adika Nuraga Bakrie, ditulis Senin (29/7/2024).

Baca Juga: Pemanfataan Geotermal RI Baru 10% dari Potensi 24 Gigawatt

Lebih jauh, Adika Nuraga Bakrie menekankan, bantuan sarana air bersih dan pelatihan hidup bersih dan sehat diharapkan mampu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dan memenuhi kebutuhan air bersih untuk generasi selanjutnya.

Penyelesaian sarana air bersih yang mulai dibangun sejak Oktober 2023 ini ditandai dengan acara serah terima bagi 152 rumah dan 7 sambungan air bersih untuk fasilitas umum yang dilaksanakan pada Mei 2024 lalu.

Acara serah terima dihadiri oleh pejabat desa setempat, tokoh masyarakat, badan pengurus sarana air bersih, dan masyarakat sekitar.

Sarana air bersih diserahkan oleh BUMI dan akan dikelola badan pengurus sarana air bersih yang selanjutnya digunakan masyarakat Kampung Wangun Cileungsi demi meningkatkan kesehatan masyarakat dan menghilangkan kelangkaan air bersih.

BUMI menyediakan fasilitas sarana air bersih berupa bak penangkap, bak intake dengan kapasitas 2.5m³, bak reservoir dengan kapasitas 36m³, pemipaan kurang lebih sepanjang 5km, dan sambungan air bersih untuk fasilitas umum, dan membentuk badan pengurus saran air bersih yang beranggotakan masyarakat sekitar agar program dapat berkelanjutan.

Baca Juga: MHU Sediakan Sumber Air Bersih di Kalimantan Timur Lewat Proyek Pompa Hidram

Tak hanya itu, BUMI juga memberikan pelatihan hidup bersih dan sehat untuk para penerima manfaat, pelatihan penguatan komite pengelola sarana air bersih, sistem dan jaringan distribusi air bersih, peningkatan kualitas air bersih, manajemen oprasional komite, dan keberlanjutan fasilitas air bersih.

BUMI saat ini terus berkomitmen menjalankan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang tertuang dalam Kebijakan dan Prosedur Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) di bawah Departemen Sustainability dan Corporate Social Responsibility.

Seluruh rencana kerja dan program CSR dipadukan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan berlandaskan pada aspek People (manusia), Planet (lingkungan), Prosperity (Kesejahteraan), Partnership (Kerjasama) dan Peace (Kedamaian).

Perwujudan aspek-aspek ini tertuang dalam 7 (tujuh) subjek inti program CSR yang berkelanjutan dan diimplementasikan oleh Perseroan dengan mengacu pada ISO 26000 tentang Panduan Implementasi CSR.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #bumi #berikan #sarana #bersih #untuk #masyarakat #berpenghasilan #rendah

KOMENTAR